Rekoleksi Katekis & Guru Agama Bersama Romo L. Prasetya, Pr

Nuansa alam sejuk di ketinggian lebih dari 3000 meter di atas permukaan laut menjadi ciri khas Tawangmangu.
Udara malam menyelimuti seluruh tubuh peserta Rekoleksi yang diikuti 50 orang peserta yaitu para Katekis dan Guru Agama se Paroki Sragen. ”Bangkit dan Bergeraklah dengan Arah Dasar yang Baru “ adalah tema Rekoleksi dengan kontek penyegaran hati para katekis dan guru agama yang dibimbing oleh Rm L. Prasetyo Pr. (Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang). Beliau menekankan bahwa katekis dan guru agama, sebagai ujung tombak digaris depan dalam menjala orang. Sebagai murid, gurunya adalah Yesus. Katekis perlu menghadirkan Yesus baru dengan ungkapan Berkah Dalem. Mem¬bangun semangat dengan Yesus, berarti semakin dekat dengan sesama dan ling¬kungan, maka katekis harus bersyukur bukan hanya berteori, mewartakan kabar gembira dengan segala tindakan baik. Harapannya menjadi katekis itu panggilan bukan hanya status.
Menurut Romo Pras menjadi katekis harus membangun tim, sebab Yesus yang menjadi cermin, kita tidak single fighter tapi membangun relasi dengan tim-Nya sebanyak duabelas orang. Dalam mengikuti Tuhan harus dibangun relasi formal dan personal, maka tuntutannya katekis minimal hidupnya baik dan tahu hukum-hukum gereja.
Hidup baik itu harus dimulai dari diri sendiri. Salah kiranya bila menurut orang lain hidupnya baik tapi dirinya tidak baik. Langkah-langkah hidup baik dimulai dari diri sendiri, keluarga dan kemudian masya¬rakat lingkungan. Senyum dan kata-kata baik (bene dicere) untuk siapapun adalah upaya menghadirkan Kristus yang lain (Alter Kristus) melalui orang tersebut. Senyum, sesuatu yang menyejukkan kepada siapapun. Dan juga dengan pembicaraan yang baik dalam keluarga akan berakibat baik pula bagi masyarakat.
Ungkapan Berkah Dalem yang berarti Tuhan menyampaikan kabar gembira. Kehadiran-Nya melalui saudara ini, sungguh merupakan Berkah Dalem. Yang baik-baik didoakan, maka yang muncul juga yang baik pula.
Praktek sederhana bisa dilakukan di rumah bila bertemu, mau pamit pergi. Berkah Dalem semoga Berkat Tuhan hadir padamu. Dan dibalas dengan Berkah Dalem juga. Sudahkah anda melakukan? Bila belum sekarang saatnya untuk meng¬gunakan, jangan nanti atau besuk. Berkah Dalem saudara…….Habitus Baru telah menanti. (Andre AS)

Be the first to comment on "Rekoleksi Katekis & Guru Agama Bersama Romo L. Prasetya, Pr"

Leave a comment