Pembekalan Pemandu App 2008 : “Bersama Anak dan Remaja, Memberdayakan Lingkungan Hidup”

Adapun Tema APP 2008 Untuk Keuskupan Agung Semarang adalah: “Bersama Anak dan Remaja, Memberdayakan Lingkungan Hidup”. Latar bela¬kang tema adalah adalah Markus 10:14 yang berbunyi “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah”; Tema Nasional APP KWI 2008 “Kesejatian Hidup Dalam Pemberdayaan Lingkungan” sedang tema KAS 2007 “Keluarga, Basis Kesejatian Hidup Beriman” serta Fokus Pastoral KAS 2008 “Melibatkan Anak dan Remaja Untuk Pengembangan Umat”. Fokus perhatian memang terhadap anak dan remaja.
Tema APP 2008 memuat 2 pokok bahasan yang akan dibahas yaitu: Anak dan Remaja serta Pemberdayaan Lingkungan Hidup. Mengapa dengan 2 Pokok bahasan tersebut? Karena anak-anak dan para remaja pada masa sekarang ini banyak tantangan yang dihadapi yang mengakibatkan munculnya sikap konsumerisme, hedonisme, seku¬larisme dan materialisme. Selain itu ber¬dampak komunikasi personal berkurang. Jika pengaruhnya benar-benar positif, pantaslah kita semua bersyukur kepada Tuhan. Tetapi jika pengaruhmya negatif. Layaklah kita prihatin dan mencari upaya menanggulanginya
Sedangkan tantangan-tantangan lainnya Orangtua yang selalu menekankan perlunya mempertahankan nilai-nilai luhur yang diwariskan dan tradisi di satu sisi anak remaja dituntut mampu hidup mandiri; Pergeseran fungsi sekolah yang mementing¬kan kompetensi dan ketrampilan pada pengembangan pribadi yang utuh, perkembangan kemniskinan. Perbedaan sosial ekonomi yang tidak merata mengakibatkan banyak kemiskinan sehingga anak dan keluarga miskin tidak mampu untuk mengakses fasilitas publik (Pendidikan dan kesehatan) sehingga anak akan menjadi pengangguran. Keprihatinan lainnya adanya penyalah¬gunaan NAPZA. Hal ini sudah mulai merambah anak-anak terutama Anak SD yang awalnya hanya ingin tahu lalu kepingin mencoba dan akhirnya kecanduan, tapi juga karena jadi korban pengedar.
Oleh sebab itu Gereja (kita semua) mempunyai kewajiban dan tanggungjawab mendampingi Anak dan Remaja dalam perkembangannya. Untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara: Meningkatkan pengetahuan Iman; Diajak terlibat berliturgi; memberi penanaman nilai-nilai moral; Melibatkan anak dan remaja untuk terlibat hidup menjemaat terutama di lingkungan masing masing; serta membudayakan/membiasakan hal TTM (Terima kasih, Tolong, Maaf) di setiap kegiatan ataupun aktifitas setiap hari dan kepada siapapun.

Lingkungan Hidup
Adanya eksploitasi kekayaan alam secara massal dan besar-besaran tanpa memperhatikan aspek keberlanjutan menjadi keprihatinan tersendiri dan ini menunjukkan rendahnya kesadaran akan peduli lingkungan hidup, maka sangat diperlukan adanya upaya Gerakan pemberdayaan ling¬kungan hidup dan perubahan mentalitas atau yang disebut Pertobatan secara Mendasar. Pertobatan yang akan kita bangun adalah dalam bentuk gerakan bersama dan Iestari.
Salah satu gerakan adalah Para Kaum Muda dan Orangtua menyadari dan menghayati tugasnya sebagai teladan bagi anak dan Remaja dalam hal mencintai lingkungan hidup melibatkan anak dan remaja secara lebih nyata dan berdampak pada pelestarian keutuhan ciptaannya. Berbagai macam bentuk gerakan sebagai wujud pertobatan perlu didiskusikan, dibicarakan, dimusyawarahkan secara serius agar tidak berhenti pada hitungan hari-hari masa pra paskah tetapi menuju Paskah yang abadi.(Skm)

Be the first to comment on "Pembekalan Pemandu App 2008 : “Bersama Anak dan Remaja, Memberdayakan Lingkungan Hidup”"

Leave a comment