Maria Cahaya Hidupku

Pembaca Lentera terkasih, Berkah Dalem!

Tanggal 7 September 2008 adalah Ulang Tahun ke 87 LEGIO MARIA Se-dunia, karena tanggal 7 September 1921 sekelompok Wanita Katolik dan Pater MIKHAEL TOHER, Uskup Agung Dublin membentuk Presidium Legio Maria yang pertama kali, yang diinspirasikan oleh FRANK DUFF. Perlu diketahui, bahwa Legio Maria adalah suatu perkumpulan umat Katolik yang dengan restu Gereja dan bimbingan kuat Maria Tak Bernoda, Pengantar Segala Rahmat, telah menggabungkan diri ke dalam suatu laskar untuk bertempur dalam peperangan abadi antara Gereja melawan dunia dan kekuatan jahatnya.

Keseluruhan hidup umat manusia, baik perorangan maupun sosial merupakan suatu perjuangan dan suatu perjuangan dramatis antara terang dan gelap (GS 13). Syahdunya doa di atas merupakan semangat yang harus dipunyai setiap Legioner. Semangatnya harus meneladan Bunda Maria sendiri, ketaatan yang sempurna, kerendahan hatinya yang luar biasa, doanya yang terus menerus, pengorbanannya hanya didasari kasih, kebijaksanaannya bertumpu surgawi.

Legioner sanggup melakukan tugas apa saja dan tidak boleh mengeluh dalam pelayanan karya-Nya. Penghayatan dalam pelayanannya harus berdasarkan :
1. Kenakanlah seluruh perlengkapan Allah (Ef 6:11)
2. Merupakan ”Persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah (Rm12:1-2)
3. Tidak menghindari ’berjerih lelah dan bekerja berat” ( 2 Kor 11:27) dimana¬pun berada semangat Katolik harus dihadapi, dalam ancaman maut dan siksaan, hanya kebahagiaan abadi yang dituju.
4. Hiduplah dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri¬Nya untuk kita (Ef 5:2). Kontak pribadi yang didasari kasih akan memperkuat keberhasilan dalam suatu paguyuban.
5. Mencapai garis akhir (2 Tim 4:7) Legio merupakan suatu pelayanan tanpa batas atau tanpa pamrih dan berseru dalam hati ”Berteguhlah’ bila menghadapi sakit hati, penghinaan dan penolakan, ejekan serta kritikan yang menjatuh¬kan. Janganlah setengah hati memberikan pelayanan dan jangan menuntut kekayaan dan pengaruh.

Saudara saudari Legioner yang terkasih, pengertian yang mendalam tentang peran ”Perawan yang terberkati” dalam rencana penyelamatan dan peran orang awam yang setia dalam tugas misi Gerejawi, kita hayati dengan setia dan tulus..

Mari,…..harapan untuk dapat membuat diri kita berguna bagi Ratu Surgawi dan kebajikan, keberanian dan kesetiaan kita lakukan dengan tindakan keseharian, dengan penuh kasih.

Mari,…..dengan penuh syukur Legioner Paroki Sragen selalu dibimbing dan direngkuh dalam kedamaian oleh Pembimbing Rohani Rm.FX Suhanto Pr dengan penuh kekuatan dan pencerahan, sehingga di bulan Oktober ini kita mampu berdevosi kepada Bunda Maria melalui doa Rosario tiada henti.

Kita semakin yakin dan percaya bahwa dalam kasih Bunda Maria, ada kebahagiaan, kedamaian dan kelimpahan . Amin.

Sumber Inspirasi:
Buku Pegangan Legio Maria

Be the first to comment on "Maria Cahaya Hidupku"

Leave a comment