Rekoleksi FKPK: “Be a Blessing Servant Leader”

DSC_7382

Tawangmangu (LENTERA) – FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik) mengadakan Rekoleksi, Jum’at – Minggu (19-21/12)  bertempat di Gereja Santa Maria Tawangmangu. Tema yang dipilih dalam Rekoleksi kali ini adalah “Be a Blessing Servant Leader”. Pengolahan dan dinamika kelompok dibantu oleh OMK sebagai fasilitator.

Hari pertama, peserta diajak bermain, beberapa permainan yang memunculkan spiritualitas sosok pemimpin. Pada malam hari, dalam dinamika kelompok peserta diminta menuliskan hambatan, keprihatinan, dan hal yang kurang mengenakkan dalam kegiatan FKPK. Dipilih perwakilan kelompok untuk membaca dan menuliskan hasil dari diskusi. Disini FKPK mendapat banyak koreksi yang tentunya dapat dijadikan acuan untuk menjadi semakin baik.

Hari kedua, peserta diajak untuk siap menjadi pelayan. Peserta diarahkan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan di Pasar Tawangmangu tanpa mengharapkan imbalan. Peserta berangkat dari gereja berdua-dua berjalan kaki menuju pasar. Sampai pasar peserta langsung berkeliling membawakan barang belanjaan, memilah sayuran, membungkus gula dan tepung, dan masih banyak hal lain yang dilakukan.

Malamnya, pada saat dinamika makan peserta mengambil makanan. Ada yang mendapatkan sepiring nasi, sepiring sayur, dan sepiring lauk. Tanpa ada komunikasi, peserta diminta menghabiskan semua makanan tersebut. Disini peserta diajarkan untuk peka terhadap situasi. Bagaimana supaya semua peserta mendapatkan bagian yang seimbang. Peserta diajak untuk berdinamika, menuliskan niat untuk diri sendiri dan harapan untuk FKPK mendatang pada kertas kecil. Lalu secara pribadi, peserta diarahkan kepada fasilitator untuk diajak berbicara “bagaimana FKPK selama ini”. Setelah itu, peserta diajak untuk mengingat kembali peristiwa pembasuhan kaki yang dilakukan Yesus kepada murid – muridnya. Setelah semua selesai, peserta dibawa masuk kedalam gereja untuk mengakhiri semua dinamika pada hari kedua. Di hari kedua ini, peserta diajarkan untuk siap melayani.

Hari ketiga, dinamika diawali dengan mengikuti perayaan ekaristi bersama umat di Gereja Santa Maria Tawangmangu. Setelah ekaristi selesai, dilanjutkan sesi yang diisi oleh Bapak Albertus Hanung. Disini peserta diajak untuk mengenal Dewan Paroki, prosedur pengajuan kegiatan dan masih banyak lagi. Pak Hanung juga berpesan agar peserta aktif dalam kegiatan menggereja yang tentu saja tidak merugikan dan banyak manfaatnya. Rekoleksi ditutup dengan acara puncak yaitu memilih formatur yang nantinya akan “meracik” kepengurusan FKPK selanjutnya. Ada 5 formatur yang terpilih yaitu Oktavianus Jeffry (Gesi), Erica Sari (Gawan), Antonius Kirana Nandhito (Mojo Kulon), Paskalis Lian (Karanganyar), dan Ignatius David (Gumantar).

Rangkaian acara telah selesai. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan Rekoleksi FKPK kali ini. Menjadi pemimpin yang siap melayani dan menjadi berkat bagi sesama. Berkah Dalem (FKPK)

Related Posts

  • 70
    Tawangmangu (LENTERA) – REKAT (Remaja Katolik) Sragen mengadakan Rekoleksi hari Jumat (26/06) – Minggu (28/06) bertempat di Gereja Santa Maria Tawangmangu. Tema yang dipilih dalam Rekoleksi kali ini adalah “Kamu Sesuatu Banget Bagiku!”. Rekoleksi diikuti oleh 77 orang, meliputi 50 siswa SD kelas 6 sampai SMP kelas 8, 9 orang panitia dan 18 fasilitator dari…
    Tags: yang, untuk, peserta, dan, dalam, hari, rekoleksi
  • 69
    (23 Oktober 2016) GEREJA MISIONER, SAKSI KERAHIMAN Saudara dan saudari terkasih, Yubileum Agung Kerahiman, yang sedang kita rayakan, memberikan cahaya terang bagi Hari Minggu Misi Sedunia 2016: Ia mengajak kita untuk merenungkan misi ad gentes sebagai misi besar melalui karya kerahiman, baik rohani dan jasmani. Pada Hari Minggu Misi Sedunia ini, kita semua diundang untuk…
    Tags: dan, yang, untuk
  • 68
    Sebanyak 32 peserta, 8 panitia (David, Gatik, Franciska, Vani, Niko, Igung, Putra, Advendi) dan 11 fasilitator (Hanung, Melinda, Bani, Anjar, Budi, Leo, Cosmas, Violya, Yanti, Dodik, Markus), beserta Frater Bondhan juga ikut dalam acara tersebut. Sekitar pukul 16.00 WIB, acara dimulai dengan beberapa permainan, perkenalan dan dinamika dalam kelompok. Pada hari pertama, peserta diajak untuk…
    Tags: peserta, yang, dan, untuk, diajak