Paus Tetapkan 1 September sebagai “Hari Doa Sedunia Peduli Ciptaan”

laudato-si-432x242px-hq

VATIKAN – Gereja Katolik secara resmi mengumumkan bahwa tanggal 1 September sebagai HARI DOA SEDUNIA DEMI PEMELIHARAAN SELURUH CIPTAAN. Paus Francis menetapkan “Hari Doa Peduli Ciptaan” bagi umat Katolik guna meningkatkan perhatian terhadap keadaan planet.

Paus Fransiskus memutuskan hari doa ini dan mengajak perseorangan maupun komunitas-komunitas untuk mendalami penyertaan Allah dalam melindungi ciptaan serta memohon belas kasihan Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan terhadap dunia sebagai karunia Allah

Penetapan 1 September sebagai hari yang akan diperingati oleh 1,2 miliar umat Katolik Roma di dunia setiap tahun merupakan tindakan terkini Paus untuk menyorot perhatian terhadap lingkungan global menjelang pertemuan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Paris pada Desember.

Paus mengatakan itu juga akan menjadi kesempatan untuk “berterimakasih kepada Tuhan atas pekerjaan tangan indah yang dipercayakan ke perawatan kita, dan untuk memohon bantuannya untuk melindungi ciptaan, juga memohon ampunannya atas dosa-dosa terhadap dunia yang kita tinggali.”

“Sebagai umat Kristiani kami ingin memberikan sumbangan untuk mengatasi krisis ekologis yang sekarang dialami manusia,” kata Paus Francis dalam satu surat ke dua kardinal Vatikan yang departemennya terlibat dalam penanganan masalah keadilan, perdamaian dan persatuan umat Kristiani.

Tanggal 1 September juga merupakan saat umat Kristen Ortodok memperingati hari untuk melindungi lingkungan, menambahkan simbolisme dalam hubungan antara cabang Timur dan Barat Kekristenan.

Paus Francis mengatakan hari yang akan diperingati dengan acara-acara di semua keuskupan Katolik di seluruh dunia itu akan memberi umat Katolik kesempatan untuk menegaskan kembali kerja mereka sebagai pelayan penciptaan

Bapa Suci Fransiskus mengumumkan keputusannya untuk menambahkan hari doa tahunan ke penanggalan Gereja Katolik dan dipublikasikan oleh Vatikan pada tanggal 10 Agustus 2015. Dunia adalah Rumah kita. Maka dunia ini adalah milik bersama maka semua perlu menjaga dan memelihara seluruh ciptaan. Panggilan kita untuk menyelamatkan dunia dan isinya. Mari kita saling bersinergi dan bekerjasama untuk menentukan cara-cara yang tepat untuk memperingati dan sekaligus mencintai Rumah Kita.

Pada Juni, Paus mengeluarkan surat ensiklik tentang perubahan iklim, ensiklik yang pertama kali didedikasikan untuk lingkungan. Seruannya ke gereja-gereja anggota bisa mendorong umat Katolik dunia melobi pembuat kebijakan tentang ekologi dan perubahan iklim. Dia mengatakan dia ingin ensiklik dan inisiatif gereja lainnya mempengaruhi pertemuan Iklim PBB di Paris bulan Desember mendatang, yang ditujukan untuk membuat kesepakatan global guna memerangi perubahan iklim setelah kegagalan-kegagalan masa lalu.

Bulan lalu, dalam konferensi para wali kota dan gubernur dari kota-kota besar dunia di Vatikan, Paus Francis mendesak PBB mengambil “posisi sangat tegas” tentang perubahan iklim dalam pertemuan itu, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.
DOA UNTUK BUMI KITA

Allah yang Mahaagung, Engkau hadir di seluruh alam raya dan juga di setiap jengkal hidup makhluk ciptaan. Engkau memeluk semua yang ada dengan kelembutanMu, menaburi kami dengan daya cintaMu, yang mendorong kami melindungi kehidupan dan keindahan.

Penuhilah kami dengan damai, sehingga kami bisa hidup sebagai saudara, tidak saling melukai.
Allah kaum miskin, tolonglah kami untuk menyelamatkan mereka yang tersisih dan terlupakan di atas bumi ini, karena mereka begitu berharga di mataMu.

Sembuhkanlah hidup kami, supaya kami dapat melindungi dunia dan bukan malah menjarahnya, supaya kami dapat menabur keindahan, bukan polusi dan kerusakan.

Sentuhlah hati mereka yang hanya memburu keuntungan dengan merugikan mereka yang miskin dan juga merugikan bumi ini.

Ajarilah kami menemukan makna dari setiap hal yang ada, agar kami dipenuhi dengan rasa kagum dan kontemplasi, untuk memahami lebih dalam bahwa kami bersatu erat dengan setiap ciptaan dalam pejiarahan kami menuju cahayaMu yang abadi.

Kami sungguh berterima-kasih karena Engkau berkenan bersama kami tiap hari.
Kami mohon, ya Tuhan, kuatkanlah kami dalam perjuangan mewujudkan keadilan, cinta dan perdamaian

 

 

DOA ORANG KRISTEN DALAM KESATUAN DENGAN CIPTAAN

Allah Bapa, bersama dengan semua makhluk, kami memujiMu.
Mereka ada dari tanganMu yang Mahakuasa, mereka semua milikMu, penuh dengan kehadiranMu dan cintaMu yang lembut.

Terpujilah Engkau Yesus, Putra Allah. Melalui Engkau semua diciptakan. Engkau dibentuk dalam rahim Maria IbuMu. Engkau menjadi bagian dari seluruh bumi, dan Engkau memandang dunia ini dengan mata manusiaMu. Hari ini, Engkau hidup dalam setiap makhluk, dalam kemulian kebangkitanMu.

Terpujilah Engkau, Roh Kudus. Dengan sinar cahayaMu Engkau membimbing dunia ini menuju cinta Allah Bapa dan menemani seluruh ciptaan ketika mengeluh dan mengesah dalam kedukaan. Engkau juga hadir di hati kami dan Engkau membimbing kami melakukan perbuatan-perbuatan yang baik.

Terpujilah Engkau Allah Tritunggal, kesatuan cinta abadi yang mengagumkan. Ajarilah kami untuk merenungkan dan mencecapiMu dalam keindahan alam raya, karena setiap hal didunia ini menyebutMu.

Bangkitkanlah rasa kagum dan syukur kami atas setiap makhluk ciptaanMu.
Berilah kami rahmat untuk merasakan kesatuan mendalam dengan setiap hal yang ada di muka bumi ini.

Allah yang Pengasih, tunjukkanlah kepada kami tempat kami di dunia ini sebagai saluran kasihMu bagi seluruh makhluk di muka bumi, karena tak satupun terlupakan di mataMu.
Terangilah mereka yang mempunyai kekuasaan dan uang, supaya mereka dapat menghindari dosa ketidakpedulian, supaya mereka dapat memperjuangkan kebaikan bersama, mendukung yang lemah, dan memperhatikan dunia, tempat tinggal kami ini.
Mereka yang miskin dan bumi ini menangis.

Tuhanku, rengkuhlah kami dengan kekuatan dan cahayaMu, tolonglah kami untuk melindungi seluruh hidup, untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, demi datangnya kerajaanMu yang penuh keadilan, damai, cinta dan keindahan.
Terpujilah Engkau ya Allah!
Amin.

Related Posts

  • 75
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18 ¬†dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari ¬†dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dengan, dalam, di, mereka
  • 69
    Segenap umat Katolik yang terkasih, Konferensi Waligereja Indonesia menyelenggarakan sidang tahunan pada tanggal 6-16 November 2017 di Jakarta. Sidang dimulai dengan hari studi yang mengangkat tema Gereja Yang Relevan dan Signifikan: Panggilan Gereja Menyucikan Dunia. Tema tersebut diolah dengan mendengarkan masukan para narasumber, didalami dalam diskusi kelompok, dipaparkan dalam rapat pleno, dan dilengkapi dengan catatan…
    Tags: dan, yang, dengan, di, untuk, dalam
  • 68
    PESAN PAUS BENEDIKTUS XVI HARI MINGGU DOA PANGGILAN SEDUNIA KE-46 3 Mei 2009 PANGGILAN : INISIATIF ALLAH DAN JAWABAN MANUSIA Saudara-saudariku terkasih, Bertepatan dengan Hari Doa untuk Panggilan Sedunia yang akan berlangsung pada Hari Minggu ke-4 Masa Paska, tanggal 3 Mei 2009, izinkanlah saya mengajak seluruh umat kristiani untuk merenungkan tema: Panggilan, Inisiatif Allah dan…
    Tags: yang, dan, dalam, allah, untuk, dengan