Selamat Jalan Mgr. Johannes Pujasumarta….

Mgr. Pujasumarta

Umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang berduka karena kehilangan sosok pemimpin yang telah menggembalakan umat dengan kerendahan hati. Selasa (10/11) Mgr. Johannes Pujasumarta (Uskup Agung  Semarang) dipanggil menghadap Bapa di surga di Rumah Sakit Elisabeth Semarang setelah beberapa bulan di rawat melawan kanker paru-paru. Untaian doa dari ribuan umat Katolik mengiringi Mgr. Johannes Pujasumarta saat disemayamkankan mulai dari Kapel di RS Elisabeth Semarang hingga Rabu (12/11) disemayamkan dan diadakan Misa Requem  di Gereja Katedral Semarang. Hari berikutnya, Kamis (13/11) jenazah Bapa Uskup dibawa ke Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, Yogyakarta dan juga diadakah Misa Requem di Seminari. Hari Jumat (14/11) sekitar pukul 10.00 WIB , Mgr. Johannes Pujasumarta dimakamkan di Kompleks Pemakaman Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, Yogyakarta.

Segenap umat Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mgr. Johannes Pujasumarta (Uskup Agung Semarang). Selamat Jalan Uskup kami tercinta, terima kasih atas pelayanan penggembalaan umat Katolik, khususnya di Keuskupan Agung Semarang. Doa kami senantiasa menyertaimu, selamat beristirahat dalam kedamaian abadi di surga, Amin. Tuhan Memberkati

 

Foto:Saat memimpin Misa Penerima Sakramen Penguatan di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen

.

.
Biography :

MGR. JOHANNES MARIA TRILAKSYANTA PUJASUMARTA

Motto: ” Duc In Altum – Bertolaklah ke tempat yang dalam ” (Lukas 5:4) 

Lahir di Surakarta, 27 Desember 1949, meninggal di Semarang, Jawa Tengah, 10 Nopember 2015 pada umur 65 tahun adalah Uskup Agung di Keuskupan Agung Semarang. Ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 25 Juni 1977 dan terpilih menjadi Uskup Agung di Keuskupan Agung Semarang pada tanggal 12 November 2010.

Mgr. Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta lahir di Surakarta, 27 Desember 1949. Ia adalah putra ketiga (dari sembilan bersaudara) dari pasangan Hubertus Soekarto Pudjasumarto dan Agnes Soekarti Pudjasumarto. Salah seorang kakaknya juga menjadi imam, yaitu Pastor Ignatius Ismartono SJ.

Ia mengawali pendidikan imamatnya di Seminari Menengah Mertoyudan Mertoyudan Magelang pada tahun 1963. Selepas lulus dari Seminari Menengah Mertoyudan, Romo Puja kemudian meneruskan pendidikan imamatnya ke Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta dari tahun 1970 hingga ditahbiskan menjadi imam tanggal 25 Januari 1977.

Tahun 1983 – 1987, Ia melanjutkan studi Teologi Spiritual di Universitas St. Thomas Aquinas, Roma, Italia (Licentiate in Spiritual Theology: 1983 – 1985); (Doctorate in Spiritual Theology: 1985 – 1987)
Tahun 1998 Ia diangkat menjadi Vikaris Jendral Keuskupan Agung Semarang.

Tanggal 17 Mei 2008, ia ditunjuk sebagai Uskup Keuskupan Bandung oleh Paus Benediktus XVI. Pada 16 Juli 2008 ia ditahbiskan oleh Penahbis Utama, Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja bersama dengan Uskup Agung Semarang, Mgr. Ignatius Suharyo dan Nuncio Apostolik untuk Indonesia , Mgr. Leopoldo Girelli yang bertindak sebagai Uskup Konsekrator. Ia berkarya menjadi gembala di Keuskupan Bandung sampai tahun 2010.

Pada tanggal 12 November 2010 Ia ditunjuk sebagai Uskup Agung Semarang oleh Paus Benediktus XVI. Pada tanggal 25 Agustus 2014, Mgr. Pujasumarta menjadi Uskup ko-konsekrator dalam pentahbisan Uskup Bandung, Mgr.Antonius Subianto Bunjamin, OSC bersama dengan Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM. Dalam pentahbisan ini, Mgr.Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta yang sebelumnya menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Bandung, menjadi Uskup Penahbis Utama.

Mgr. Puja telah berpulang ke rumah Bapa pada hari Pahlawan 2015 pukul 23.35 WIB di RS. Elizabeth Semarang.

Mgr. Johannes Pujasumarta dimakamkan di Kompleks Pemakaman Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Yogyakarta

( sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Johannes_Pujasumarta)

Related Posts

  • 63
    VATIKAN – Bapa Suci Paus Fransiskus pada hari Sabtu (18/03) mengumumkan penunjukan Uskup Agung Semarang yang baru, yakni Romo Robertus Rubiyatmoko menjadi Uskup Agung Semarang yang baru. Romo Rubiyatmoko selama ini adalah Vikaris Yudisial KAS serta pembina sebagai Dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma di Daerah Istimewa Yogyakarta di Seminari…
    Tags: di, semarang, agung, uskup, mgr, keuskupan, ia, seminari, pada, menjadi
  • 60
    Semarang (LENTERA) - Upacara Tahbisan Uskup Agung Semarang Jumat (19/5) di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang Jawa Tengah menjadi hari yang bersejarah bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang. Hari itu Mgr. Robertus Rubiyatmoko ditahbiskan dan resmi menjadi Uskup Agung Semarang. Setelah menanti selama beberapa waktu, umat Katolik di Keuskupan Agung Semrang secara resmi…
    Tags: di, uskup, semarang, mgr, agung, keuskupan, menjadi, dari
  • 58
    Keuskupan Agung Semarang telah memiliki Uskup Agung baru yang ditahbiskan Jumat, 19 Mei 2017 di Lapangan Bhayangkgara, Kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) di Jl. Sultan Agung 131, Gajahmungkur, Candi Baru, Semarang. Berikut profil singkat Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang yang baru. Mgr. Robertus Rubiyatmoko (lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 10 Oktober 1963) adalah putra…
    Tags: di, semarang, agung, seminari, uskup, menjadi, dari, tahun, mgr