Latihan Kepemimpinan Pelajar Katolik : “Menjadi Pribadi Yang Cerdas, Tangguh & Misioner”

IMG_20151220_114838_HDR_resize

Jenawi (LENTERA) – Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK) Sragen mengadakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar dengan tema “Menjadi Pribadi yang Cerdas, Tangguh, dan Misioner”, yang dilaksanakan pada hari Jumat – Minggu (18-20/12) di Gereja Animasi Jenawi, Karanganyar. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 50 pelajar Katolik.

Acara pada hari pertama dimulai pukul 16.30, diawali dengan all about FKPK yang disampaikan oleh panitia dan pembagian kelompok oleh fasilitator. Kemudian acara dilanjutkan dengan dinamika kelompok oleh peserta didampingi fasilitator untuk berbagi cerita tentang pengalaman baik selama menjadi orang Katolik.

Hari kedua diawali dengan doa pagi dan olahraga. Pada sesi berikutnya, peserta diajak untuk outbond. Outbond ini bertujuan untuk mengolah sifat baik dan buruk dalam diri peserta sehingga peserta benar-benar bisa mengenali diri sendiri. Outbond dimulai pukul 08.30 WIB. Setelah outbond, pada dinamika malam peserta diajak untuk mensharingkan pengalaman pada hari kedua dan fasilitator meneguhkan agar peserta menjadi pribadi yang cerdas, tangguh dan misioner sebagai seorang umat Katolik. Setelah itu peserta diajak untuk merenungkan ayat yang diambil dari 2 Korintus 4:8-12 dan ditutup dengan doa malam.

Hari ketiga peserta dilatih untuk berani berbicara di depan umum tentang keterlibatan dalam menggereja , hal ini sebagai bentuk pewartaan kepada teman seiman. Kemudian dilanjutkan dengan peneguhan dari Saudara Leo Agung Widiarto, sebagai Tim Kerja Kepemudaan, yang menekankan tentang tantangan berpaguyuban dalam lingkup gereja. Sdr Leo juga mencoba menggali apa yang didapat oleh peserta selama 3 hari berdinamika. Jawaban beraneka ragam dan Sdr Leo merangkumnya menjadi satu kata yaitu “spiritualitas”.

Pada akhir kegiatan dilakukan pemilihan Formatur kepengurusan FKPK Sragen untuk melanjutkan kepengurusan FKPK, yang nantinya juga akan menyusunan pengurus FKPK periode tahun 2016. Adapun 5 orang formatur terpilih yaitu : Ignatius David (Gumantar), Felix Tegar (Karangtengah), Gabriela Milarose (Gawan), Bonifasius CSC (Widoro), Maria Alfonsa (Widoro).

Proficiat kepada formatur terpilih, semoga dapat melanjutkan kepengurusan FKPK dengan lebih baik lagi dan dapat menjadi teladan yang baik bagi pelajar Katolik di Paroki Sragen. (FKPK)

Related Posts

  • 69
    Jenawi (LENTERA) – Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK) Sragen mengadakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) dengan tema 'Menjadi Awal Gerakan Nyata Untuk Mahakarya' (MAGNUM) pada Jumat-Minggu ( 16-18/12) di Bumi Perkemahan Ki Ageng Srenggi Sambirejo dan Gereja St Yulius Jenawi. Kegiatan ini diikuti 40 orang pelajar Katolik. Pada sesi pertama peserta diajak untuk merenungkan pengalaman miracle…
    Tags: untuk, dan, peserta, fkpk, pada, diajak, katolik, dengan, yang, pelajar
  • 68
    “MAKIN TERGERAK UNTUK BERBAGI BERKAT” Para Ibu, Bapak, Orang Muda, Remaja, dan Anak-anak; para Romo, Bruder, Frater, dan Suster yang terkasih dalam Kritus, Pada hari Rabu Abu, 6 Maret 2019, kita akan memulai masa Prapaskah yang akan berlangsung selama 40 hari (Latin: quadragesima) sampai dengan tanggal 19 April 2019. Masa Prapaska ini dimaksudkan untuk mempersiapkan…
    Tags: yang, dan, dalam, ini, dengan, untuk, baik, hari
  • 66
    Segenap umat Katolik yang terkasih, Konferensi Waligereja Indonesia menyelenggarakan sidang tahunan pada tanggal 6-16 November 2017 di Jakarta. Sidang dimulai dengan hari studi yang mengangkat tema Gereja Yang Relevan dan Signifikan: Panggilan Gereja Menyucikan Dunia. Tema tersebut diolah dengan mendengarkan masukan para narasumber, didalami dalam diskusi kelompok, dipaparkan dalam rapat pleno, dan dilengkapi dengan catatan…
    Tags: dan, yang, dengan, di, untuk, dalam