Asian Youth Day : Pesta Orang Muda Katolik Se-Asia

logo AYD 2017 Indonesia

Apa itu Asian Youth Day?

Menurut situs resmi Asian Youth Day 2017 (www.asianyouthday.org) AYD adalah perjumpaan orang muda katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dan dihadiri kurang lebih 3000 orang muda dari perwakilan negara di Asia. Awalnya, AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetutuji oleh Federasi Konferensi Uskup-uskup se-Asia (FABC) di bawah kantor Komisi Keluarga dan Kerasulan awam bagian kepemudaan.

Dalam sejarahnya AYD sudah 6 kali diselenggarakan. Berbagai Negara yang pernah menyelenggarakan AYD antara lain adalah:

1. Pertama kali diadakan di Keuskupan Hua Hin Thailand tahun 1999 dengan tema “Asian Youth Journeying with Jesus Towards the Third Millenium”

2. AYD kedua pada tahun 2001 diadakan di Keuskupan Taiwan di kota Taipei, bertema “We are called to Sanctity and Solidarity”

3. AYD ketiga diadakan di Keuskupan Bangalore, India tahun 2005 dengan tema “Asian Youth for Peace”

4. AYD keempat tahun 2006 di Keuskupan Hongkong, dengan tema “Asian Youth, Hope of Asian Families”

5. AYD kelima pada tahun 2009 di keuskupan Imus, Filipina dengan tema “YAsia Fiesta: Young Asians Come Together Share the Word, Live the Eucharist” (Pesta OMK Asia: OMK Asia, datanglah bersama-sama, berbagi Sabda, Hayati Ekaristi).

6. AYD keenam pada tahun 2014 di Keuskupan Daejeon, Korea, bertema “Wake Up Asian Youth! The glory of the Martyrs shines on you”

AYD ketujuh rencananya akan diselenggarakan di Indonesia pada bulan Agustus 2017 di Keuskupan Agung Semarang, dengan mengambil tema: “Asian Youth: Gospel’s Joy of Multiculturalistic Asia” (OMK Asia: Suka cita Injil bagi Asia yang Majemuk)”. Romo Budi Purwantoro, Pr bersama tim Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang (K3AS) sedang melakukan persiapan kegiatan ini dengan melibatkan seluruh Orang Muda Katolik se-Keuskupan Agung Semarang.

 

Kenapa Keuskupan Agung Semarang yang dipilih?

Menurut Romo Yohannes Dwi Harsanto, Pr selaku Ketua SC AYD 2017 menjelaskan bahwa kebudayaan di Indonesia sangat beragam dan sangat cocok untuk dipelajari, khususnya di Keuskupan Agung Semarang yang sejarah berdirinya gereja yang diawali dengan pendekatan budaya, dan ditambah keanekaragaman agama dan kepercayaan, beragam suku yang hidup di Indonesia.

 

Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pertemuan OMK se-Asia ini?

AYD terdiri dari 3 acara besar yakni Day in the Diocese, Days in AYD’s Venue and Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)?. Day in the Diocese (DID) diadakan 3-4 hari, peserta AYD tinggal (live in) di keuskupan-keuskupan di negara tuan rumah. Peserta datang dan langsung dibawa live in di keuskupan-keuskupan yang telah ditentukan belajar dan sekaligus memberikan pengalaman iman dan terutama merasakan langsung kehidupan saudara-saudarinya di Negara yang berbeda. Di sini OMK mengikuti dan berbagai kegiatan misalnya sharing, refleksi, festival, Ekaristi, sakramen tobat, devosi. Orang muda meneguhkan orang muda. Orang muda berbagi untuk orang muda. Acara AYMM adalah acara khusus bagi para Pembina OMK negara-negara Asia, yakni para uskup, pastor, awam yang terlibat dalam komisi kepemudaan tingkat nasional di bawah koordinasi Federasi Uskup-uskup se-Asia (FABC) (Kantor Awam dan Keluarga (Office Laity and Family), bagian Kepemudaan (Youth Desk).

Dalam menyambut AYD pada Tahun 2017, banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang. Salah satunya yang saat ini tengah berlangsung adalah Kirab Salib AYD. Kirab salib AYD ini sudah menjadi tradisi pada gelaran-gelaran AYD sebelumnya. Untuk kali ini, Salib AYD dikirab ke seluruh paroki di Keuskupan Agung Semarang. Kirab Salib AYD sudah dimulai sejak tahun 2015, Kevikepan Kedu yang pertama melakukan Kirab AYD. Dilanjutkan dengan, Kevikepan Kedu, Kevikepan Semarang. Pada tanggal 27 Juni 2016, kegiatan Kirab Salib AYD dijadwalkan sampai di Kevikepan Surakarta kemudian dilanjutkan ke Kevikepan Yogyakarta sebagai kota tempat diselenggarakannya AYD 2017.

 

Agenda Kirab Salib AYD di Paroki Sragen

Di Kevikepan Surakarta, paroki pertama yang akan dikunjungi salib AYD adalah Paroki Gemolong, untuk kemudian pada tanggal 1-8 Juli 2016, salib AYD akan diserahkan ke Paroki Sragen. Pengurus OMK Paroki Sragen mengajak OMK di stasi dan wilayah untuk menyambut Kirab Salib AYD di Paroki Sragen. Rencanannya serah terima Salib AYD dari Paroki Gemolong akan dilakukan secara meriah dengan menampilkan kesenian khas Paroki Sragen.

Selanjutnya salib tersebut akan dikirab ke wilayah dan stasi di Paroki Sragen. Nantinnya kaum muda dan umat akan menampilkan budaya lokal ketika menerima salib di wilayah dan stasinya masing-masing. Ada 3 agenda pokok yang harus dilaksanakan dalam acara kirab salib tersebut, yakni penerimaan salib, pertemuan, sarasehan kaum muda, dan ibadat salib, penggalangan dana solidaritas, dan refleksi iman. Harapannya adalah dengan adanya kegiatan Kirab Salib AYD ini menjadi suatu momentum untuk teman-teman kaum muda, khususnya di Paroki Sragen, agar lebih erat, dan kompak satu sama lain dan juga lebih berani ambil bagian dalam tugas perutusan sebagai kaum muda yang siap melayani umat maupun masyarakat.

Related Posts

  • 69
      Paroki Sragen (LENTERA) - Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Sragen pada awal Juli disibukkan dengan berbagai agenda kegiatan. Salah satu kegiatan besar diantaranya adalah Kirab Salib Asian Youth Day (AYD). Kirab Salib AYD telah dilaksanakan di beberapa Paroki yang masuk dalam wilayah Keuskupan Agung Semarang. Kirab Salib AYD diadakan untuk menyemarakkan agenda akbar Asian…
    Tags: salib, dan, omk, ayd, paroki, yang, di, kirab, dengan, pada
  • 68
    Paroki Sragen (LENTERA) - Pengurus Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Sragen mengadakan pertemuan dengan OMK Wilayah dan Stasi untuk melakukan koordinasi kirab salib Asian Youth Day (AYD) 2017 yang dilaksanakan pada hari Minggu (8/5). Koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan dari OMK Wilayah dan Stasi, antara lain Stasi Kedawung, Stasi Sidoharjo, Stasi Jenawi, Wilayah Petrus &…
    Tags: salib, omk, dan, ayd, kirab, dengan, di, muda, paroki, yang
  • 66
    Ajakan Menyongsong “ASIAN YOUTH DAY VII” di Keuskupan Agung Semarang (Disampaikan pada hari Sabtu/Minggu, 15/16 Juli 2017)   Para Rama, Bruder, Suster, Frater dan Saudara-saudari, seluruh umat katolik di Keuskupan Agung Semarang yang terkasih. Berkah Dalem. Bagaimana kabar Anda? Semoga selalu dalam keadaan sukacita dan berpengharapan. Pada tanggal 2 sampai dengan 6 Agustus 2017 nanti,…
    Tags: yang, dan, di, dengan, muda, ayd, semarang, keuskupan, asian, youth