Kirab Salib “Asian Youth Day” Paroki Sragen

Kirab Salib AYD Paroki Sragen

 

Paroki Sragen (LENTERA) – Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Sragen pada awal Juli disibukkan dengan berbagai agenda kegiatan. Salah satu kegiatan besar diantaranya adalah Kirab Salib Asian Youth Day (AYD). Kirab Salib AYD telah dilaksanakan di beberapa Paroki yang masuk dalam wilayah Keuskupan Agung Semarang. Kirab Salib AYD diadakan untuk menyemarakkan agenda akbar Asian Youth Day 2017, yang akan dilaksanakan pada Agustus 2017 di Indonesia dan Keuskupan Agung Semarang (KAS) mendapat kehormatan menjadi tuan rumah. Oleh karena itu, seluruh kevikepan di KAS dikunjungi Salib AYD yang kemudian di estafetkan antar paroki.

Kevikepan Surakarta mengawali kegiatan Kirab Salib AYD di Kuasi Paroki Gemolong, pada tanggal 27 Juni – 1 Juli. Pada tanggal 1 Juli Salib AYD diestafetkan menuju Paroki Sragen, yang diterima di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen. Kegiatan penerimaan salib diawali dengan prosesi jalan kaki oleh OMK Gemolong. Kemudian dilanjutkan dengan prakata singkat dan setelah itu salib diserahkan kepada perwakilan OMK Sragen. Sebelum Salib ditahtakan, ada prosesi tari dari adik-adik PIA dan FKPK untuk mengiringi Salib AYD masuk ke dalam gereja dan dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi Jumat pertama. Setelah ekaristi selesai, salib dikirab ke stasi dan wilayah.

Di Paroki Sragen, Kirab Salib AYD menggunakan konsep kunjungan, seperti kegiatan visitasi bunda maria. Jadi salib AYD dikirab ke seluruh stasi dan wilayah di Paroki Sragen. Wilayah pertama yang mendapat giliran dikunjungi adalah Wilayah Gondang. Untuk rute Kirab Salib AYD selanjutnya adalah Stasi Jenawi, Stasi Kedawung, Stasi Sidoharjo, Wilayah Tangen, dan yang terakhir adalah Wilayah Dalam Kota (Petrus, Paulus, Gabriel, Yakobus Rasul, Andreas). Berbagai kegiatan disusun oleh teman-teman OMK Stasi/Wilayah dalam menyambut Salib AYD yang berkunjung.

Sarasehan OMK dan Ibadat salib menjadi kegiatan yang wajib diadakan dihadapan salib. Kegiatan diluar itu diserahkan kepada kreatifitas masing-masing OMK. OMK Kedawung dan Gondang mengadakan kunjungan orang sakit, OMK Jenawi mengadakan kegiatan penerbangan lampion, OMK Sidoharjo mengadakan kegiatan lomba bagi PIA –PIR, OMK Tangen mengadakan kegiatan outbond dan jalan salib, untuk OMK Wilayah Dalam Kota melaksanakan kegiatan bansos untuk warga sekitar.

Sementara untuk acara penutupan Kirab Salib AYD adalah Misa Taize dan Pentas Seni Kreatifitas Kaum Muda yang dimeriahkan oleh Teater Pattimura 2 yang dilaksanakan pada hari Jumat (8/7). Pada pukul 13.00 rombongan OMK Sragen mengantar salib ke Paroki Palur dengan menggunakan 4 mobil dan dikawal oleh Bapak Polisi. Semoga dengan salib AYD yang berkunjung ke Paroki Sragen dapat membangkitkan dan menggugah semangat kaum muda di Paroki Sragen untuk semakin terlibat dalam kegiatan – kegiatan menggereja dan aktif berkegiatan lingkungan, wilayah, dan stasi. (OMK)

Related Posts

  • 90
    Paroki Sragen (LENTERA) - Pengurus Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Sragen mengadakan pertemuan dengan OMK Wilayah dan Stasi untuk melakukan koordinasi kirab salib Asian Youth Day (AYD) 2017 yang dilaksanakan pada hari Minggu (8/5). Koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan dari OMK Wilayah dan Stasi, antara lain Stasi Kedawung, Stasi Sidoharjo, Stasi Jenawi, Wilayah Petrus &…
    Tags: wilayah, salib, omk, dan, stasi, ayd, kirab, dengan, kegiatan, dalam
  • 73
      Gemolong (LENTERA) - Dalam rangka persiapan Kongres Ekaristi Keuskupan (KEK) III dan Kirab Salib Asian Youth Day, OMK Rayon Timur Kevikepan Surakarta mengadakan pertemuan yang bertempat di Aula Gereja Paroki Gemolong. Peserta yang hadir adalah dari Paroki Jumapolo, Karanganyar, Gemolong dan Sragen, dari Paroki Sragen diwakili oleh 4 orang. Keseluruhan acara pada hari itu…
    Tags: paroki, yang, dan, salib, kegiatan, omk, di, dengan, kirab, ayd
  • 69
    Apa itu Asian Youth Day? Menurut situs resmi Asian Youth Day 2017 (www.asianyouthday.org) AYD adalah perjumpaan orang muda katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dan dihadiri kurang lebih 3000 orang muda dari perwakilan negara di Asia. Awalnya, AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetutuji oleh Federasi Konferensi Uskup-uskup se-Asia (FABC) di…
    Tags: ayd, di, dan, salib, yang, paroki, dengan, omk, kirab, pada