Paus Fransiskus Umumkan Uskup Agung Semarang Yang Baru

uskup kas

VATIKAN – Bapa Suci Paus Fransiskus pada hari Sabtu (18/03) mengumumkan penunjukan Uskup Agung Semarang yang baru, yakni Romo Robertus Rubiyatmoko menjadi Uskup Agung Semarang yang baru. Romo Rubiyatmoko selama ini adalah Vikaris Yudisial KAS serta pembina sebagai Dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma di Daerah Istimewa Yogyakarta di Seminari Tinggi Kentungan, Yogyakarta.

Romo Robertus Rubiyatmoko Pr menjadi Uskup Agung Semarang, mengisi posisi Uskup Agung Semarang yang telah kosong selama 1 tahun 4 bulan. Uskup Agung sebelumnya Mgr Johanes Pujasumarta meninggal karena sakit pada 10 November 2015.

Pengumuman ini juga tercantum dalam pengumuman resmi yang dikeluarkan Administrator Diosesan Keuskupan Agung Semarang Romo FX Sukendar Wignyosumarta. Mgr Robertus selama ini mengajar Pengantar KHK, Sakramentologi, Sakramen Perkawinan, Hukum Perkawinan di Universitas Sanata Dharma. Ia juga merupakan Vikaris Yudisial Keuskupan Agung Semarang.

Administrator Diosesan Keuskupan Agung Semarang (KAS) Romo FX Sukendar Wignyosumarta Pr mengungkapkan rasa syukur atas doa-doa yang sudah disampaikan umat Katolik sehingga Robertus Rubiyatmoko yang merupakan Vikaris Yudisial KAS itu terpilih untuk melanjutkan tugas-tugas Mgr Johanes Pujasumarta.

”Puji syukur kepada Allah Bapa dalam Putra-Nya Yesus Kristus yang menyelenggarakan Gereja Katolik dalam tuntunan Roh Kudus telah mendengarkan doa-doa kita dengan anugerah Uskup Agung Semarang melanjutkan kegembalaan yang terkasih almarhum Mgr Johanes Pujasumarta,” kata Romo Sukendar, kemarin. Rubiyatmoko dikenal ramah dan merupakan Doktor Ilmu Hukum Gereja lulusan Universitas Gregoriana Roma.

Pengangkatan uskup baru ini datang menjelang Asian Youth Day ke-7 yang sedianya akan berpusat di Yogyakarta Keuskupan Agung Semarang. 30 Juli – 9 Agustus tahun ini. Dengan mengangkat tema “Joyful Youth Asia!! ‘Hidup Injil di Multikultural Asia’ anak muda Katolik se-Asia akan berkumpul di Yogyakarta. Dengan terpilihnya Uskup baru ini, maka ketakutan bahwa Semarang tidak memiliki Uskup saat perhelatan Asian Youth Day seketika Sirna.

Profil Mgr Robertus Rubiyatmoko, Uskup Semarang
Seperti dikutip dari hidupkatolik.com , Mgr Robertus Rubiyatmoko lahir pada tanggal 10 Oktober 1963 di Sleman, di Keuskupan Agung Semarang. Ia masuk Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius Mertoyudan, Magelang. Tamat dari Seminari ia melanjutkan studi filsafat dan teologi di Fakultas Teologi Kepausan di Yogyakarta. Ia ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 12 Agustus 1992 dengan penahbis Mgr julius Darmaatmaja SJ sebagai imam Keuskupan Agung Semarang.

Ia memperoleh gelar sarjana hukum Gereja dari Pontifical Gregorian University, Roma, Italia . selama menjalani studi di Roma di a tinggal di Asrama Kepausan Belanda (1993-1997). Semasa menjadi Imam Romo Rubiyatmoko sempat bertugas di Paroki Santa Maria Assumta Pakem (1992-1993). Setelah menyelesaikan studi doktoral tugas utamanya ada;ah mengajar hukum Gereja di Fakultas Teologi Kepausan Wedabhakti -Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Selama ini ia juga sebagai salah satu formator di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Yogyakarta (2004-2011). Ia juga Vikaris Yudisial Keuskupan Agung Semarang (sejak 2011).

Related Posts

  • 74
    Keuskupan Agung Semarang telah memiliki Uskup Agung baru yang ditahbiskan Jumat, 19 Mei 2017 di Lapangan Bhayangkgara, Kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) di Jl. Sultan Agung 131, Gajahmungkur, Candi Baru, Semarang. Berikut profil singkat Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang yang baru. Mgr. Robertus Rubiyatmoko (lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 10 Oktober 1963) adalah putra…
    Tags: di, robertus, rubiyatmoko, semarang, agung, hukum, gereja, yogyakarta, romo, seminari
  • 65
    Semarang (LENTERA) - Upacara Tahbisan Uskup Agung Semarang Jumat (19/5) di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang Jawa Tengah menjadi hari yang bersejarah bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang. Hari itu Mgr. Robertus Rubiyatmoko ditahbiskan dan resmi menjadi Uskup Agung Semarang. Setelah menanti selama beberapa waktu, umat Katolik di Keuskupan Agung Semrang secara resmi…
    Tags: di, uskup, semarang, mgr, agung, yang, keuskupan, ini, menjadi, baru
  • 63
    Umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang berduka karena kehilangan sosok pemimpin yang telah menggembalakan umat dengan kerendahan hati. Selasa (10/11) Mgr. Johannes Pujasumarta (Uskup Agung  Semarang) dipanggil menghadap Bapa di surga di Rumah Sakit Elisabeth Semarang setelah beberapa bulan di rawat melawan kanker paru-paru. Untaian doa dari ribuan umat Katolik mengiringi Mgr. Johannes Pujasumarta saat disemayamkankan…
    Tags: di, uskup, semarang, agung, mgr, menjadi, ia, pada, keuskupan, seminari