Misa Novena II Putaran 7: Menjadi Pembawa Kedamaian Dalam Keluarga

ngrawoh novena

Ngrawoh (LENTERA) – Novena yang dilaksanakan umat Paroki Sragen di Taman Doa St. Perawan Maria di Fatima, Ngrawoh telah dilakukan selama tujuh tahun dan pada hari Kamis, Malam Jumat Wage (9/3), merupakan Misa Novena kedua yang dilaksanakan di Kapel Yusuf Maria.

Perayaan Ekaristi yang dimulai pada pukul 18.00, mengangkat tema “Membawa Kedamaian dalam Hidup Sehari-hari, Merupakan Bentuk Nyata dari Pertobatan Hidup yang Benar.” Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Antonius Budi Wihadono, Pr, Romo Delegatus Kevikepan Surakarta, dipersiapkan oleh Umat Wilayah Petrus sebagai petugas liturginya.

Mengawali homilinya, Romo Budi Wihandono menceritakan pengalamannya ketika bertugas di Paroki Sragen pada tahun 1996 sebagai Pastor pembantu. Lebih lanjut Romo Budi menerangkan tentang siklus kehidupan manusia dari kecil, dewasa, hingga meninggal. Dalam perjalanan hidup manusia ada yang berhasil, ada yang gagal, sebagai contoh yang gagal yaitu ketika orang tua tidak dapat mengajarkan keteladanan hidup kepada anak-anaknya.

Romo Budi Wihandono menegaskan kepada kurang lebih 300 orang umat yang hadir bahwa untuk menjadi pembawa damai harus memiliki syarat yaitu pertama harus dapat berdamai dengan dirinya sendiri, kedua, berdamai dengan orang lain, ketiga berdamai dengan peristiwa yang masa lalu. Di dalam keluarga yang dipenuhi kedamaian dan kebahagiaan harus ada empat unsur yaitu: ada rasa kangen di dalam keluarga, ada bahasa simbol yang khas, ada hal sederhana yang membuat bahagia, keempat yaitu suka menawarkan bantuan.

“Tuhan harus disimpan di dalam hati, jangan ditinggal di dalam rumah ibadah. Karena iman kita akan berkembang di dalam iman ketika Tuhan dibawa!” kata Romo Budi menutup homili pada perayaan Ekaristi tersebut. (ddk)

Related Posts

  • 56
    Ngrawoh (LENTERA) – Semangat umat Paroki Sragen tidak luntur karena hujan yang melanda, hal ini terbukti dengan kehadiran umat di Taman Doa Santa Perawan Maria di Fatima, Ngrawoh. “Terpanggil Menjadi Murid untuk Terlibat Dalam Penderitaan dan Duka Dunia” menjadi tema permenungan dalam Novena pertama di Taman Doa Ngrawoh, Kamis (18/01). Petugas liturgi dan paduan suara…
    Tags: yang, umat, dalam, romo, di, dengan, orang, novena, perayaan, ekaristi
  • 54
    Ngrawoh (LENTERA) - Kamis (27/7), malam Jumat Wage, umat Paroki Sragen mengadakan Novena di Taman Doa Santa Perawan Maria Fatima Ngrawoh. Novena kelima, putaran VII, tersebut mengangkat tema renungan “Menabur Benih-benih Peradaban Kasih di Tengah-tengah Dunia”. Wilayah Tanon menjadi Petugas Liturgi dan paduan suara dalam Perayaan Ekaristi yang dimulai pada pukul 18.00. Romo Fransiskus Xaverius…
    Tags: yang, romo, dalam, umat, di, perayaan, ada, novena, ekaristi, dengan
  • 53
    Dalam suatu kesempatan berbagi pengalaman iman, ada seorang siswi SMA bertanya kepada penulis tentang Alkitab. Pertanyaan tersebut yaitu, mengapa di dalam Perjanjian Lama ada aturan yang menuliskan bahwa mata dibalas dengan mata, tangan dibalas dengan tangan, tetapi di dalam Perjanjian Baru aturan tersebut tidak ada? Dengan sedikit pengetahuan yang ada, penulis menjawab pertanyaan tersebut dengan…
    Tags: yang, dengan, di, dalam, ada, harus