Memaknai May Day

may day

Bulan Mei adalah salah satu bulan yang padat dengan hari penting besar bersejarah, baik itu yang bersifat internasional, nasional, dan hari besar keagamaan. Beberapa hari penting itu antara lain Hari Buruh Sedunia (1 Mei), Hari Pendidikan (2 Mei), Hari Raya Waisak (11 Mei), Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei), Hari Kenaikan Tuhan Yesus (25 Mei), dan Bulan Maria dan Bulan Katekese Liturgi yang akan di lakukan setiap hari sepanjang bulan Mei.

May Day atau sering dikenal dengan Hari Buruh Sedunia yang diperingati pada tanggal 1 Mei.
Pada awal kegiatan May Day di tahun 1920 hingga sekarang, pasti akan ada gerakan massa buruh atau serikat pekerja yang berunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi mengenai hak-hak mereka sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagaakerjaan.Salah satu tuntutan buruh yaitu agar pemerintah menghapus PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang upah kerja. Gerakan massa tersebut terjadi di Indonesia bahkan di dunia. Beraneka ragam kegiatan yang dilakukan dari yang bersifat damai sampai yang anarkis seperti yang terjadi di depan balai kota Jakarta.

Harus kita sadari bahwa pelaksanaan hari buruh tersebut buruh tidak ingin menggulingkan kekuasaan melainkan momentum hari yang dikhususkan bagi mereka ini digunakan untuk menyalurkan aspirasi buruh tentang perjuangan hak-hak mereka selama bekerja.Memang terjadi demo dan terjadi kerusuhan itu karena sifat dari kerumunan massa itu sendiri yangsangat sulit untuk dikendalikan dan memiliki kecenderungan untuk caos (kacau balau).

Semangat May Day sebenarnya sudah didengungkan oleh Gereja Katolik dengan adanya ensilik yang dikeluarkan oleh Paus Leo Paus Leo XIII pada 15 Mei 1891 yang berjudul Rerum Novarum (Hal-hal Baru). Rerum Novarum adalah ensiklik pertama yang menaruh perhatian pada masalah-masalah sosial secara sistematis. Juga pertama kali jalan pikiran ajaran sosial berangkat dari prinsip keadilan universal. Paus Leo XIII telah melihat parahnya kondisi kerja, karena eksploitasi oleh kapitalisme tanpa kontrol akibat revolusi industri, dan bangkitnya kekuatan sosialisme serta marxisme. Dengan berdasarkan hukum kodrat, Paus membela hak-hak buruh, pentingnya keadilan dan solidaritas, sekaligus juga meneguhkan hak kodrati atas kepemilikan pribadi. (https:/ /sinauasg. wordpress.com/ringkasan-dokumen-asg)

Pada 14 September 1981, Paus Yohanes Paulus II mengeluarkan, ensiklik Laborem Exercens (kerja manusia), yang berisi tentang martabat manusia dalam kerangkan rencana Ilahi. Dalam ensiklik ini Paus Yohanes Paulus II mengkritik tentang sistem kapitalis yang menganggap manusia sebagai alat produksi, dan menyerukan akan upah yang adil dan wajar, sekaligus berhak untuk makin hidup secara lebih manusiawi dengan kerjanya.

Peringatan hari buruh ini mengingatkan tentang hak hidup manusia. Bagi kita yang memiliki karyawan, hendaknya kita lebih memperhatikan kesejahteraan karyawan dan hak-hak yang harus diberikan kepada karyawan. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa dalam pola pemikiran kapitalis, karyawan di anggap sebagai alat produksi, sehingga karyawan memilki kedudukan tak lebih dari sekedar barang atau mesin yang dapat dipergunakan sesuka hati. Itulah ini yang ingin diperjuangkan dari Hari Buruh Sedunia yaitu agar supaya lebih memanusiakan manusia. Manusia memiliki sisi kemanusiaan yang harus dihormati. Manusia bukanlah binatang atau barang.

Related Posts

  • 66
    Melayani. Kata kerja ini sudah tidak asing bagi kita umat Kristiani. Kata yang mempunyai membantu mengurus apa yang diperlukan seseorang ini tidak asing bagi hidup orang Kristiani dan telah menjadi bagian dari kehidupan misalnya dalam Liturgi dan peribadatan maupun dalam kegiatan gereja maupun di masyarakat. Kata melayani ini pula diangkat menjadi tema Bulan Kitab Suci…
    Tags: yang, dan, di
  • 64
    Mempercayakan diri kepada Yesus yang berbelas kasih seperti Maria: “Lakukanlah apa pun yang Dia katakan padamu” (Yoh 2:5) Saudari-saudara terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-24 memberi saya kesempatan khusus untuk mendekatkan diri kepada Anda, sahabat-sahabat terkasih yang sakit, dan kepada mereka yang merawat Anda. Tahun ini, karena Hari Orang Sakit akan dirayakan dengan khidmat di…
    Tags: yang, dan
  • 64
    Press Release Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 Masehi kepada Para Ulama, Pemimpin dan Seluruh Umat Islam dari Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang Yang terhormat dan terkasih para Ulama, Pemimpin dan Seluruh Umat Islam di Indonesia; Seiring dengan berakhirnya Ibadah Puasa Umat Islam di Bulan Suci Ramadhan dan datangnya kemenangan…
    Tags: dan, yang, hari, di