Profil Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang

Mgr. Robertus Rubiyatmoko ..

Keuskupan Agung Semarang telah memiliki Uskup Agung baru yang ditahbiskan Jumat, 19 Mei 2017 di Lapangan Bhayangkgara, Kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) di Jl. Sultan Agung 131, Gajahmungkur, Candi Baru, Semarang. Berikut profil singkat Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang yang baru.

Mgr. Robertus Rubiyatmoko (lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 10 Oktober 1963) adalah putra dari pasangan orang tua bernama Harjo Partono dari kawasan Babadan, Wedomartani.

Romo Robertus Rubiyatmoko mengawali pendidikan imamatnya di Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang. Usai menyelesaikan pendidikan tahun rohani sebagai calon frater diosesan KAS di Seminari Tahun Rohani Keuskupan Agung Semarang di Wisma Jangli Semarang tahun 1984-1985 kemudian beliau melanjutkan pendidikan belajar filsafat dan teologi di Fakultas Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan tinggal di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta hingga ditahbiskan menjadi imam tanggal 12 Agustus 1992.

Semasa menjadi Imam, Romo Robertus Rubiyatmoko sempat ditugaskan untuk belajar Hukum Gereja di Roma, Italia. Romo Robertus Rubiyatmoko memperoleh gelar Doktor Ilmu Hukum Gereja dari Universitas Gregoriana, Roma. Sebelum menjadi uskup terpilih, Romo Robertus Rubiyatmoko bertugas sebagai staf Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta dan dosen Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Sebagai ahli Hukum Gereja dan seluk-beluk perkawinan katolik, Romo Robertus Rubiyatmoko pernah menulis buku berjudul Perkawinan Katolik menurut Hukum Kanonik. Di buku ini antara lain dibahas tentang hal-hal yang bisa menjadi halangan perkawinan katolik dan solusi Gereja Katolik ketika menghadapi berbagai masalah yang harus dicarikan jawabannya. (dari berbagai sumber)

Related Posts

  • 74
    VATIKAN – Bapa Suci Paus Fransiskus pada hari Sabtu (18/03) mengumumkan penunjukan Uskup Agung Semarang yang baru, yakni Romo Robertus Rubiyatmoko menjadi Uskup Agung Semarang yang baru. Romo Rubiyatmoko selama ini adalah Vikaris Yudisial KAS serta pembina sebagai Dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma di Daerah Istimewa Yogyakarta di Seminari…
    Tags: di, semarang, agung, uskup, yang, rubiyatmoko, mgr, yogyakarta, romo, robertus
  • 71
    Semarang (LENTERA) - Upacara Tahbisan Uskup Agung Semarang Jumat (19/5) di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang Jawa Tengah menjadi hari yang bersejarah bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang. Hari itu Mgr. Robertus Rubiyatmoko ditahbiskan dan resmi menjadi Uskup Agung Semarang. Setelah menanti selama beberapa waktu, umat Katolik di Keuskupan Agung Semrang secara resmi…
    Tags: di, uskup, dan, semarang, mgr, agung, yang, katolik, menjadi, baru
  • 58
    Umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang berduka karena kehilangan sosok pemimpin yang telah menggembalakan umat dengan kerendahan hati. Selasa (10/11) Mgr. Johannes Pujasumarta (Uskup Agung  Semarang) dipanggil menghadap Bapa di surga di Rumah Sakit Elisabeth Semarang setelah beberapa bulan di rawat melawan kanker paru-paru. Untaian doa dari ribuan umat Katolik mengiringi Mgr. Johannes Pujasumarta saat disemayamkankan…
    Tags: di, uskup, semarang, agung, mgr, menjadi, seminari, dari, tahun