Mgr Robertus Rubiyatmoko, Resmi Menjadi Uskup Agung Semarang

Mgr Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang

Semarang (LENTERA) – Upacara Tahbisan Uskup Agung Semarang Jumat (19/5) di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang Jawa Tengah menjadi hari yang bersejarah bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang. Hari itu Mgr. Robertus Rubiyatmoko ditahbiskan dan resmi menjadi Uskup Agung Semarang.

Setelah menanti selama beberapa waktu, umat Katolik di Keuskupan Agung Semrang secara resmi memiliki Gembala baru. Duta Besar Vatikan Nuncio Mgr Antonio Guido Filipazzi pun membacakan surat pengangkatan uskup yang ahli di bidang pastoral dan hukum kanonik itu di hadapan hampir 18 ribu umat yang datang dari berbagai wilayah di Jateng dan DIY. ‘’KAS memiliki peran penting dalam sejarah dan perkembangan Katolik di Indonesia.

“Uskup Rubi kami pandang pantas menjadi pemimpin gereja ini menggantikan tahta lowong karena wafatnya Gembala sebelumnya Yohanes Maria Pujasumarta,’’ kata Nuncio membacakan surat dari Paus Fransiskus dalam Ekaristi Penahbisan Uskup KAS di lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang

Pesta penahbisan uskup ini merupakan hari yang paling ditunggu oleh seluruh umat Keuskupan Agung Semarang, karena selama kurang lebih 1.5 tahun menantikan hadirnya gembala baru. Peristiwa penahbisan uskup selalu dimaknai sebagai suatu peristiwa yang penuh syukur dan sukacita.

Penahbis utama, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignatius Suharyo didampingi Mgr Antonius Subianto Bunyamin (Uskup Bandung), OSC dan Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, OCarm (Uskup Malang). Prosesi penahbisan dihadiri oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Antonio Guido Filipazzi dan 34 uskup dari seluruh keuskupan se-Indonesia. Lima ratus pastor serta kurang lebih delapan belas ribu umat dari 100 paroki yang ada di Keuskupan Agung Semarang dan sekitarnya. Misa dan acara seremonial selama hampir lima jam itu. Tidak kurang dari 1.000 umat bergabung dalam tim paduan suara mengiringi misa.

Tahbisan Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko, Pr berlangsung lancar
Sejumlah tamu hadir, mulai dari pejabat pemerintahan, mantan menteri, Dirjen Binmas Katolik, dan para pemuka agama untuk memberikan ucapan selamat kepada uskup baru.

Sebagai penahbis utama, Mgr Suharyo yang juga pernah berkarya di Keuskupan Agung Semarang, melihat Romo Rubi sebagai pribadi yang taat dalam hal apa pun, termasuk soal studi lanjutnya untuk mempelajari hukum gereja. Romo Rubi, dengan pengalaman sebagai dosen dan Vikaris Yudisial KAS dengan semboyan ‘’Mencari dan Menyelamatkan’’, diharapkan bisa memberikan teladan serta melaksanakan misi para pendahulunya. ‘’Baru kali ini saya diminta pertimbangan soal kumis, apakah dibiarkan atau dicukur saja. Ungkapan itu menunjukkan dia siap meninggalkan sesuatu demi mengikuti Yesus dan melayani umat sehingga spontan saya bilang biarkan saja kumisnya, nanti malah seperti Gatokaca kelangan gapit kalau tanpa kumis,’’ ujar Mgr Suharyo yang disambut tawa umat.

“Mgr Robertus Rubiyatmoko menjadi kado terindah bagi Umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang. Karena sang pelayan baru yang ditunggu tunggu sekian tahun lamanya telah hadir di Keuskupan Agung Semarang hari ini. Kebahagiaan ini tidak hanya milik umat katolik di Keuskupan Agung Semarang saja tapi juga semua umat katolik sejagat dan se-Indonesia,”ungkap Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama, Eusabius Bensasi.

.
Sementara itu Mgr Leo Laba Ladjar (Uskup Jayapura) mewakili Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyampaikan pesan pastoralnya, mengucapkan selamat datang ke dalam konferensi para uskup Indonesia serta mengajak Mgr Rubi untuk bersama-sama membangun gereja serta persekutuan di Indonesia.

“Hari ini banyak golongan suku bangsa yang hadir. Ini adalah tanda bahwa kehadiran seorang uskup menjadi tanda persatuan dan persekutuan di Indonesia ini,”kata Uskup Jayapura ini.
Sehari sebalum upacara penahbisan diawali dengan “Salve Agung” dan pemberkatan perlengkapan uskup pada Kamis sore, (18/5/2017) di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci, Randusari Semarang.

Mgr Robertus Rubiyatmoko atau yang akrab dipanggil Moko ini lahir di Sleman, 10 Oktober 1963 menjadi uskup ke-6 Keuskupan Agung Semarang menggantikan Mgr Johanes Pujasumarta yang wafat pada 10 November 2015 silam.

Pada acara terakhir, uskup baru ini menaiki mobil terbuka dan berkeliling memberikan berkat kepada seluruh umat yang hadir. Sejumlah tarian dan kesenian Warak Ngendog juga ditampilkan di bagian akhir acara.

Di sepanjang pelayanannya, uskup baru Semarang ini pernah dipercaya sebagai pastor pembantu di Gereja Paroki St. Maria Assumpta Pakem, Dosen Mata Kuliah Hukum Gereja di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, formatur atau pendidik di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta. Jabatan terakhir yang diembannya yaitu sebagai Vikaris Yudisial Keuskupan Agung Semarang sejak 2011.

Related Posts

  • 71
    Keuskupan Agung Semarang telah memiliki Uskup Agung baru yang ditahbiskan Jumat, 19 Mei 2017 di Lapangan Bhayangkgara, Kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) di Jl. Sultan Agung 131, Gajahmungkur, Candi Baru, Semarang. Berikut profil singkat Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang yang baru. Mgr. Robertus Rubiyatmoko (lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 10 Oktober 1963) adalah putra…
    Tags: di, semarang, agung, gereja, dan, uskup, katolik, menjadi, yang, dari
  • 71
    Semarang, Kompas - Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang Johannes Pujasumarta , Pr (59) diangkat menjadi Uskup Bandung, menggantikan Mgr. Alexander Soentadio Djajasiswaja, Pr yang meninggal tahun 2005 lalu. Saat dihubungi, Romo Pujasumarta membenarkan bahwa dirinya menjadi Uskup Bandung yang baru. Tahta Suci Vatikan di Roma mengumumkan pengangkatan itu pada hari Sabtu (17/5) pukul 12.00 waktu…
    Tags: yang, uskup, di, dan, baru, umat, keuskupan, menjadi, mgr, sebagai
  • 65
    VATIKAN – Bapa Suci Paus Fransiskus pada hari Sabtu (18/03) mengumumkan penunjukan Uskup Agung Semarang yang baru, yakni Romo Robertus Rubiyatmoko menjadi Uskup Agung Semarang yang baru. Romo Rubiyatmoko selama ini adalah Vikaris Yudisial KAS serta pembina sebagai Dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma di Daerah Istimewa Yogyakarta di Seminari…
    Tags: di, semarang, agung, uskup, yang, ini, mgr, keuskupan, baru, gereja