Katekese Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-51

poster komsos 2017

1. Apa itu Hari Komunikasi Sedunia (HKS) ?
Hari Komunikasi Sedunia ditetapkan oleh Paus Paulus VI sebagai sebuah perayaan tahunan yang mendorong kita untuk merenungkan peluang-peluang dan tantangan-tantangan yang dihasilkan oleh sarana komunikasi modern untuk mengkomunikasikan pesan Injil.

2. Sejak kapan HKS (Komunikasi Sedunia) ditetapkan?
Perayaan HKS berasal dari anjuran Konsili Vatikan II. Kesadaran ini terungkap dalam pernyataan pembukaan konstitusi pastoralGaudium et Spes tentang “Gereja dalam Dunia Modern”, yang mengatakan “Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga”.

3. Apa nama dekrit Konsili Vatikan II yang membahas secara khusus tentang pastoral komunikasi?
Inter Mirifica, dekrit tentang upaya-upaya komunikasi sosial. Dekrit ini diterbitkan di Roma pada 4 Desember 1963.

4. Kapan Bapa Suci mengeluarkan pesan HKS (Hari Komunikasi Sedunia) ?
Pada peringatan wajib St. Fransiskus de Sales, pelindungKomsos.Tanggal 24 Januari.

5. Kapan Gereja Katolik merayakan HKS (Hari Komunikasi Sedunia) setiap tahun?
Hari Minggu setelah Hari Raya Kenaikan, yaitu pada MingguPaskah VII.

6. Untuk tahun 2017, pada tanggal berapa Gereja Katolik merayakan HKS (Hari Komunikasi Sedunia) ?
Tanggal 28 Mei 2017.

7. Apa tema HKS (Hari Komunikasi Sedunia) 2017?
“Jangan Takut, Aku Besertamu”: Komunikasikan Harapan danIman.

8. Apakah tujuan pilihan tema tersebut?
Tujuan pilihan tema ini adalah suatu ajakan untuk memaparkan dan menyapa sejarah dunia dan kisah-kisah laki-laki dan perempuan menurut logika “Injil Yesus Kristus” yang mengingatkan bahwa Allah tidak pernah berhenti menjadi seorang Bapa bagi anak- anak-Nya dalam situasi apapun yang menyangkut hidup manusia.

9. Manakah teks Kitab Suci yang menjadi dasar tema HKS(Hari Komunikasi Sedunia) 2017?
Yes 43:5 “Jangan takut, Aku menyertai kamu”.

10. Manakah kata-kata utama dalam tema HKS (Hari Komunikasi Sedunia) 2017?
Kesadaran akan “kepercayaan dan pengharapan”: “Jangan takut” karena solidaritas Allah Bapa dalam Yesus Kristus sebagai Terang dan Hidup menghalau kecurigaan, kecemasan sertaketakutan.

11. Mengapa “jangan takut” melakukan komunikasi?
Dalam keadaan dunia yang tidak pasti, Yesus Kristus tetap menulis sejarah keselamatan, yaitu kehadiran Kerajaan Allah.Komunikasi sosial merupakan bagian utuh dari komunikasi iman dalam mengembangkan perjumpaan manusiawi yang bermartabat anak-anak Allah.Para murid Yesus Kristus mendapat panggilan dan perutusan untuk mengupayakan keselarasan dan keseimbangan hidup di dunia ini.

12. Siapakah sasaran utama dari tema tersebut?
Para murid Kristus dan semua yang berkehendak baik: komunikasikan kepercayaan dan pengharapan. Generasi muda yang lahir dalam kemajuan teknologi komunikasi sebagai penggiat dalam media sosial, harus belajar bagaimana mengembangkan kepercayaan dan pengharapan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi. Para pelaku dalam dunia komunikasi perlu waspada, agar pesannya menjadi daya konstruktif bersama untuk memelihara persatuan dan kesatuan dalam suatu peradaban yang menghormati serta menghargai martabat manusiawi, yang sejatinya berada dalam perbedaan: layanan media sosial harusmemperkuat persahabatan dan persaudaraan.

13. Manakah dasar Kristiani dalam komunikasi sosial?
Allah Bapa membangun komunikasi dengan umat manusia di dalam Yesus Kristus.Siapa melakukan komunikasi menurut teladan Yesus Kristus berada dalam jalinan komunikasi dengan Allah, sumber kebenaran dan hidup. Injili Yesus Kristus harus menjadi kaidah dasar dalam melakukan komunikasi sosial: politik, sosial, ekonomi dan budaya.

14. Bagaimana tanggapan tema HKS (Hari Komunikasi Sedunia) 2017 terhadap teknologi komunikasi?
Kemajuan teknologi komunikasi di dunia adalah anugerah Tuhan bagi umat manusia.Teknologi komunikasi mudah-mudahan menjadi sarana untuk mempersatukan semua orang dalam lingkungan hidup yang selaras. Kemajuan teknologi komunikasi harus mengembangkan jalinan hidup berdasarkan martabat manusiawi yang sama dan setara. Keterjangkauan semua orang pada media komunikasi mudah-mudahan menyuburkan dan memperkaya keadilan dan perdamaian dalam rumah kita bersama.

15. Manakah hubungan tema HKS (Hari Komunikasi Sedunia) 2017 dengan ketidakpedulian global?
Kepercayaan dan pengharapan akan kehadiran Tuhan dalam perjalanan bersama mengajak kita untuk peduli timbal balik dalam membangun kesejahteraan dan kebaikan bersama. Di tengah terjangan perubahan kemajuan teknologi dengan dampak-dampaknya, persekutuan gereja perlu mencermati perkembangan global tentang kecurigaan, kecemasan, dan ketakutan dalam perjalanan sejarah manusia.

16. Di manakah tema HKS (Hari Komunikasi Sedunia) 2017 harus diperdalam dan dipraktekkan?
Di dalam persekutuan gerejawi setempat: KUB, Kapela, Stasi dan Paroki; terutama di dalam keluarga dan sekolah. Para pelaku industri teknologi komunikasi tidak hanya punya kacamata “keuntungan material”, tetapi bagaimana menghadirkan kemajuan teknologi untuk menjalin hubungan yang penuh persaudaraan dan persahabatan: suatu bentuk perjumpaan yang mengembangkan peradaban kasih.

17. Apakah yang diharapkan dari perayaan HKS (Hari Komunikasi Sedunia) 2017?
Persekutuan gerejawi kita belajar dari Yesus, bagaimana membangun komunikasi sosial dalam perjalanan hidup bersama.Kehadiran umat Katolik menjadi saksi hidup dari komunikasi kebaikan Tuhan di dalam masyarakat majemuk.Hasilnya harus menjadi bagian utuh dari kisah sejarah yang berkelanjutan secara manusiawi dalam kepercayaan dan pengharapan.Yang utama adalah bagaimana kita tumbuh berkembang dalam kemerdekaan anak-anak Allah dengan menggunakan media sosial.

18. Bagaimana upaya pendidikan dalam komunikasi sosial?
Pendidikan komunikasi sosial pertama-tama berasal dari hidup rumah tangga sebagai Gereja rumah tangga.Dengan belajarmembangun disiplin hidup, persekutuan gerejawi kita mampu menjadi bentara-bentara Injil Yesus Kristus dalam dunia yang cepat berubah.Perubahan sosial yang cepat mendesak persekutuan gereja untuk memberdayakan diri dalam menjalin relasi sesama yang menghasilkan persaudaraan dan persahabatan.

19. Kacamata manakah yang perlu dipakai oleh umat Kristiani dalam memandang realitas dunia ini?
Persekutuan para murid Yesus Kristus mempunyai kacamata khusus, yaitu Injil Yesus Kristus. Dengan belajar dari gaya berkomunikasi Yesus, kita berkembang sebagai saksi-saksi dari gaya komunikasi yang menumbuhkan kepercayaan antar sesama dan menggerakkan perjalanan bersama dalam bingkai Kerajaan Allah. Keadaan seputar dunia kita perlu mendapatkan pendekatan dalam semangat injili, agar kita mampu menghadirkan nuansa baru dalam perjuangan kita demi memperbesar kebaikan dan kesejahteraan bersama, karena di dalam Kristus, kita menemukan kekuatan perjumpaan di tengah kelemahan dan kerapuhan manusiawi.

20. Apa himbauan Sri Paus Fransiskus kepada para pelaku sosial media?
Paus Fransiskus mendorong para pelaku sosial media (wartawan, industri alat komunikasi, dan penanggung jawab media) untuk menawarkan ‘berita-berita baik’ sebagai bagian utuh dari kisah sejarah yang membangun jalinan antara manusia, yaitu budaya hidup rukun demi kebaikan bersama. Berita-berita yang agak negatif perlu ditempatkan pada bingkai keadilan dan perdamaian dalam upaya membangun dunia secara konstruktif.

21. Bagaimana kekuatan kacamata Injil Yesus Kristus?
Gaya Yesus berkomunikasi adalah berjumpa dengan sesama yang memiliki kebebasan untuk menerima pesan dalam rasa syukur.Oleh karena itu, Yesus sering menggunakan perumpamaan dalam menyampaikan pengajaran, agar para pendengar-Nya mendapat kesempatan untuk mencermati dan mengadakan pilihan yang tepat bagi pemikiran dan praktek hidupnya.

 

PENJELASAN DESAIN POSTER PKSN KWI 2017

Antena & Bumi:
simbol kegiatan komunikasi

Kepala antena:
berbentuk kepala Paus, bahwa yang dikomunikasikan ke seluruh dunia adalah pesan Paus sebagai agen kabar baik.

Sinyal putih: melambangkan iman ‘yang dikomunikasikan’.

Sinyal hijau tua-muda: melambangkan harapan ‘yang dikomunikasikan’.

Tangan Yesus Kristus: melambangkan
“Jangan takut, Aku beserta-Mu.”

Bayangan merpati dan api:
penyertaan Roh Kudus.

Tujuh simbol media: berurut melambangkan perkembangan media: orasi – koran
– radio – TV – komputer – HP. Satu lagi di tengah, simbol dialog, perjumpaan:
amanah Paus untuk cara komunikasi Perjumpaan langsung.

Tulisan “No Hoax” : misi umat Katolik dalam komunikasi, waspada terhadap berita bohong.

 

Sumber : KOMSOS KWI

Related Posts

  • 64
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18  dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari  dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dalam, di
  • 63
    16 MEI 2010 Imam dan Pelayanan Pastoral di Dunia Digital: Media Baru demi Pelayanan  Sabda   Saudara dan Saudariku Terkasih, 1.   Tema Hari Komunikasi Sedunia tahun ini - Imam dan Pelayanan Pastoral di Dunia Digital: Media Baru demi Pelayanan  Sabda- disampaikan bertepatan  dengan  perayaan Gereja tentang Tahun Imam.  Tema ini memusatkan perhatian pada komunikasi digital, suatu bidang pastoral…
    Tags: yang, dan, untuk, di, komunikasi
  • 60
    Dibacakan/diterangkan hari Sabtu-Minggu, 21-22 Januari 2017 “Menghadirkan Gereja Yang Inklusif, Inovatif dan Transformatif dalam Masyarakat Multikultural” Saudari-saudaraku yang terkasih, Kita semua bersyukur memasuki tahun kedua Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang (ARDAS KAS) 2016-2020. Tema pelayanan pastoral tahun 2017 adalah “Menjadi Gereja yang Inklusif, Inovatif dan Transformatif yang Hidup Bergairah dalam Masyarakat Multikultural”. Tema ini berbingkai…
    Tags: yang, dan, dalam, kristus, untuk