Rekoleksi Pasutri Katolik Paroki Sragen: Katakan Ya untuk Kemuliaan Tuhan

reoleksi prodiakon pasutri 5

Karangpandan (LENTERA) - Tantangan keluarga di dunia modern semakin besar dan semakin kompleks, terutama tantangan yang dihadapi oleh keluarga Kristiani. Meluangkan waktu sejenak untuk hening dan menemukan kehendak Allah sangat penting untuk dilakukan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah rekoleksi.

Tim Kerja Prodiakon dan Couple for Christ (CFC) Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen mengadakan rekoleksi pasangan suami istri (pasutri) dengan tujuan untuk menyegarkan hidup berkeluarga pasutri Katolik. Tema yang diingin direnungkan yaitu “Katakan Ya untuk Kemuliaan Tuhan dan Cinta Sesama”.

Ada 98 orang peserta yang mengikuti rekoleksi yang diselenggarakan di Bukit Hermon, Karangpandan tersebut. Sabtu (23/9, pukul 17.00, upacara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa pembuka Bapak Ignatius Marsono, sambutan oleh Bapak Yosep Sukimin dan Bapak Albertus Hanung Tri Wibowo.

Pada sesi pertama, Bapak Mikael Sridadi dan Bapak Florianos Paulus Suparjo, Timker Prodiakon Paroki Purbowardayan, memberikan pemahaman tentang tugas-tugas Prodiakon.

Pada sesi kedua, pukul 18.00, Romo Antonius Budi Wihandono Pr, Vikaris Episkopalis Surakarta, mengajak peserta untuk lebih mengenal diri, dengan membawa Tuhan di dalam setiap segi kehidupan, mengubah segala kekurangan menjadi sebuah kelebihan dan menjadi berkat bagi sesama.

Minggu (24/9), pada sesi ketiga dan keempat, Romo Budi Wihandono menyampaikan materi tentang “Bagaimana Menjadi Pribadi yang Dewasa” dan “Lima Pilar Gereja”. Romo Budi mengajak peserta untuk mewujudkan iman yang semakin nyata dalam kehidupan dengan senantiasa perpegang pada 5 pilar gereja: liturgia, martyria, koinonia, kerygma, diakonia. Romo juga mengajak perserta untuk berperan serta dalam tiga misi keselamatan Kristus yaitu sebagai imam, raja dan nabi yang diwujudnyatakan dengan menjadi pewarta kabar gembira, mencintai sesama yang teraktualisasi dalam hidup berkeluarga dengan saling melayani pasangan dan anggota keluarga sehingga terbentuklah keluarga yang harmonis yang dekat dengan Tuhan. (_kris)

Related Posts

  • 76
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18  dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari  dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dengan, dalam, di
  • 75
    (23 Oktober 2016) GEREJA MISIONER, SAKSI KERAHIMAN Saudara dan saudari terkasih, Yubileum Agung Kerahiman, yang sedang kita rayakan, memberikan cahaya terang bagi Hari Minggu Misi Sedunia 2016: Ia mengajak kita untuk merenungkan misi ad gentes sebagai misi besar melalui karya kerahiman, baik rohani dan jasmani. Pada Hari Minggu Misi Sedunia ini, kita semua diundang untuk…
    Tags: dan, yang, untuk, dengan
  • 74
    BERJUMPA DENGAN ALLAH DALAM KELUARGA “Mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu” (Luk 2:16) Dalam perayaan Natal tahun ini, kami mengajak seluruh umat Kristiani untuk menyadari kehadiran Allah di dalam keluarga dan bagaimana keluarga berperan penting dalam sejarah keselamatan. Putera Allah menjadi manusia. Dialah Sang Imanuel; Tuhan menyertai kita. Ia hadir…
    Tags: dan, keluarga, yang, dalam, di, untuk, dengan, menjadi