Ajakan Dewan Paroki Sragen dalam rangka Hari Orang Miskin Sedunia

kemiskinan

Paus Fransiskus telah menetapkan setiap tanggal 19 November sebagai Hari Orang Miskin Sedunia (HOMS).

Tiga hal sederhana namun mendasar disebut oleh Paus Fransiskus dalam pesan yang ditulisnya saat penetapan Hari Orang Miskin Sedunia tersebut, yaitu :

1. Kita dipanggil untuk mendekati, menjumpai, bertatap muka, memeluk orang miskin dan membiarkan mereka merasakan kehangatan kasih yang memecah kesepian mereka

2. Kita diajak untuk mendengarkan jeritan orang miskin dan membangun komitmen untuk mengakhiri peminggiran mereka

3. Wajah-wajah kemiskinan hadir dalam diri kaum perempuan, laki-laki dan anak-anak yang mengalami eksploitasi karena kerakusan manusia, diremuk oleh mesin uang dan kekuasaan.

Atas dasar tiga hal tersebut diatas dan hasil pertemuan Dewan Paroki Bidang 3 bersama Romo Laurensius Andika Bhayangkara pada Selasa, 14 November 2017, kami menghimbau dan mengajak seluruh umat di Paroki Sragen untuk ikut serta mendukung dan terlibat dalam memperingati Hari Orang Miskin Sedunia 2017 dengan cara :

1. Berdoa, menghayati dan memahami dengan sungguh-sungguh doa “Bapa Kami” setiap hari secara terus menerus, minimal sekali dalam satu hari. Doa “Bapa Kami” adalah doa orang miskin. Yesus mengajarkan kepada kita untuk mengatasi segala bentuk sikap ingat diri sendiri (egoisme)

2. Melakukan aksi nyata (aksi sosial), bentuk kegiatan diserahkan kepada masing-masing lingkungan sebagai bentuk keberpihakan kita kepada orang miskin di sekitar kita. Bisa dilakukan secara individu, keluarga atau lingkungan (bukan suatu gerakan yang fenomenal/heboh atau sekedar pemenuhan ajakan saja namun bisa membawa kita semakin peka terhadap derita orang miskin sebagai wujud bahwa kita mengikuti Yesus dalam kemiskinannya)

3. Ketua Stasi, Ketua Wilayah dan Ketua Lingkungan dimohon bisa membagikan himbauan ini kepada semua umat di lingkungannya masing-masing dan silakan mengunggah foto-foto kegiatan ini di Grup WA Ka. Stasi/Ka. Wil/Ka. Ling.

.
Demikian himbauan dan ajakan kami untuk menyambut dan memperingati Hari Orang Miskin Sedunia 2017, atas perhatian dan partisipasi seluruh umat Paroki Sragen kami sampaikan terimakasih.

.

.

Sragen, 16 Nopember 2017

Hormat kami,

.
Koordinator TK. PSE

Yohanes Dody Nirmolo

.

Ketua Bidang III Dewan Paroki Sragen Paroki Sragen
Robertus Ari Anggoro 

 

Mengetahui,

Pastur Paroki Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen

Medardus Sapta Margana, Pr.

Related Posts

  • 76
    Hari Minggu ke-33 di Masa Biasa 19 November 2017 Marilah kita mencintai, bukan dengan kata-kata melainkan dengan perbuatan 1. "Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran" (1 Yoh 3:18), Kata-kata rasul Yohanes ini menyuarakan perintah yang tidak boleh diabaikan oleh orang Kristen manapun. Kesungguhan dalam perintah…
    Tags: dan, yang, kita, orang, dalam, miskin
  • 70
    Mempercayakan diri kepada Yesus yang berbelas kasih seperti Maria: “Lakukanlah apa pun yang Dia katakan padamu” (Yoh 2:5) Saudari-saudara terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-24 memberi saya kesempatan khusus untuk mendekatkan diri kepada Anda, sahabat-sahabat terkasih yang sakit, dan kepada mereka yang merawat Anda. Tahun ini, karena Hari Orang Sakit akan dirayakan dengan khidmat di…
    Tags: yang, dan, kita
  • 68
    “Diutus Menjadi Garam dan Terang Bagi Masyarakat” Dibacakan/diterangkan pada hari Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2016     Saudara-saudariku yang terkasih Memasuki tahun 2016, umat Allah KAS telah memiliki ARDAS VII untuk periode 2016-2020. Dalam semangat ARDAS yang baru ini, kita ingin menapaki peziarahan iman, dengan bergotong royong memperjuangkan Peradaban Kasih melalui hidup bersama yang sejahtera, bermartabat…
    Tags: dan, yang, kita, dalam