Peziarahan Iman

Taman Doa Ngrawoh

Gegap gempita Perayaan Hari Ulang Tahun Paroki Sragen ke-60 tahun yang dilaksanakan di bulan Oktober telah terlaksana dengan meriah. Kegembiraannya masih terasa di dalam ingatan kita. Perayaan tersebut, terasa spesial dengan peristiwa bersejarah yaitu pemberkatan Taman Doa Santa Perawan Maria di Fatima Ngrawoh oleh Mgr Robertus Rubiyatmoko dan peresmian oleh Ibu Bupati Sragen, Ibu Kusdinar Yuni Sukowati. Dengan perberkatan dan peresmian Taman Doa Ngrawoh tersebut, umat Paroki Sragen resmi memiliki tempat peziarahan yang akan selalu mengingatkan umat Sragen dan para peziarah untuk selalu menghidupi spiritualitas pertobatan.

Namun, pembangunan Taman Doa Ngrawoh belum berakhir. Masih ada beberapa bagian yang masih harus dibenahi, ada beberapa bagian yang masih harus disempurnakan secara fisik bangunan. Pembangunan yang masih harus diupayakan dan diperjuangkan terus menerus adalah pembangunan iman. Semangat atau spiritualitas pertobatan seturut pesan Bunda Maria harus diwujudnyatakan menjadi habitus. Habitus pertobatan itu yang menggiring kita, umat Paroki Sragen, untuk membangun peradaban kasih lewat pertobatan yang kita lakukan.

Kalau kita merenungkan proses pembangunan Taman Doa Ngrawoh, ada banyak kisah-kisah yang menyertainya. Kisah gembira, sedih merupakan suatu kisah perziarahan iman umat Paroki Sragen yang menanggapi panggilan Tuhan yaitu menghadirkan semangat pertobatan dari Bumi Sukowati menuju ke seluruh penjuru dunia. Tujuannya adalah setiap orang yang mendengar pesan pertobatan tersebut tersentuh hatinya, terbuka pikirannya, mengulurkan kedua tangannya untuk mau dibimbing Roh Kudus untuk menanggapi ajakan pertobatan tersebut.

Paroki Sragen Punya Gawe
Tahun 2017 sudah hampir berakhir. Pada bulan November-Desember kita mempersiapkan perayaan Natal dan Tahun baru. Kegiatan yang pasti terjadi adalah latihan dan persiapan Natal.

Pada tahun 2018, ada gawe yang besar akan dilaksanakan oleh Paroki Sragen yaitu kegiatan Jaringan Komunikasi (Jarkom). Jarkom adalah pertemuan organisasi pelajar Katolik se-Keukupan Agung Semarang yang pada tahun 2018 dilaksanakan di Paroki Sragen. Kegiatan tersebut akan menguras perhatian dan tenaga. Kegiatan tersebut juga membutuhkan dana yang cukup besar. Walaupun kegiatan tersebut adalah kegiatan untuk pelajar Katolik dan yang mempunyai kerja adalah Dewan Paroki Sragen, tetapi Jarkom juga butuh dari berbagai kalangan. Apakah saudara tertarik untuk ambil bagian di dalamnya?

Peziarahan di Dunia
Kegiatan yang terjadi di Paroki Sragen menandakan adanya kehidupan iman yang terus-menerus diperjuangkan. Kita adalah peziarah yang terus berjalan menuju kepada Sang Sumber Kehidupan. Kapan peziarahan kita akan berakhir, itu tergantung Tuhan yang mempunyai kehidupan. Yang harus kita lakukan adalah terus-menerus berlari sampai pada garis akhir. Santo Paulus berkata dalam Kisah Para Rasul (Kis20:24) “Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.”

Peziarahan iman yang dilakukan oleh Santo Paulus sampai titik akhir. Bagaimana Santo Paulus yang adalah seorang yang pernah menolak Yesus di awal sejarah hidupnya, menyerahkan dirinya hingga akhir hayatnya untuk Yesus yang pernah ditolaknya. Paulus sosok orang yang berani keluar dari zona nyaman yang membelenggunya di di dalam doa. Dia keluar dari zona nyaman dan memperbaiki hidupnya menanggapi panggilan Tuhan dengan pertobatan. Apa saudara mau menanggapi pilihan?

Tim Redaksi Lentera

Related Posts

  • 82
    Mempercayakan diri kepada Yesus yang berbelas kasih seperti Maria: “Lakukanlah apa pun yang Dia katakan padamu” (Yoh 2:5) Saudari-saudara terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-24 memberi saya kesempatan khusus untuk mendekatkan diri kepada Anda, sahabat-sahabat terkasih yang sakit, dan kepada mereka yang merawat Anda. Tahun ini, karena Hari Orang Sakit akan dirayakan dengan khidmat di…
    Tags: yang, dan, kita
  • 77
    MISI DI JANTUNG HATI IMAN KRISTIANI Saudari-saudara terkasih, Sekali lagi tahun ini, Hari Minggu Misi Sedunia menyatukan kita bersama di sekeliling pribadi Yesus, “Penginjil pertama dan terbesar” (Paus Paulus VI, Evangelii Nuntiandi, 7), yang terus menerus mengutus kita untuk mewartakan Injil cinta Allah Bapa dalam kuasa Roh Kudus. Hari Minggu Misi ini mengundang kita untuk…
    Tags: yang, dan, untuk, kita
  • 73
    PESAN NATAL BERSAMA PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA DI INDONESIA (PGI) DAN KONFERENSI WALIGEREJA INDONESIA (KWI) Tahun2016 "HARI INI TELAH LAHIR BAGIMU JURUSELAMAT, YAITU KRISTUS, TUHAN, DI KOTA DAUD" (Lukas 2:ll)   Saudari-Saudara umat Kristiani di Indonesia, Setiap merayakan Natal hati kita dipenuhi rasa syukur dan sukacita. Allah berkenan turun ke dunia, masuk ke dalam hiruk-pikuk kehidupan kita.…
    Tags: kita, dan, yang