Pembekalan Adven: Belajar Menghidupi Nilai-nilai Pancasila dalam Terang Iman

Pembekalan Adven

Paroki Sragen (LENTERA) – Pembekalan Pemandu Adven Minggu (26/11) di SMP Saverius Sragen merupakan agenda rutin tahunan menjelang masa Adven. Tema yang diangkat masa Adven tahun 2017 ini adalah: “Dalam Terang Iman, Menghidupi Nilai-Nilai Pancasila ”

Kegiatan pembekalan pemandu dibuka oleh Bp. Yustinus Winarno, ketua Bidang I Dewan Paroki Sragen. Bapak Yus memberikan pemahaman kepada pemandu Adven lingkungan untuk menghidupi semangat pahlawan nasional yang mempunyai orientasi persatuan dan kesatuan tanpa memandang agama dan keyakinan. “Tugas perutusan Yesus, yakni sebagai Imam, Nabi, dan Raja: menguduskan, mewartakan, dan membimbing, hendaklah menjadi pendorong bagi kita dalam menerapkan pelopor peradaban kasih, ” kata pak Yus memberikan penjelasan.

Sedangkan Bp. Ayub (Tim Kerja Pewartaan Paroki Sragen) mengatakan bahwa Terang Iman Menghidupi Nilai-Nilai Pancasila perlu ditanamkan kepada anak-anak, kaum muda, dan orang tua. Bapak Ayub menekankan bahwa semangat Ketuhanan yang Maha Esa harus diresapkan dengan agar semangat nasional semakin mengakar.

Peserta diajak merenungkan tentang empat sub tema yang akan direnungkan pada pertemuan Adven, yaitu Pertemuan pertama: Menjunjung Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dalam hidup menggereja dan berbangsa; Pertemuan Kedua: Menjunjung nilai kemanusiaan dan keadilan dalam tata hidup bersama; Pertemuan Ketiga: Menjunjung nilai persatuan dan musyawarah dalam hidup bermasyarakat dan bernegara; Pertemuan Keempat: Menantikan Kristus Dalam Semangat Nilai-Nilai Pancasila.

Dalam pertemuan tersebut juga dijelaskan bagaimana pemaknaan penyalaan lilin Korona Adven yang dinyalakan setiap minggunya. Serta bagaimana penyalaan lilin tersebut dimaknai sebagai pertobatan dan pengharapan akan kedatangan Yesus. (Andreas)

Related Posts

  • 70
    Saudara-saudara terkasih di dalam Yesus Kristus, 1. Kita patut menaikkan syukur ke hadirat Allah dalam Yesus Kristus, sebab atas anugerah-Nya bangsa dan negara kita dapat mengukir karya di tengah sejarah, khususnya dalam upaya untuk bangkit kembali serta membebaskan diri dari berbagai krisis yang mendera sejak beberapa tahun terakhir ini. Anugerah, penyertaan dan bimbingan Tuhan bagi…
    Tags: dan, yang, dalam
  • 69
    “Satu hati bagi bangsa mewujudkan Peradaban Kasih di Indonesia” Dibacakan/diterangkan pada Hari Raya Santa Perawan Maria diangkat ke surga; Sabtu-Minggu, 13 - 14 Agustus 2016   Saudara-saudariku umat Katolik Keuskupan Agung Semarang, Para Pejuang Senior, Veteran, dan sahabat-sahabat muda yang penuh semangat: SALAM BAHAGIA, karena kasih dan kemerdekaan yang Tuhan berikan bagi kita. SALAM PERJUANGAN…
    Tags: dan, yang, dalam
  • 67
    “Diutus Menjadi Garam dan Terang Bagi Masyarakat” Dibacakan/diterangkan pada hari Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2016     Saudara-saudariku yang terkasih Memasuki tahun 2016, umat Allah KAS telah memiliki ARDAS VII untuk periode 2016-2020. Dalam semangat ARDAS yang baru ini, kita ingin menapaki peziarahan iman, dengan bergotong royong memperjuangkan Peradaban Kasih melalui hidup bersama yang sejahtera, bermartabat…
    Tags: dan, yang, dalam