REKAT : Belajar menjadi Fasilitator

WhatsApp Image 2018-07-25 at 19.20.42

Jenawi (LENTERA) - Awal bulan Juni tahun ini telah terlaksana Rekoleksi REKAT (Remaja Katolik) tahun 2018 yang bertema ” Breaking The Habit ” yang diadakan di Gereja Animasi Jenawi dengan dinamika baru tentunya yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh segenap panitia dan fasilitator. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 78 remaja (Kelas 6 SD – 2 SMP) ini terlaksana selama 3 hari 2 malam tepatnya pada tanggal 1- 3 Juni 2018 lalu.

Pada setiap rekoleksi tentu saja ada fasilitator yang akan mendampingi selama dinamika di Jenawi. Dari tahun ke tahun fasilitator Rekoleksi REKAT adalah kaum muda dari OMK Sragen , tetapi berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk Rekoleksi Rekat tahun 2018 ini FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik) Sragen boleh mendapat kesempatan menjadi fasilitator. Tentu saja FKPK tidak sendiri, tetapi senantiasa ada bimbingan dari kakak- kakak OMK yang turut mempersiapkan FKPK menjadi fasilitator pada Rekoleksi REKAT tahun ini.

Ada banyak proses yang harus dilalui untuk menjadi fasilitator, terlebih ini adalah pengalaman pertama bagi FKPK, mulai dari membuat konsep, teknis- teknis, rincian kegiatan, dan tentu saja menerapkan tujuan dan refleksi pada setiap kegiatannya yang akan menjadi dinamika di Rekoleksi REKAT 2018 ini. Dalam setiap proses tentu tidaklah lepas dari berbagai tantangan yang mampu menjadi sarana belajar bagi FKPK Sragen, misalnya saja kekhawatiran mengenai jarak usia yang tidak begitu jauh antara FKPK (SMA kelas ) dengan Remaja Katolik (6 SD – 2 SMP) , kekhawatiran mengenai setiap teknis pelaksanaan dinamikanya, tetapi kembali lagi sebab bagi Tuhan tak ada yang mustahil, dan faktanya, beberapa hal yang awalnya menjadi kekhawatiran justru telah menjadi kekuatan bagi fasilitator Rekoleksi Rekat tahun ini. “Ternyata menjadi fasilitator itu mengesankan, justru disini kita bisa saling belajar dengan adik adik REKAT dengan berbagai pribadi yang unik” ungkap salah satu fasilitator dari FKPK Sragen.

Tak hanya, menjadi fasilitator tetapi FKPK Sragen juga belajar menjadi konseptor dalam sebuah kegiatan, khususnya Rekoleksi Rekat tahun ini. Yang dimaksud menjadi konseptor aadalah FKPK juga turut belajar dan berproses dalam membuat konsep acara dan dinamika selama 3 hari 2 malam meliputi rundown dan rincian di dalamnya. Dimana pada hari pertama, konsep yang dibuat adalah bagaimana peserta menyadari bahwa “Aku dicintai Tuhan, aku dikasihi Tuhan, Aku diberkati Tuhan, dan aku mau membuat komitmen atas diriku untuk-Nya”. Kemudian pada hari kedua pagi hingga sore goal yang akan dicapai adalah “Aku mau mewujudkan komitmenku pada Tuhan melalui relasi dengan sesama”.

Pada malam puncak dan hari ketiga goal yang akan dicapai adalah “Aku mau mengikuti Yesus dan memanggul salib hingga garis akhir”. Tentunya setiap goal yang diambil selalu bersumber pada ayat-ayat di Kitab Suci. Semoga mereka yang boleh belajar dari Rekoleksi Rekat tahun ini memiliki kemauan serta kerelaan hati agar semakin banyak kaum muda yang mau terlibat untuk menjadi bentara peradaban kasih di zaman yang serba modern ini.

Related Posts

  • 61
    ROMO ROBERTUS HARDIYANTA, PR Pembaca LENTERA yang dikasihi dan mengasihi Tuhan, “Beli mentimun di pasar malem, kula nuwun Berkah Dalem!” Biasanya umat itu “niteni” kata-kata atau sesuatu yang menjadi kekhasan seorang Rama yang berkarya di parokinya. Dua ungkapan di atas adalah salah satu ciri khas ketika Rama HAR, begitu panggilan akrab untuk saya, memulai homili…
    Tags: di, yang, dan, tahun, ini
  • 61
    Jenawi (LENTERA) – Rekoleksi Remaja Katolik (REKAT ) adalah kegiatan tahunan yang dilakukan REKAT sebagai kegiatan penyegaran serta reorganisasi pengurus . Rekoleksi Rekat mengangkat tema “Breaking The Habit”. Kegiatan yang dilaksanakan di Gereja Animasi Jenawi diikuti oleh 78 orang remaja usia kelas 6 SD - 2 SMP, pada hari Jumat hingga Minggu, 1- 3 Juni.…
    Tags: rekoleksi, yang, dan, dengan, rekat, pada, fasilitator, aku, menjadi, di
  • 59
    Kata resolusi menjadi kata yang tren ketika mulai menapaki tahun yang baru. Resolusi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, resolusi mempunyai arti putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah/sidang), resolusi bisa berupa pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.Menurut laman situs wikipedia org, resolusi tahun baru adalah suatu janji…
    Tags: yang, di, tahun, ini, dan, dengan