Ziarah Lingkungan Veronika Krapyak: Belajar Kontemplasi di Rawaseneng

WhatsApp Image 2018-06-13 at 07.24.52

Temanggung (LENTERA) – Berbekal semangat untuk memaknai Bulan Katekese Liturgi dan Bulan Maria, serta keinginan yang kuat untuk lebih mendekatkan diri dengan Sang Bunda, umat Santa Veronica Krapyak melakukan wisata religi ke Pertapaan Santa Maria Rawaseneng Temanggung dan Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan, Gantang Magelang, Minggu (27/5).

Hutan pinus dan hamparan kebun kopi mewarnai perjalanan rombongan menuju Pertapaan Rawaseneng. Pertapaan Rawaseneng adalah pertapaan yang yang asri, sejuk dan tenang dikelilingi oleh kebun kopi, karena tempatnya memang cukup terpencil jauh dari keramaian kota.

Rombongan peziarah mengikuti acara ibadat siang yang dihadiri oleh lima Romo, serta para rahib dengan jubah khas mereka. Selepas ibadat ,dilanjutkan santap siang bersama, kemudian berdevosi secara pribadi di Taman Doa. Suasana kontemplatif memberi ketenangan bagi peziarah yang datang berkunjung.

Perjalanan rombongan peziarah dilanjutkan menuju ke Taman Doa Gantang Magelang. Ikon dari Taman Doa Gantang adalah patung Bunda Maria yang cukup tinggi dan megah, dengan paras Bunda Maria terlihat sangat njawani, teduh penuh kasih. Taman Doa tersebut diresmikan oleh Uskup Agung Mgr Robertus Rubiatmoko, tanggal 31 Oktober 2017.

Rombongan membasuh wajah dengan air pancuran yang sejuk segar,kemudian berdevosi didepan Gua Maria, untuk menghaturkan doa doa pribadi. Kegiatan ziarah diakhiri dengan menyantap nasi megono yang merupakan makanan khas daerah tersebut. Kesan dan kenangan yang cukup menggembirakan ketika peziarah pulang ke Sragen. (V sri murdowo)

Related Posts

  • 66
    (23 Oktober 2016) GEREJA MISIONER, SAKSI KERAHIMAN Saudara dan saudari terkasih, Yubileum Agung Kerahiman, yang sedang kita rayakan, memberikan cahaya terang bagi Hari Minggu Misi Sedunia 2016: Ia mengajak kita untuk merenungkan misi ad gentes sebagai misi besar melalui karya kerahiman, baik rohani dan jasmani. Pada Hari Minggu Misi Sedunia ini, kita semua diundang untuk…
    Tags: dan, yang, untuk, dengan
  • 60
    Segenap umat Katolik yang terkasih, Konferensi Waligereja Indonesia menyelenggarakan sidang tahunan pada tanggal 6-16 November 2017 di Jakarta. Sidang dimulai dengan hari studi yang mengangkat tema Gereja Yang Relevan dan Signifikan: Panggilan Gereja Menyucikan Dunia. Tema tersebut diolah dengan mendengarkan masukan para narasumber, didalami dalam diskusi kelompok, dipaparkan dalam rapat pleno, dan dilengkapi dengan catatan…
    Tags: dan, yang, dengan, di, untuk
  • 59
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18 ¬†dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari ¬†dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dengan, di