Revitalisasi Program Kerja : Pohon Bisa Dilihat dari Buahnya

Revitalisasi DPP Sragen

Paroki Sragen (LENTERA) – Kegiatan Revitalisasi Program Kerja Dewan Pastoral Sragen dilaksanakan di SMA Saverius Sragen, pada hari Sabtu-Minggu, 2-3 Maret. Kegiatan yang diprakarsai oleh Dewan Harian Paroki Sragen tersebut mengajak seluruh pengurus dewan pastoral  yang  baru dilantik pada bulan Februari untuk bersama-sama menyamakan visi dan misi dalam pelayanannya.

Pada sesi pertama, Sabtu sore (2/3), Romo Sapta dan Romo Andika mengajak pengurus dewan pastoral yang baru untuk merancang program kerja, selaras dengan fokus pastoral yang berdasarkan Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang. Program kerja yang dibuat berdasarkan analisis data umat Paroki Sragen.

Pada kedua, Minggu (3/3), pengurus Dewan Pastoral mendapatkan pembekalan oleh Romo FA. Purwanto, SCY. Romo Purwanto mengajak peserta yang hadir untuk lebih memaknai bahwa salib Kristus bukanlah sebagai penderitaan melainkan sebagai kemuliaan di mana Yesus memuncratkan Roh-Nya kepada siapapun.  Dalam Roh Kristus tersebut, hidup seseorang diubah. Roh tersebut membimbing setiap orang untuk memilih dan bertindak, ada yang jadi mata, ada jadi kaki, jadi kepala. Romo mengatakan bahwa pelayanan harus menghadirkan Yesus hadir, konkret di dalam budaya setempat serta mewujudkan kesejahteraan seluruh umat, masyarakat.

Romo menegaskan bahwa fungsi pastoral adalah menyembuhkan dan mengatasi kerusakan, mendukung  umat beriman agar terarah pada Allah, membimbing umat beriman yang berada kebingungan dan mengambil tindakan, memulihkan hubungan yang rusak antara manusia dengan manusia, manusia dengan Allah, memelihara kestabilan, memberdayakan dan mengembangkan potensi-potensi dan kemampuan anggota.

Di akhir  sesi Romo mengajak dewan pastoral untuk “sumeleh” menyerahkan segala rencana pada kuat kuasa Tuhan, dan membiarkan Roh Kudus membimbing  dan berkarya, sehingga menghasilkan buah sesuai dengan apa yang ditanam. “Pohon dilihat dari buahnya…”, kata Romo Purwanto memberikan analogi. Kegiatan revitalisasi program kerja tersebut dipuncaki dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Purwanto, Romo Sapta Margana, dan Romo Andika.(MDR)

Related Posts

  • 67
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18  dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari  dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dengan, dalam, di
  • 66
    Segenap umat Katolik yang terkasih, Konferensi Waligereja Indonesia menyelenggarakan sidang tahunan pada tanggal 6-16 November 2017 di Jakarta. Sidang dimulai dengan hari studi yang mengangkat tema Gereja Yang Relevan dan Signifikan: Panggilan Gereja Menyucikan Dunia. Tema tersebut diolah dengan mendengarkan masukan para narasumber, didalami dalam diskusi kelompok, dipaparkan dalam rapat pleno, dan dilengkapi dengan catatan…
    Tags: dan, yang, dengan, di, untuk, dalam
  • 65
    PESAN PAUS BENEDIKTUS XVI HARI MINGGU DOA PANGGILAN SEDUNIA KE-46 3 Mei 2009 PANGGILAN : INISIATIF ALLAH DAN JAWABAN MANUSIA Saudara-saudariku terkasih, Bertepatan dengan Hari Doa untuk Panggilan Sedunia yang akan berlangsung pada Hari Minggu ke-4 Masa Paska, tanggal 3 Mei 2009, izinkanlah saya mengajak seluruh umat kristiani untuk merenungkan tema: Panggilan, Inisiatif Allah dan…
    Tags: yang, dan, dalam, manusia, untuk, dengan