Anjangsana OPK Kevikepan Surakarta : RAKA BUMI (Rasa Karsa Rahayuning Bumi)

Anjangsana

Jenawi (LENTERA) – FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik) Sragen mengadakan Anjangsana OPK (Organisasi Pelajar Katolik) se-Kevikepan Surakarta, Sabtu (04/05) s/d Minggu (05/05) di Gereja Stasi Santo Yulius Jenawi dengan tema “RAKA BUMI (Rasa Karsa Rahayuning Bumi). OPK yang ikut serta dalam anjangsana tersebut antara lain FKPK Sragen, SOLISKA Klaten, ISKAB Boyolali, DIKASDIKA Karanganyar, KSKW Wonogiri, PAKAYUMBA Baturetno, dan ISKS Surakarta.

Anjangsana OPK ini merupakan kunjungan untuk melepaskan rasa rindu. Tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan antar anggota OPK. Tema RAKA BUMI (Rasa Karsa Rahayuning Bumi) memiliki arti: Rasa ialah kekuatan halus yang menyelimuti dan menyatu dari setiap gambar-gambar atau citraan terhadap segala sesuatu yang membawa kesan, hal ini sering dinamakan perasaan (emosi pribadi). Karsa yaitu kehendak/tekad, dan yang terakhir Rahayu yang artinya selamat. “RAKA BUMI (Rasa Karsa Rahayuning Bumi)” dapat diartikan, orang muda Katolik harus memiliki rasa untuk bertekad menyelamatkan bumi.

Dalam acara ini para peserta dibagi dalam kelompok, satu kelompok anggotanya terdiri dari berbagai OPK. Mereka berdinamika, sharing tentang pengalaman pribadi, berdoa bersama, bertukar pendapat, hingga menyatukan kreativitas menjadi sebuah pelayanan.

Saat outbound peserta diarahkan 2 rute. Rute pertama melewati jalan aspal dan rumah warga. Outbound terdiri dari game-game yang memiliki maksud tertentu. Pada Big Game semua diuji, karena membutuhkan kerjasama, Dalam big game peserta diajarkan untuk mementingkan kebersamaan, bukan ego masing-masing.

Dalam Outbound peserta diajarkan tentang ketekunan, ketelitian, lebih mengedepankan kebersamaan daripada ego, diajarkan juga tentang kesabaran, kekompakan, dan kepekaan, peka terhadap sesama yang membutuhkan pertolongan maupun peka terhadap panggilan Tuhan. Semua harus saling melengkapi satu sama lain sesuai kutipan Kitab Suci 1 Korintus 12:25-26.

.Selanjutnya peserta diarahkan ke air terjun Semawar, diberi waktu untuk mensyukuri dan menikmati ciptaan Tuhan. Setelah dari air terjun, dilanjutkan Misa alam yang dipimpin oleh Rm.Laurentius Andika Bhayangkara, Pr..Peran Orang Muda Katolik sangat ditunggu oleh Gereja dan masyarakat. Banyak agenda kegiatan yang disusun oleh OMK, yang tentunya membutuhkan keterlibatan kaum muda. Salah satu kegiatan yang akan diadakan adalah JARKOM 42 bertempat di Weler, Kendal (FKPK)

Related Posts

  • 59
    (23 Oktober 2016) GEREJA MISIONER, SAKSI KERAHIMAN Saudara dan saudari terkasih, Yubileum Agung Kerahiman, yang sedang kita rayakan, memberikan cahaya terang bagi Hari Minggu Misi Sedunia 2016: Ia mengajak kita untuk merenungkan misi ad gentes sebagai misi besar melalui karya kerahiman, baik rohani dan jasmani. Pada Hari Minggu Misi Sedunia ini, kita semua diundang untuk…
    Tags: dan, yang, untuk
  • 59
    Saudara-saudara terkasih di dalam Yesus Kristus, 1. Kita patut menaikkan syukur ke hadirat Allah dalam Yesus Kristus, sebab atas anugerah-Nya bangsa dan negara kita dapat mengukir karya di tengah sejarah, khususnya dalam upaya untuk bangkit kembali serta membebaskan diri dari berbagai krisis yang mendera sejak beberapa tahun terakhir ini. Anugerah, penyertaan dan bimbingan Tuhan bagi…
    Tags: dan, yang, dalam
  • 59
    PESAN BAPA SUCI FRANSISKUS UNTUK HARI KOMUNIKASI SEDUNIA 24 Januari 2018 “Kebenaran itu akan Memerdekakan Kamu” (Yoh 8:32) Berita Palsu dan Jurnalisme Perdamaian . Saudara dan Saudari yang terkasih, KOMUNIKASI adalah bagian dari rencana Allah bagi kita dan jalan utama untuk menjalin persahabatan. Sebagai manusia kita diciptakan seturut gambar dan rupa Sang Pencipta, dan karenanya…
    Tags: yang, dan, untuk