Sambut Komuni Pertama

Triduum Komuni I (5)

Jenawi (LENTERA) – Sebagai bentuk persiapan dalam menerima Sakramen Komuni Pertama, anak-anak calon komuni pertama yang berjumlah 42 orang mengikuti Triduum, yang merupakan waktu khusus sebagai “Persiapan” batin mempersiapkan diri mereka untuk menyambut tubuh dan darah Kristus secara layak dan pantas. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, pada Sabtu-Minggu, 15-16 Juni.

Pada hari Sabtu (15/6), pukul 17.00, Triduum hari pertama upacara pembuka kegiatan permainan ringan oleh fasilitator kegiatan yang adalah anggota Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK) Sragen yang berjumlah 20 orang. Fasilitator ini bertugas untuk mendampingi peserta calon sambut Komuni Pertama dalam persiapan sambut Komuni, terutama mengingatkan calon sambut Komuni akan pelajaran.

Dalam penyampaian manterinya fasilitator menggunakan metode permainan. Peserta triduum sangat antusias dengan dinamika permainan yang semakin memperdalam pemahaman mereka akan arti tujuh sakramen, Sakramen Inisiasi, sikap liturgi, Tatacara Perayaan Ekaristi, Sakramen Tobat.

Kegiatan Out bound dilakukan pada Sabtu (16/6). Ada tiga pos dalam kegiatan tersebut, masing – masing pos memiliki tujuan untuk memperkenalkan peserta calon sambut komuni untuk lebih menghayati iman Katolik. Kegiatan dinamika permainan tersebut mendorong peserta untuk dapat membuat doa spontan, semakin mendalami kisah santo-santa yang menjadi nama baptis mereka, semakin terlibat aktif di dalam paguyuban, mengerti sikap doa yang baik, dan lebih mengenal kekayaan iman Katolik. Bersamaan dengan kegiatan out bound, orang tua dari calon Komuni Pertama juga mendapat arahan dari panitia dalam persiapan penerimaan Tubuh dan Darah Kristus.

Penerimaan Sambut Komuni Pertama dilaksanakan pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, Minggu 23 Juni, di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen. (Fkpk_Sra)

Related Posts

  • 68
    Paroki Sragen (LENTERA) – Kegiatan Triduum Komuni Pertama adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Tim Kerja Inisiasi Paroki Sragen untuk mempersiapkan peserta calon sambut pertama Tubuh dan Darah Kristus. Kegiatan tersebut untuk memberikan persiapan rohani bagi calon komuni pertama agar semakin memahami misteri Ekaristi. Selain itu, peserta diajak untuk dapat menghormati Tubuh dan Darah Kristus…
    Tags: yang, triduum, peserta, komuni, pertama, sakramen, untuk, kegiatan, dengan, calon
  • 64
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18  dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari  dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dengan, dalam, di, mereka
  • 59
    Segenap umat Katolik yang terkasih, Konferensi Waligereja Indonesia menyelenggarakan sidang tahunan pada tanggal 6-16 November 2017 di Jakarta. Sidang dimulai dengan hari studi yang mengangkat tema Gereja Yang Relevan dan Signifikan: Panggilan Gereja Menyucikan Dunia. Tema tersebut diolah dengan mendengarkan masukan para narasumber, didalami dalam diskusi kelompok, dipaparkan dalam rapat pleno, dan dilengkapi dengan catatan…
    Tags: dan, yang, dengan, di, untuk, dalam