Rayon Timur-Selatan Surakarta mengadakan SOMA

SOMA (7)

Jenawi (LENTERA) – “Bangga Menjadi Anak Katolik” menjadi tema dari SOMA yang diadakan di Gereja Animasi Jenawi, 29-10 Juni. Peserta kegiatan tersebut berjumlah 112 orang, terdiri dari perwakilan remaja Katolik kelas 6-8 Sekolah Dasar yang ada di Rayon Timur Selatan Kevikepan Surakarta.

SOMA yang merupakan singkatan dari School of Missionary Animators merupakan suatu kegiatan pelatihan kaderisasi misionaris bagi para penggerak paguyuban. Dengan kegiatan tersebut, remaja dilatih dan dibimbing untuk menjadi lokomotif penggerak bagi remaja-remaja di paroki masing-masing. Hal tersebut senada dengan semangat pendampingan berjenjang yang dikembangkan di Keuskupan Agung Semarang.

Kegiatan SOMA yang dilakukan dalam tingkat rayon dilakukan untuk petama kalinya, setelah sebelumnya kegiatan yang serupa selalu diadakan di tingkat keuskupan. Untuk seterusnya, kegiatan SOMA tersebut akan dilakukan di tingkat rayon.

Narasumber kegiatan tersebut, yaitu Saudari E Yulianti, V. Cahyani, dan Sylvia, memberikan materi tentang bagaimana mengembangkan rasa bangga menjadi anak Katolik dalam tantangan jaman. Narasumber menyampaikan materinya dengan kegiatan diskusi dan kegiatan permainan (out bound). Selain itu, remaja yang hadir diajak untuk mensinergikan cipta, rasa, dan karsanya dengan rencana Tuhan. Hal tersebut bertujuan agar remaja semakin peka terhadap kehendak Tuhan dan terutama dapat menemukan jati dirinya.

Narasumber juga mengingatkan remaja untuk lebih bijak dalam menggunakan gawai dan teknologi informasi terutama media sosial daring. Karena arus informasi dari media daring tidak terbendung, remaja harus mampu menyaring informasi tersebut. Kegiatan pelatihan kaderisasi SOMA tersebut ditutup dengan Perayaan Ekaristi Syukur yang dipimpin oleh Romo Medardus Sapta Margana, Pr, bersama dengan umat Stasi Yulius Jenawi. (MM. Dwi Utari)

Related Posts

  • 74
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18  dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari  dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dengan, dalam, di
  • 73
    Malam pergantian tahun menjadi momen untuk bersyukur dan berefleksi atas pengalaman hidup setahun lalu. Momen ini menjadi kesempatan membuat resolusi atau niat-niat pembaruan diri satu tahun ke depan. Pribadi yang maju adalah pribadi yang mau berubah menjadi lebih baik. Berubah berarti ada unsur kebaruan di dalamnya. Sementara kebaruan memerlukan sikap kesiapsediaan untuk menerima (adaptasi) dan…
    Tags: dan, yang, dengan, dalam, untuk, dari, di
  • 73
    Segenap umat Katolik yang terkasih, Konferensi Waligereja Indonesia menyelenggarakan sidang tahunan pada tanggal 6-16 November 2017 di Jakarta. Sidang dimulai dengan hari studi yang mengangkat tema Gereja Yang Relevan dan Signifikan: Panggilan Gereja Menyucikan Dunia. Tema tersebut diolah dengan mendengarkan masukan para narasumber, didalami dalam diskusi kelompok, dipaparkan dalam rapat pleno, dan dilengkapi dengan catatan…
    Tags: dan, yang, dengan, di, untuk, dalam