Pemuda-pemudi Sragen siap mengamalkan Pancasila

Dialog Wasbang (1)

Sragen (LENTERA) – Bertempat di halaman Kodim 0725 Sragen, Rabu (24/07), acara Dialog Wawasan Kebangsaan mengangkat tema “Pengamalan Pancasila Merupakan Investasi Peradaban Bangsa Indonesia” dilaksanakan. Narasumber acara tersebut yaitu Prof. Dr. Hariyono M.Pd, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), Kalapas Sragen, Kepala PN, Kankemenag Sragen, Kepala Dinas Pendidikan Sragen, Kepala sekolah dan guru pendamping siswa pemenang lomba komentar, perwakilan siswa-siswi Sragen, serta perwakilan pemuda lintas iman se-Kabupaten Sragen. OMK Paroki Sragen mengirimkan 10 orang dalam kegiatan tersebut.

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan sebagai pembuka acara. Dalam sambutan pembuka, Letkol Kavaleri Luluk Setyanto (Dandim 0725/Sragen) yang mengajak seluruh lapisan masyarakat Bumi Sukowati untuk selalu menjaga dan menggelorakan semangat Pancasila dalam bermasyarakat. Luluk Setyanto berharap agar masyarakat dapat meningkatkan pemahaman dan mengamalkan Pancasila di era millenium.
Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami sejarah Pancasila. “Kalau sejarah Pancasila tidak tahu, jiwa nasionalismenya menjadi kurang, apalagi mengaplikasikan Pancasila dalam segi kehidupan sehari-hari,” ujar Yuni. Lebih lanjut Bupati Sragen menyampaikan bahwa semua hal akan berjalan dengan baik apabila masyarakat mengetahui betul makna, Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Pada acara inti, Hariyono memberikan beberapa materi mengenai pemahaman Pancasila serta bagaimana mengamalkannya sehingga tercipta sebuah peradaban bangsa Indonesia yang baik. Hariyono menyatakan sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan Kodim Sragen, katanya: “Kami siap berkeliling Indonesia untuk mensosialisasikan Pancasila.”

Akhir acara, ada kuis berhadiah dan penyerahan piagam kepada pemenang lomba komentar wawasan kebangsaan untuk kategori pelajar. (aji_omk)

Related Posts

  • 68
    “Satu hati bagi bangsa mewujudkan Peradaban Kasih di Indonesia” Dibacakan/diterangkan pada Hari Raya Santa Perawan Maria diangkat ke surga; Sabtu-Minggu, 13 - 14 Agustus 2016   Saudara-saudariku umat Katolik Keuskupan Agung Semarang, Para Pejuang Senior, Veteran, dan sahabat-sahabat muda yang penuh semangat: SALAM BAHAGIA, karena kasih dan kemerdekaan yang Tuhan berikan bagi kita. SALAM PERJUANGAN…
    Tags: dan, yang, dalam
  • 68
    Saudara-saudara terkasih di dalam Yesus Kristus, 1. Kita patut menaikkan syukur ke hadirat Allah dalam Yesus Kristus, sebab atas anugerah-Nya bangsa dan negara kita dapat mengukir karya di tengah sejarah, khususnya dalam upaya untuk bangkit kembali serta membebaskan diri dari berbagai krisis yang mendera sejak beberapa tahun terakhir ini. Anugerah, penyertaan dan bimbingan Tuhan bagi…
    Tags: dan, yang, dalam
  • 67
    11 Februari 2010 Saudara-saudari terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-18  dirayakan di Basilika Vatikan pada tanggal 11 Februari  dengan liturgi peringatan Bunda Maria dari Lourdes. Selain bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Lembaga Dewan Kepausan untuk Tenaga Pelayanan Kesehatan (DKTPK) alasan lain adalah untuk bersyukur kepada Tuhan atas pelayanan DKTPK selama ini di bidang pastoral pelayanan…
    Tags: yang, dan, untuk, dalam, di