Kunjungan Uskup KAS ke Sekolah Katolik Sragen

Uskup di SMA Saverius Sragen

Paroki Sragen (LENTERA) – Pagi hari Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang menyempatkan diri menghadiri Wawanhati dengan Insan PendidikanParoki Sragen di Aula SMA Saverius Sragen. Sabtu (07/09)

Kegiatan ini dihadiri 80 orang yang terdiri yang terdiri dari pengurus,pembina dan anggota Yayasan Saverius Sragen, Kepala Sekolah & guru-guru SMP, SMA&SMK Saverius Sragen; TK-KB Indriasana; TK-KB Santa Anna, SD Santo FransiskusSragen dan Dewan Paroki Pastoral Paroki Sragen serta Pemerhati Pendidikan.

Tujuan Kegiatan ini adalah Pendidikan Katolik di Sragen mendapatkan perhatian yang serius dari Paroki dan Keuskupan agar bisa berkembang dan maju. Dalam wawanhati hati ini terungkap perlunya keterlibatan langsung Romo Paroki dalam memberi motivasi kepada umat agar sekolah-sekolah Katolik di Sragen tetap berdiri. Sekolah Katolik diharapkan bisa berjejaring dan bekerjasama antar jenjang pendidikan mulai dari TK ke SD, SMP hinggaSMA/SMK.Hal lain yang mendukung adalah “Gereh” (Gerakan Pengumpulan receh) baik guru dan siswa. Ada juga Gerakan Orang tua asuh. Pencerahan kepada umat oleh Romo Paroki, Dewan Paroki, Yayasan , pemerhati pendidikan, sangat diperlukan.

Untuk memperkenalkan lingkungan sekolah bisa diadakan siswa TK belajar sehari di SD, Siswa SD belajar sehari di SMP, Siswa SMPbelajar di SMA/SMK. Selain itu perlunya edukasi dan kepedulian para orang tua Katolik agar anaknya bisa menempuh pendidikan di Sekolah Katolik. Untuk mendukung dan menunjang tercapainya tujuan keberlangsungan Sekolah Katolik diperlukan dukungan dari Kevikepan dan Keuskupan .

Umat diajak Handarbeni (merasa memiliki) sekolah-sekolah Katolik. Adanya bantuan rutin dari umat misalnya kolekte atau iuran dana pendidikan dari umat pada bulan tertentu. Sekolah Katolik diajak untuk menjadi sekolah yang berkualitas dan dibanggakan. Acara ini akhirnya ditutup dengan penandatangan Lukisan oleh Mgr Robertus Rubiyatmoko diiringi lagu Querere Et Salvum Facere dan foto bersama. (WK)

Related Posts

  • 71
    Realita Pendidikan Kita Dunia pendidikan menjadi dunia yang tidak pernah habis dan selesai dari kritik dan gugatan. Beberapa yang sering disorot adalah tentang ketidakberesan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar (KBM), profesionalitas dan kualitas pendidik serta tenaga pengajar, manajemen pendidikan dan pendanaan pendidikan. Salah satu hal lagi, yang sering diperdebatkan adalah tentang minimnya subsidi negara, hingga membuat dunia…
    Tags: yang, sekolah, dan, pendidikan, katolik
  • 70
    PENDIDIKAN KATOLIK MENGHADIRKAN WAJAH KRISTUS YANG BERBELAS KASIH Saudari-Saudara, umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang yang terkasih. Pemerintah Indonesia, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tertanggal 16 Desember, menetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tanggal tersebut dipilih bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai…
    Tags: dan, pendidikan, yang, katolik, di, untuk
  • 69
    Almamater (atau alma mater) adalah istilah dalam bahasa Latin yang secara arti harfiah bermakna "ibu susuan". Istilah digunakan di kalangan akademik atau dunia pendidikan yang berhubungan dengan sekolah atau perguruan tempat seseorang menimba ilmu atau menyelesaikan suatu jenjang pendidikan. Dalam sejarah perkembangan Gereja Katolik, Sekolah Katolik membawa peran yang penting dalam lahirnya gereja di sebuah…
    Tags: yang, sekolah, katolik, di, untuk, dan