Pelatihan Aksesor Family Care Center

Tawangmangu (LENTERA) – Komisi Pendampingan Keluarga Kevikepan Surakarta mengadakan acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aksesor Family Care Center yang dihadiri oleh para pendamping Keluarga dari Paroki-paroki se-kevikepan Surakarta, Sabtu (29/03) s/d Minggu (01/03) bertempat di Rumah Retret Santa Maria Tawangmangu Karanganyar.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas Aksesor dan melatih para Aksesor baru di tiap Paroki . Peserta yang hadir berasal dari Paroki Sragen (9 orang), Paroki Gondang, Paroki Klaten, Paroki Delanggu, Paroki Kleco, Paroki Purwosari, Paroki Purbayan dan Paroki Purbowardayan (masing-masing 8 orang) serta ditambah para pengurus Komisi Keluarga Kevikepan (15 orang).

Narasumber acara ini ada 3 orang yang merupakan para Psikolog dari Universitas Soegijapranata Semarang yakni : Ibu Margaretha Sih Setija Utami , Bp. A.Rachmad Djati Winarno dan ibu Rika.

Pada kesempatan tersebut narasumber menyampaikan berbagai materi mulai dari masalah keluarga di sekitar, Keluarga menurut Gereja Katolik; Fungsi keluarga menurut pemerintah Indonesia (PP No.21 Tahun 1994 Bab 2, pasal 4 ayat 1) hingga menjelaskan tentang sikap dasar dan pedoman Aksesor, studi kasus hingga diskusi kelompok.

Kegiatan ini berlangsung sangat dinamis, banyak tanya jawab dari peserta dan narasumber dalam kegiatan studi kasus. Pelatihan ini benar-benar sangat bermanfaat dan mengena bagi para peserta, utamanya dari Paroki Sragen yang berencana mendirikan Family Care Center.

Kesan dari peserta mengatakan bahwa pelaksanan Pelatihan ini sangat bagus, didukung oleh para pakar dari lembaga pendidikan yang terkenal, hanya sayang waktunya sangat terbatas. Harapannya agar pelatihan semacam ini bisa berlanjut di tahap selanjutnya. (PSI)

Related Posts

  • 57
    Mempercayakan diri kepada Yesus yang berbelas kasih seperti Maria: “Lakukanlah apa pun yang Dia katakan padamu” (Yoh 2:5) Saudari-saudara terkasih, Hari Orang Sakit Sedunia ke-24 memberi saya kesempatan khusus untuk mendekatkan diri kepada Anda, sahabat-sahabat terkasih yang sakit, dan kepada mereka yang merawat Anda. Tahun ini, karena Hari Orang Sakit…
    Tags: yang, dan
  • 56
    Masa “retret agung” bagi umat Katolik selama 40 hari sudah selesai. Setiap pribadi, keluarga, komunitas dan lingkungan membuat tekad dan berkomitmen untuk menindak lanjuti buah permenungan selama masa pertobatan di masa Prapaska dengan komitmen untuk menjadi berkat bagi orang lain di lingkungan tempat kita berada. Sebagaimana ajakan Romo Laurentius Andika…
    Tags: yang, dan, di, ini
  • 56
    Hari Minggu ke-33 di Masa Biasa 19 November 2017 Marilah kita mencintai, bukan dengan kata-kata melainkan dengan perbuatan 1. "Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran" (1 Yoh 3:18), Kata-kata rasul Yohanes ini menyuarakan perintah yang tidak boleh diabaikan oleh orang…
    Tags: dan, yang, orang, ini