Lingkungan Taman Sari Ziarah ke Goa Maria Kaliori

Banyumas (LENTERA) – Bulan Mei identik dengan bulan Maria, Lingkungan Santa Lucia Taman Sari mengadakan ziarah dan berdevosi di Gua Maria Kaliori, Purwokerto, Sabtu (9/5). Kegiatan ziarah ini merupakan salah satu program tahunan lingkungan Santa Lusia setelah sebelumnya juga berziarah ke Gua Maria Poh Sarang, Kediri dan Gua Maria Tritis, Wonosari..

Pada hari yang telah ditentukan, rombongan yang berjumlah 46 orang berangkat ke Gua Maria Kaliori. Kira-kira pukul 05.30 WIB, acara dimulai dengan doa jalan salib menuju gua Maria, untuk doa jalan salib ini sengaja menunjuk para remaja untuk memimpin jalannya doa dari awal hingga perhentian terakhir. Udara yang sejuk dan suasana yang masih remang-remang menambah ke-khusyukan berdoa. Beberapa perhentian dilalui sementara suasana semakin terang sehingga bisa melihat dengan jelas panorama yang indah.

Menjelang pukul 07.00 WIB, doa jalan salib telah diselesaikan dan tiba di kompleks Gua Maria. Pada bagian lain dari halaman gua Maria, disediakan tempat khusus untuk berdoa Rosario yang diberi nama taman Rosario. Di dalamnya terdapat relief yang menggambarkan tiap peristiwa, yakni peristiwa gembira, peristiwa sedih, peristiwa mulia yang masing-masing terdiri dari lima buah relief, sehingga tempat itu terdapat 15 relief yang menggambarkan peristiwa-peristiwa di dalam rosario. Seperti Gua Maria yang lain, para pengunjung yang ingin mengambil air di Kaliori juga disediakan beberapa pancuran sumber mata air. Halaman goa yang berpaving, rindangnya pepohonan dan sejuknya udara pagi mendukung para peziarah untuk berdoa. (Spri)

Be the first to comment

Leave a Reply