Festival Blog Rohani OMK Sragen

Paroki Sragen (LENTERA) – Salah satu rangkaian kegiatan OMK (Orang Muda Katolik) Sragen dalam mengisi Tahun Kaum Muda 2009 adalah mengadakan kegiatan FESTIVAL BLOG ROHANI. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk komunitas blogger OMK Sragen dan mengajak kaum muda Katolik di Sragen untuk mengaktualisasikan ide-ide kreatif mereka melalui blog. Selain itu, kegiatan ini juga membantu OMK Sragen untuk mengasah diri menjadi penulis yang handal maupun menjadi pribadi yang mempunyai keahlian dalam mendesain blog. Festival blog rohani ini didukung dengan adanya area hotspot di Gereja Paroki Sragen. Melalui kegiatan ini, OMK Sragen diharapkan mampu memanfaatkan fasilitas ini dengan baik dan bijak, tidak sekedar sibuk dengan situs jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter maupun chatting Yahoo Messenger.

Festival Blog Rohani ini diikuti oleh 26 peserta dari OMK Sragen sendiri. Mereka saling berlomba kreativitas dalam menulis artikel maupun dalam mendesain tampilan web blog. Kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari acara Workshop Pembuatan Blog yang juga diadakan OMK Sragen beberapa waktu yang lalu itu mengambil tema: “Memaknai Pengalaman Hidup Harian.” Bahan blog dapat diambil dari bacaan harian maupun pengalaman harian. Sedangkan isi blog dapat berupa sharing rohani, artikel rohani, pengalaman hidup, cerpen, maupun kisah-kisah meneguhkan. Selain itu, setiap artikel yang diterbitkan harus mencantumkan sumber/daftar pustaka dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam kegiatan ini, Bp.Yohanes Sugiharta dan Frater Kurnia ditunjuk sebagai juri pembuatan blog. Bp. Yohanes Sugiharto adalah dosen pengajar tehnik pemrograman di ATMI Surakarta, sekaligus moderator Workshop Blog yang sudah dilaksanakan OMK Sragen sebelumnya. Beberapa kriteria penilaian Festival Blog Rohani ini adalah tampilan/desain blog, baik lay out maupun keindahannya, bobot artikel, dan orisinalitas artikel/tulisan yang diupload di blog. Berdasarkan penilaian oleh juri, akhirnya, ditentukan 3 pemenang, yakni Sdr. Leo Agung Widiarto dari lingkungan Ngrampal (Juara I), Sdri. Clara Ayuk K dari lingkungan Teguhan (Juara II), dan Sdr. Cosmas Kusuma Dewa dari lingkungan Sukomarto (Juara III).

Semua alamat blog peserta lomba dimasukkan dalam daftar link di blog OMK Sragen. Untuk melihat siapa saja yang turut berpartipasi dalam kegiatan festival blog rohani ini dapat dilihat di alamat www.omksragen.blogdetik.com. Dengan dilaksanakannya Festival Blog Rohani ini diharapkan OMK Sragen mau berbagi dan memaknai pengalaman hidup harian dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai sarana pewartaan. (Siska)

Be the first to comment

Leave a Reply