Pelantikan Pengurus Dewan Paroki Sragen 2010-2012

Paroki (LENTERA) – Dewan Paroki masa bhakti 2006-2009 telah berakhir dengan dinamika dan perkembangan Gereja Santa Perawan Maria di Fatima Sragen semakin semarak dengan berbagai peristiwa dan perjalanan peziarahan mulai dari Pesta Emas selama setahun penuh dirayakan dengan puncak acara Misa Syukur 50 tahun Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen. Rekoleksi keluarga ditiap-tiap lingkungan dengan keterlibatan kaum muda untuk ambil bagian dalam setiap kegiatan dan peristiwa. Dan Peringatan Hari Pangan Sedunia sebagai kegiatan penghujung dari Kepengurusan masa bakti 2006-2009.

Pengurus Dewan Paroki masa bakti 2010-2012 telah dilantik bersamaan pula dengan pelantikan pengurus Ketua-ketua Wilayah oleh Rm. Petrus Santosa Pancaprasetya, MSF (Sekretaris Keuskupan Agung Semarang), Minggu (28/11) di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen, lebih khusus lagi pada misa tersebut dengan petugas dari komunitas Suster-suster SPM yang hadir dalam Live in di Paroki Sragen.

Pengurus Dewan Paroki masa bhakti 2010-2012 diawali dengan penjaringan calon pengurus baru Dewan Paroki dengan melewati beberapa proses tahapan, mulai dari pengajuan nama-nama calon pengurus Dewan Paroki oleh tiap-tiap Lingkungan hingga penetapan Tim Formatur Dewan Paroki yang dimulai sejak mulai bulan September hingga bulan Nopember.

Susunan pengurus Dewan Paroki th 2010-2012 mengalami pemekaran yang semula dari 4 bidang menjadi 5 bidang, Bidang I Liturgi dan Tata Peribadatan, Bidang II Pewartaan, Bidang III Pelayanan dan Kemasyarakatan, Bidang IV Paguyuban Persaudaraan dan Tata Organisasi, serta yang terakhir Bidang V Pemeliharaan Sarana dan Prasarana.

Untuk lebih memantapkan arah gerak Dewan Paroki masa bakti 2010-2012, maka dilakukan pembekalan Pengurus Dewan Paroki yang baru dengan pendampingan dari Tim Programasi Kevikepan Surakarta yang dipimpin oleh Romo Eko. Dalam pen¬dampingan tersebut, mereka diajak untuk merumuskan Visi, Misi dan Tujuan Dewan Paroki dengan dasar utama ARDAS KAS, Spritualitas Pelindung Paroki, Fokus Pastoral KAS 2010 sebagai Tahun Syukur. Ke¬prihatinan Paroki dan Potensi Paroki yang dituangkan dalam analisa SWOT.

Pembekalan pengurus lengkap dan Ketua-ketua lingkungan dan wilayah dilaksanakan Jumat (27/11). Dalam kegiatan tersebut mereka bersama-sama merumuskan program kerja Dewan Paroki, diawali dengan penjabaran Visi, Misi dan Tujuan oleh Fr. Antonius Abbas Kurnia. Program unggulan dari Dewan Paroki masa bakti 2010-2012 “Tumbuhnya sikap dan semangat tobat bagi umat beriman, sehingga mewujudkan pembaharuan hidup beriman bagi umat Paroki Sragen dengan meneladani Santa Perawan Maria di Fatima”.

Dilanjutkan dengan Dinamika kelompok tiap-tiap bidang serta didampingi oleh Tim Programasi secara marathon pada hari-hari berikutnya. Semoga semakin terwujud semangat Dewan Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen yang Kredibel,Akuntable dan Transparans. (Heru)

Be the first to comment

Leave a Reply