Pertemuan Tim Liturgi : Membahas Liturgi perkawinan

Paroki (LENTERA) – Senin, (16/11) yang lalu diadakan pertemuan Tim Kerja Liturgi Lingkungan dengan Tim Kerja Liturgi Paroki dengan mengundang narasumber Komisi Liturgi Keuskupan Agung Semarang: Romo MY Riawinarta Pr bertempat di aula SMP Saverius Sragen.

Hal yang dibahas adalah lagu-lagu yang sesuai dengan Liturgi perkawinan. Lagu-lagu baru tentang hal ini diperkenalkan. Pertimbangannya adalah sudut pandang liturgis yang sesuai untuk keperluan: Lagu pembuka, Mazmur Tanggapan, pemberkatan cincin dan Kitab Suci, restu orangtua, persembahan, komuni, Maria dan penutup. Yang jelas lagu-lagu perkawinan bukan hanya yang melibatkan cinta kasih sepasang mempelai yang menerima sakramen perkawinan, tetapi juga hubungan vertikal sebagai ungkapan syukur aats penyeleng¬garaan ilahi bagi pasangan mempelai.

Tim Kerja Liturgi lingkungan juga dibagi dalam kelompok-kelompok untuk memilih satu set lagu bagi misa perkawinan dan mencoba membawakan salah satu lagu yang terpilih di hadapan peserta yang lain. Lagu-lagu itu diambil dari buku Berkatilah Kami Tuhan (khusus untuk Liturgi perkawinan). Keistimewaan buku ini adalah dimuatnya pedoman pastoral nyanyian yang berkaitan dengan hal itu. Tim Kerja Liturgi merasa beruntung dengan pertemuan semacam ini guna memperluas cakrawala pandang serta pengalaman tentang hal-hal liturgis yang perlu mereka pahami dan praktekkan (Atm)

Be the first to comment

Leave a Reply