LKTD FKPK “BRAVE HEART”

Jenawi (LENTERA) – Dengan mengambil tema Brave Heart, “Jiwa yang berani” – FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik) Sragen mengadakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar hari Jumat (18/12) – Minggu (20/12) di Rumah Animasi Gereja Jenawi. Kegiatan selama 3 hari dua malam ini diikuti oleh 30 orang pelajar Katolik Sragen, mulai dari kelas IX SMP s/d kelas XI SMA dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Sragen. Mereka berangkat dengan 2 armada bus dari Gereja paroki meluncur ke Jenawi yang sebelumnya diadakan doa bersama dan diberkati oleh Romo Issri. Tiba di Jenawi, peserta disambut oleh panitia dan diantar ke kamar masing-masing.

Sesuai tema, pengarahan yang dipandu oleh para fasilitator lebih ditekankan untuk melatih jiwa para pelajar agar KRITIS akan perkembangan jaman. Sesion 1 Breaking. pada Sesion ini peserta diajak mengenal teman selama 3 hari berdinamika di Jenawi dengan bernyanyi ria dan permainan kecil, kemudian dilanjutkan pembuatan konsensus yang diberlakukan untuk seluruh peserta, panitia dan fasilitator. Selama kegiatan berlangsung dan ditandatangani oleh perwakilan peserta, serta panitia sesion malam hari 1, peserta dibagi menjadi 6 kelompok berisi 5 orang. Mereka diajak berefleksi dengan menceritakan pengalaman berkesan yang pernah dialami yang dipandu oleh fasiltator. Mereka diajak untuk memaknai pengalaman, banyak pula yang menangis ketika mrereka bercerita.

Pada hari kedua dibuka dengan doa dan olahraga pagi. Setelah makan pagi peserta dibagi kelompok kecil yang beranggotakan 2-3 orang. Tidak hanya peserta, panitia pun dibagi berkelompok-kelompok oleh fasilitator. Masing-masing kelompok diminta terjun ke pasar untuk mencari pekerjaan dan harus mendapat uang selama 3 jam. Sebelumnya seluruh atribut dan perhiasan peserta dikumpulkan karena tidak boleh dibawa selama beraktivitas. Pada kegiatan ini, mereka ada yang membantu di toko & warung, menjadi penjual es cincau, menjadi pernyapu bus di terminal, bahkan ada yang menjadi kuli di pasar dan pengamen, dsb. Mereka merasakan sakit dan sedih ketika tahu saat mereka bekerja keras, mendapat uang yang sedikit, bahkan tidak mendapat uang sama sekali. Yang artinya mereka tidak mendapat jatah makan siang, tetapi pengalaman tersebut diolah dengan dibacakan firman Tuhan. Setelah kegiatan ini, peserta diminta sharing yang pada akhirnya diambil bundelan/kesimpulan dari kegiatan tersebut. Mereka bisa memetik sebagai pengalaman yang berharga. Sorenya, peserta ditugasi membuat suatu barang yang dipersembahkan untuk gereja Jenawi berupa papan nama dan palungan kecil.

Hari ketiga peserta, panitia dan fasilitator berjalan menuju ke sebuah lapangan yang jaraknya tidak jauh dari Gereja. Disana mereka mengawali dengan permainan kecil yang menciptakan suasana keakraban. Siangnya, dilanjutkan dengan follow up dan menyimpulkan proses yang telah dialami 3 hari. Para fasilitator membantu peserta menemukan spiritualitas yang menjadi semangat untuk diutus. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan formatur untuk kepengurusan FKPK tahun 2010. Mereka adalah Fransiska Andwi (SMA 1Sragen), Theresia Oktaviani (SMA 1 Sragen); Paulus Nova (SMA 1 Sragen). Ciprianus Bagus (STM Saverius), Markus Gunawan (STM Saverius). Kegiatan selama 3 hari ditutup dengan perayaan ekaristi dipimpin oleh Romo Issri. Dengan reoorganisasi yang telah dilakukan,  FKPK benar-benar menjadi KECE. (Kreatif, Ekspresif, Cerdas, Elegan). (Cebull)