Natal Bersama PIAR Rayon Timur Kevikepan Surakarta di Palur

PIA Sragen 4Palur (LENTERA) – Sudah menjadi agenda rutin bagi PIAR (Pendampingan Iman Anak & Remaja) Rayon Timur Kevikepan Surakarta, yang terdiri dari 4 Paroki (Paroki Santo Stephanus Jumapolo, Paroki St. Pius X Karanganyar, Paroki Santa Maria Diangkat ke Surga Palur, dan Paroki Santa Perawan Maria Di Fatima Sragen) untuk merayakan Natal Bersama Anak dan Remaja secara rutin bergantian tiap tahun. Setelah dari Paroki Sragen di Tahun 2008, maka tahun 2009 ini Paroki Palur menjadi tuan rumah untuk kegiatan yang sangat dirindukan anak dan remaja, juga pendamping dan orangtua. Perayaan Natal Anak dan Remaja Rayon Timur Kevikepan Surakarta ini dilaksanakan Minggu (03/01) di Gereja Maria diangkat ke Surga Palur.

Dari Paroki Sragen, mengirimkan sebanyak 150 orang, yang terdiri dari anak, remaja, pendamping, orangtua dan pemerhati PIAR, didampingi Romo Christophorus Tri Wahyono Djati Nugroho Pr selaku Romo pendamping PIAR Sragen. Rombongan berangkat pukul 07.30 WIB, dengan menggunakan 2 Bus dan 5 mobil, tiba di Palur pukul 08.15 WIB, dilanjutkan dengan persiapan Ekaristi bersama Anak dan Remaja. Misa dipimpin oleh Romo Paroki Palur, Romo V.M Kartasudarma Pr dan Romo Paroki Karanganyar, Romo Y. Sunaryadi Pr. Para petugas liturgi: Koor dari anak-anak PIA Palur, Lektor dan Visualisasi Kisah Kelahiran Yesus dari Paroki Sragen, Petugas Persembahan dari Paroki Karanganyar, dan Petugas Doa Umat dari Paroki Jumapolo.

Untuk visualisasi kisah kelahiran Yesus, anak-anak PIAR Paroki Sragen, berlatih selama beberapa waktu, karena juga bertugas dalam perayaan Natal Anak dan Adi Sepuh di Paroki Sragen. Anak-anak yang terlibat, sungguh sangat menikmati peran masing-masing, hal ini  memudahkan pelatih dalam setiap latihan, sehingga membuahkan hasil yang baik dalam pementasannya.

Setelah Ekaristi, dilanjutkan dengan  Panggung Gembira di pelataran Gua Maria Palur. Paroki Sragen mendapat urutan pentas kedua setelah Paroki Jumapolo. Dari Sragen ditampilkan Tari Kijang yang dipentaskan oleh siswi SD. Santo Fransikus Sragen di bawah asuhan Bp. Paulus Joko Mulyono dan Ibu Monica Sugiyanti. Dilanjutkan dengan Ensemble organ dari anak-anak yang tergabung dalam Tim Organis Cilik Pattimura 2 , yang terdiri dari 5 orang anak, yaitu: Siska kelas 1 SMP, Imelda kelas 6 SD, Nisa kelas 5 SD, Vina kelas 4 SD dan Maria kelas 4 SD. Mereka memainkan instrumentalia dari buku Ayo Puji Tuhan dan tak lupa lagu Mars Anak dan Remaja, “ Tegap Langkah” . Anak- anak ini berlatih organ sejak usia 7 th, dibawah asuhan Bp. Y. Joko Dwiwanto dan menjadi organis gereja juga.

Kerja keras Panitia Paroki Palur dan keterlibatan semua peserta dari masing-masing paroki dalam mendukung acara ini, patut di puji dan disyukuri. Dukungan dari para Romo dan Dewan Paroki serta orangtua, sangat dibutuhkan dalam perayaan natal bersama yang melibatkan hampir 1000 peserta ini. Hatur terimakasih untuk segenap Panitia, Romo Paroki, Dewan Paroki, orangtua, dan para pemerhati dari masing-masing paroki, yang telah mendukung berkembangnya iman anak dan remaja, dengan berbagai cara, baik sarana, prasarana dan dana, sehingga program kerja bersama Rayon Timur Surakarta dapat terlaksana dengan baik.

Tahun 2010, Paroki St. Pius X Karanganyar akan menjadi tuan rumah untuk acara yang sama. Semoga menjadi lebih baik lagi dan semakin mewartakan kabar gembira Kristus serta menambah erat persaudaraan antar anak, remaja, pendamping dan orangtua. Berkat Tuhan melimpah untuk semua usaha dan niat baik yang telah kita mulai bersama dalam kasih Tuhan Yesus Kristus. Amin (Rs)