Pasar Murah & Pengobatan Gratis Di Desa Jambangan, Kec. Mondokan, Kab. Sragen

webMondokan (LENTERA) – Panitia Ad Hoc Natal 2009 Paroki Sragen (terdiri dari Tim PSE & Tim Kesehatan) bekerjasama dengan RSU Mardi Lestari Sragen, Minggu (03/01) menggelar kegiatan bhakti sosial Pasar Murah dan pengobatan gratis bagi masyarakat umum bertempat di Balai Desa Jambangan, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Natal 2009 dan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Raya Penampakan Tuhan Yesus yang mengambil tema ”Semoga Tuhan selalu berkarya di dalam diri kita.”

Bhakti sosial ini dimulai pukul 10.00 WIB, dibuka oleh Kepala Kelurahan Jambangan Bp. A. Joko Pramono dan langsung mendapat sambutan sangat antusias dan meriah dari masyarakat setempat. Hadir pula dalam acara ini Camat Mondokan, Koramil Mondokan, Kapolsek Mondokan, perangkat desa Jambangan dan petugas dari Puskemas Mondokan. Selain itu Romo Paroki Sragen, Rm. Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr  juga hadir mendampingi kegiatan ini.

Untuk pelaksanaan Pasar Murah ini, Panitia dibantu oleh Kaum Muda Katolik yang tergabung dalam Komunitas PADUA BIKERS untuk melayani penjualan pakaian dan sembako ke masyarakat. Adapun yang dijual dalam Pasar Murah ini pakaian dan Sembako (Beras, gula, teh, bumbu masak, mie instan, dll). Harga-harganya sangat murah dan terjangkau oleh masyarakat, maka tak heran bila warga berbondong-bondong datang ke Balai Desa untuk berbelanja. Mereka tak perlu jauh-jauh ke kota Sragen dan harganya murah lagi.

Menurut Bp. T. Puspowitono, Koordinator Pasar Murah ini, bahan yang dijual dalam Pasar Murah ini berasal dari aksi sosial pengumpulan sembako dan pakaian oleh umat Paroki Sragen yang digalang selama masa Adven sebelumnya. Selain itu juga ada beberapa donatur yang membantu baik berupa dana, aneka macam barang dan sembako.

Sementara itu di dalam ruangan Balai Desa, Tim Kesehatan Paroki yang terdiri dari para Dokter, Suster dan perawat RSU Mardi Lestari Sragen sibuk melayani para warga yang antusias memanfaatkan pengobatan gratis. Apalagi desa tersebut memang jauh dari Rumah Sakit.

Lurah Jambangan, Bp. A. Joko Pramono mewakili masyarakat di Kelurahan Jambangan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia yang telah berkenan mengadakan kegiatan sosial ini, baik pemberian bantuan gratis maupun pasar murah. Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu serta mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu, miskin di kelurahan tersebut. Ia berharap kegiatan semacam ini ke depannya bisa diadakan lagi, bahkan kalau bisa tiap tahun. Kelurahan Jambangan terdiri dari 3000 KK lebih, mayoritas adalah petani. Tanah di desa tersebut adalah tanah tandus dan merupakan tadah hujan sehingga jika tidak ada hujan, tidak bisa panen. Hal ini menyebabkan  kehidupan perekonomian mereka keci.l Jadi tidak heran banyak warga yang antusias memanfaatkan kegiatan yang telah dipublikasikan sehari sebelumnya ini, karena sangat membantu dan mengurangi beban hidup mereka. Pihak kelurahan Jambangan bersifat terbuka menerima kegiatan sosial semacam ini dari kelompok manapun karena sifatnya adalah pelayanan dan membantu warga.

Kegiatan Pasar Murah dan Pengobatan Gratis rutin diadakan oleh Paroki Sragen, setidaknya setahun 2 kali (dalam rangka Hari Natal dan Paskah). Tempat pelaksanaannya pun berpindah-pindah, dan lebih diutamakan di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota untuk membantu masyarakat di daerah terpencil. Sebelumnya kegiatan serupa juga pernah diadakan di Kecamatan Jenar dan Kecamatan Tangen. (dn)