Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani

KAMU ADALAH SAKSI DARI SEMUA INI (Luk 24:48)

Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani

(18– 25 Januari 2010)

pdsSetiap tahun, tanggal 18-15 Januari, kita memiliki Pekan Doa Sedunia. Pekan Doa Sedunia dilandaskan pada doa Yesus sendiri “Semoga mereka semua menjadi satu sehingga dunia percaya…” (Yoh 17:21). Menurut tradisi, Pekan Doa Sedunia sudah dimulai secara resmi ekumenis sejak tahun 1908. Itulah sebabnya, pada tahun 2008 yang lalu, Pekan Doa Sedunia genap berusia satu abad.

Tema Pekan Doa Sedunia 2010,  “Kamu adalah saksi dari semua ini!” (Lukas 24:48). Tema ini dipersiapkan oleh Dewan Kepausan untuk Kesatuan umat Kristiani (Gereja Katolik Roma) dan Komisi Iman dan Hukum Dewan Gereja-Gereja Sedunia (Gereja Protestan). Selama  Pekan Doa Sedunia, kita diundang untuk merenungkan dan mengkontemplasikan Lukas 24:1-53. Dalam seluruh bab tersebut, satu hal yang pokok adalah perjumpaan dengan Yesus yang bangkit dan memberikan pesan, “Kamu adalah saksi dari semua ini!” Dengan cara yang khas dan berbeda-beda, kita dipanggil untuk menanggapi pesan dan undangan ini, sama seperti yang dialami oleh Maria Magdalena, St. Petrus dan dua murid dari Emmaus. Yang jelas, perjumpaan dengan Yesus yang bangkit, telah mengubah hidup mereka secara radikal.

Di Keuskupan Agung Semarang, tahun 2010 juga merupakan Tahun Syukur atas berkat dan rahmat melalui fokus pastoral Ardas KAS 2006-2010. Kita pun dipanggil untuk bersaksi dalam kegembiraan dan syukur. Maka, menandai Tahun Syukur 2010, Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK-KAS) menempatkan Pekan Doa Sedunia sebagai peristiwa yang pantas disyukuri. Untuk pertama kalinya, kami mencoba memulai dan mengajak agar umat pun secara khusus berdoa setiap hari selama Pekan Doa Sedunia tersebut, sambil merenungkan tema utama dan tema harian.

Selama Pekan Doa Sedunia 2010, kita diajak untuk menjadi saksi Kristus yang lebih baik. Bagaimana caranya? Dengan memuji Allah yang telah menganugerahkan kepada kita rahmat hidup dan kebangkitan (hari 1), dengan mengetahui cara berbagi kisah iman kita kepada sesama (hari 1), dengan mengenal bahwa Allah selalu berkarya dalam hidup kita (hari 3), dengan bersyukur atas anugerah iman (hari 4), dengan mengimani bahwa Kristus mengatasi segala penderitaan (hari 5), dengan terus mencoba kian mengimani Sabda Tuhan (hari 6), dengan bertumbuh di dalam iman, harapan dan kasih (hari 7), dengan bersikap ramah satu terhadap yang lain secara tulus (hari 8).

Kami sangat menganjurkan bahwa doa yang kami cantumkan dalam brosur ini didaraskan oleh umat baik bersama-sama sebelum merayakan Ekaristi Harian di gereja-gereja atau komunitas-komunitas maupun sendiri-sendiri atau bersama di dalam keluarga.

Langkahnya sebagai berikut: 1. Bacalah  tema umum ”Kamu adalah saksi dari semua ini” (Luk 24:48). 2. Sesuai dengan harinya, bacalah tema harian, kutipan teks yang ada, renungkanlah pertanyaan reflektif. 3. Daraskanlah Doa Untuk Persatuan Umat Kristen (Puji Syukur No. 177).

Sangat dianjurkan juga, paroki-paroki mengadakan gerakan doa bersama dengan Gereja Kristen Protestan terdekat.

Selamat berdoa!

Berkah Dalem!

Semarang, 1 Januari 2010,

Aloys Budi Purnomo Pr

Ketua Kom HAK-KAS

Tema Harian

Hari 1: Bersaksi dengan cara merayakan kehidupan

“Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?” (Luk 24:5)

Apakah kita mampu mensyukuri anugerah kehidupan ini?

Hari 2: Bersaksi dengan cara berbagi kisah iman

“Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?” (Luk 24:17)

Apakah kita berani membangun komunikasi iman yang baik?

Hari 3: Bersaksi dengan cara menumbuhkan kesadaran iman

“Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?” (Luk 24:18)

Apakah kita sungguh sudah menyadari kehadiran Tuhan dalam hidup sehari-hari?

Hari 4: Bersaksi dengan cara merayakan anugerah iman

“Apakah itu?” Jawab mereka: “Tentang yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret!”(Luk 24:19)

Apakah iman memberikan inspirasi dalam sepak terjang hidup harianku?

Hari 5: Bersaksi melalui penderitaan

“Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?” (Luk 24:26)

Apakah dan bagaimanakah aku membangun empati, solidaritas dengan kaum kecil, lemah, miskin, tertindas dan difable (cacat)?

Hari 6: Bersaksi dengan cara mengimani Kitab Suci

“Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?” (Luk 24:32)

Apakah aku menjadikan Sabda-Nya berarti bagiku dan mengobarkan hidupku?

Hari 7: Bersaksi melalui harapan dan iman

”Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?” (Luk 24:38)

Bagaimana aku mengolah ketakutan-keraguanku dan saling meneguhkan iman dan harapan?

Hari 8: Bersaksi melalui keramahtamahan yang tulus

”Adakah padamu makanan di sini?” (Luk 24:41)

Apakah dan bagaiamanakah aku bersikap ramah satu sama lain secara tulus atau basa-basi?

Doa Untuk Persatuan Umat Kristen

Bapa yang maha pengasih dan penyayang, menjelang akhir hidup-Nya, Yesus berdoa bagi para murid-Nya, “Semoga mereka semua bersatu, seperti Engkau, ya Bapa, ada dalam Aku dan Aku dalam Dikau; supaya mereka juga bersatu dalam Kita, agar dunia ini percaya bahwa Engkau telah mengutus Aku.”

Maka kami mohon ya Bapa: semoga semua orang Kristen bersatu padu dan giat mengusahakan kesatuan. Semoga seluruh pemimpin umat-Mu semakin menyadari perlunya kesatuan. Musnahkanlah sandungan akibat perpecahan umat kristen. Semoga persatuan umat kristen merupakan sumber perdamaian, dan tanda kasih Kristus bagi seluruh umat manusia.

Bapa, Tuhan Yesus Kristus telah bersabda kepada para rasul, “Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu”: janganlah Kaupandang dosa-dosa kami, melainkan kepercayaan umat-Mu, dan berikanlah damai serta persatuan kepada kami sesuai dengan kehendak-Mu. Pandanglah kawanan domba Yesus. Semoga semua, yang telah dikuduskan oleh satu pembaptisan, dipererat pula oleh persatuan iman dan ikatan kasih. Buatlah kami semua menjadi satu kawanan dengan Yesus sendiri sebagai satu-satunya gembala, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan RohKudus, sepanjang segala abad. Amin

Dikeluarkan oleh Komisi HAK – KAS

(Bahan ini boleh diperbanyak sendiri sesuai kebutuhan!)