Pelantikan & Pembekalan Prodiakon periode baru

webbParoki Sragen (LENTERA) – Sebanyak 68 Prodiakon Paroki Sragen terpilih untuk periode 2010 – 2012  telah dilantik. Pelantikan dilaksanakan 2 gelombang, yang pertama dilantik Minggu (3/1) dan gelombang berikutnya Minggu (17/1). Mereka yang terpilih menjadi Prodiakon merupakan nama-nama yang telah diusulkan dari umat di 48 lingkungan yang ada di Paroki Sragen.

Minggu, (17/01) sekitar pukul 09.00 WIB bertempat di Aula SMP Saverius Sragen diadakan pembekalan prodiakon paroki. Pembekalan ini adalah yang pertama kali setelah mereka dilantik. Pada pembekalan itu Ketua Dewan Paroki Bidang I, yang juga seorang prodiakon, Bp. Yustinus Sri Winarno menegaskan bahwa Prodiakon adalah orang-orang terpilih yang diharapkan menjalankan tugasnya dengan gembira dan penuh syukur. Hendaknya tugas pelayanan itu dilaksanakan dengan semangat kasih untuk membeawa berkat bagi seluruh umat yang kita layani.

Dalam acara pembekalan itu, Romo Paroki Sragen, Rm. Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr menyerahkan Surat Tugas periode 2010-2012 dari KAS, yang ditandatangani oleh Administrator Diosesan Keuskupan Agung Semarang, Romo Pius Riana Prabdi, Pr.  Dalam Surat Tugas tersebut dijelaskan bahwa tugas–tugas utama prodiakon adalah membagikan Komuni Suci pada upacara Ekaristi atau Ibadat Sabda, serta membagikannya kepada orang sakit, serta menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh Pastor Paroki, misalnya: memimpin ibadat sabda, memberikan homili, memimpin upacara pertunangan, pemberkatan rumah serta upacara pemakaman, dll.

Para Prodiakon yang baru pertama kali menjalankan tugas pertama kali dimohon segera menyesuaikan diri dengan prodiakon yang lain, dan juga banyak belajar dari membaca buku-buku tuntunan bagi prodiakon yang ditulis oleh Rm. Martosujito, Rm. Prasetya atau Rm Sugiyana.

Dalam pembekalan itu juga dipilih Pengurus Prodiakon periode 2010-2012, yang hasilnya antara lain; Ketua 1 Bp. Y Sukimin;, Ketua 2 Bp. Ig Marsono, Sekretaris Bp Y. Sukadi Ayub, Bendahara Ibu MG Sri Sunarti dan Bp. Ig Purwanto. Para pengurus baru tersebut diharapkan menyusun jadual tugas baru karena beberapa prodiakon tidak dipilih lagi dan beberapa prodiakon baru menggantikan mereka.(Atm)