Bersyukur dengan bertobat dan berbagi berkat

image006Para ibu, bapak, kaum muda dan remaja, anak-anak se-Keuskupan Agung Semarang yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus. Tahun 2010 ini bagi umat KAS (Keuskupan Agung Semarang) merupakan tahun istimewa karena merupakan Tahun Syukur. Ada dua hal yang disyukuri secara istimewa, yakni usia 70 tahun Keuskupan Agung Semarang dan Tahun Syukur ARDAS KAS (Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang). Mengingat ARDAS KAS periode ini sudah berlangsung 4 tahun dan tahun ini adalah tahun terakhir periode ARDAS KAS 2006 -2010.

Dalam konteks itulah Tema Aksi Puasa Pembangunan Keuskupan Agung Semarang tahun 2010 adalah: BERSYUKUR DENGAN BERTOBAT DAN BERBAGI BERKAT. Kita tahu bahwa masa prapaskah adalah kesempatan/sarana untuk mengungkap­kan dan mewujudkan iman kita kepada Allah yang berbelas kasih dan maha rahim. Ungkapan iman pada masa prapaskah yang paling utama adalah bertobat, sedangkan perwujudan imannya (sekaligus sebagai perwujudan tobatnya) adalah melakukan gerakan solidaritas kepada sesama manusia sebagaimana telah dilakukan Tuhan Yesus Kristus. Gerakan solidaritas ini bisa dilakukan dengan berderma mengumpulkan dana APP) maupun dengan aksi-aksi-aksi sosial peduli sesama atau peduli lingkungan hidup. Dengan kata lain, gerakan solidaritas ini merupakan gerakan berbagi berkat kepada sesama karena kita telah diberkati, kendati banyak orang merasa bahwa berkat itu belum cukup untuk diri sendiri.

Dalam konteks Tahun Syukur KAS pada tahun 2010 ini, diharapkan bahwa pertobatan dan Gerakan berbagi berkat (solidaritas sungguh-sungguh dihayati sebagai ungkapan dan wujud syukur baik secara pribadi maupun secara bersama-sama sebagai umat di Keuskupan Agung Semarang. Oleh karena itu pendalaman tema APP tahun ini akan berlangsung selama lima kali yang akan dimulai dengan topik pembicaraan tentang APP, kemudian tentang ARDAS KAS dan yang berikutnya adalah tentang Berbagi Berkat, disusul dengan topik pemahaman tentang Tobat dan akhirnya ada ibadat Tobat di lingkungan dan perencanaan  aksi nyata.

Semoga Gerakan APP pada tahun ini sungguh-sungguh memberi makna terhadap syukur kita sebagai umat Allah di Keuskupan Agung semarang dengan meningkatkan tobat serta semangat/ tindakan berbagi dengan sesama.

Gagasan Pokok

Gerakan APP (Aksi Puasa Pembangunan) mempunyai kekhasan yakni gerakan pertobatan sebagai bentuk keikutsertaan kita menghayati solidaritas Kristus yang bersengsara dan wafat di kayu salib demi keselamatan semua orang. Kegiatan-kegiatan yang ditawarkan selama masa APP dimaksudkan untuk mengajak umat semakin mendalami imannya akan Yesus kristus. Perubahan dan penyempurnaan hidup umat beriman menjadi semakini serupa dengan Kristus hanya karena terjadi kalau ada perubahan dari alam batin. Dengan kata lain, kita tidak hanya mengandalkan mukjizat terjadi pada diri kita, tetapi untuk mencapai hal itu mensyaratkan adanya pertobatan.

Pertobatan itu sendiri selayaknya dihayati dengan penuh sukacita bahkan penuh syukur. Sebab Kristus telah menebus dosa-dosa kita dengan pengorbanan Tubuh dan Darah-Nya atau seluruh hidup-Nya. Kita bersyukur atas karya agung penyelamatan yang dilaksana­kan oleh Kristus. Tetapi karena syukur itu adalah syukur atas Solidaritas Kristus kepada manusia, maka syukur itu juga perlu diwujudkan dalam bentuk solidaritas yang nyata. Dengan kata lain, syukur itu diungkapkan dan diwujudkan dengan bertobatnya dan bebagi berkat sebagaimana diangkat dalam tema Aksi Puasa Pembangunan Keuskupan Agung Semarang tahun 2010 ini.

Karya Agung Tuhan dalam rangka penyelamatan umat manusia itu sendiri sangat konkret terjadi dalam sejarah manusia. Puncak Karya Agung itu terjadi pada hidup dan pribadi Tuhan Yesus Kristus. Namun karya agung Tuhan terjadi sampai sekarang melalui Gereja-Nya. Oleh karena itu hal-hal-hal yang terjadi di Keuskupan Semarang pun pantas disyukuri, baik perjalanan KAS sampai 70 tahun maupun perjalanan Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang  periode 2006-2010.

Gerakan APP Tahun ini sebagai kesempatan untuk mensyukuri hal-hal tersebut dalam rangka Tahun Syukur Keuskupan Agung Semarang 2010. Adapun alur pertemuan  selama Masa prapaskah di lingkungan akan terjadi sebanyak 5 kali: (1) APP:Gerakan  rohani yang diwujudkan dalam aksi. (2) Mensyukuri pencapaian KAS 2006 – 2009. (3) Berbagi berkat sebagai wujud syukur (4) Tobat sebagai ungkapan syukur

Sumber : Bahan Panduan APP KAS  2010