Panitia APP Paroki Sragen terbentuk untuk melayani

weeParoki Sragen (LENTERA) – Di lingkup Paroki Sragen saat ini telah dibentuk Gerakan Aksi Puasa Pembangunan (APP). Latar belakang dan visi gerakan ini adalah membangun Kerajaan Allah, memperjuangkan ke­damaian, keadilan, dan kerjasama. Karena gerakan ini baru terbentuk di Paroki Sragen, maka diperlukan kerjasama dengan team yang memiliki kaitan sesuai visi dan misi tersebut.

Tujuan dan Maksud Gerakan APP

–  Mewujudkan semangat solidaritas sebagai murid Kristus dengan melakukan: pendalaman iman, pewartaan tobat/ibadat tobat, dan aksi nyata.

–  Mewujudkan pertobatan dengan memper­hati­kan kaum Kecil Lemah Miskin Tersingkir Difable (KLMTD) dalam upaya yang nyata.

–  Mewujudkan keterlibatan umat Katolik dalam membangun dan menegakkan Kerajaan Allah dengan spiritualitas sengsara dan wafat Kristus yang memberdayakan KLMTD.

–  Membuat gerakan umat yang ber­kelanjutan dan dipersiapkan secara matang.

Gerakan APP ini memang hampir tidak ada bedanya dengan lingkup kerja dari team PSE Dewan Paroki. Hanya saja, dalam melaksanakan kegiatannya ,gerakan APP lebih memprioritaskan untuk KLMTD dan wilayah pedesaan dalam bentuk: Pelayanan Karikatif dan Pelayanan pemberdayaan dan pengembangan.

Fokus dari kegiatan gerakan APP adalah :  Bantuan bencana alam, Pengobatan orang sakit yang bersifat umum, Pembangunan fasilitas umum, Bantuan untuk golongan ekonomi lemah, Difabel, Bantuan wirausaha untuk perorangan yang diwujudkan dalam bentuk sarana dan prasarana.

Sumber dana yang di kelola oleh gerakan APP berasal dari dana APP dan dana papa miskin. Dana papa miskin ini diambil dari 15% hasil persembahan misa.

Untuk penerimaan dana bantuan dari gerakan APP, prosedur yang harus dilakukan adalah:

  1. Untuk kalangan sendiri (umat Katolik): mengajukan proposal yang diketahui oleh Ketua Lingkungan dan ketua panitia APP, dan selanjutnya disetujui oleh Romo Paroki
  2. Untuk kalangan umum: proposal diketahui oleh ketua RT dan ketua panitia APP; dan selanjutnya proposal itu disetujui oleh Romo Paroki.
  3. Untuk kondisi darurat: pengajuan proposal diketahui oleh ketua Lingkungan dan panitia APP. Dana maksimal yang dapat dicairkan sebesar Rp. 100.000,-.

Demikian informasi mengenai gerakan APP di Paroki Sragen ini. Semoga kegiatan dari gerakan ini dapat menjadi berkat bagi umat dan masyarakat yang sungguh sangat membutuhkan.(kur)