Gerakan Koin Peduli Kasih

konnParoki Sragen (LENTERA) Tahun ini ditetap­kan sebagai Tahun Syukur karena merupakan Peringatan 70 Tahun Keuskupan Agung Semarang. Adapun tema yang diambil adalah “Terlibat Berbagi Berkat ”. Perayaan Syukur mengambil inspirasi dari Surat Pertama Santo Paulus kepada umat Tesalonika 5:18: “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Yesus Kristus.” Lewat Tahun Syukur ini kita ingin mensyukuri habitus baru yang berkembang selama tahun-tahun 2006-2010, khususnya semangat berbagi dan peduli akan ciptaanNya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dewan Paroki Sragen Bidang III membuat Program Gerakan Peduli Kasih dengan pengumpulan koin umat. Uang koin, uang kecil kembalian dari belanja yang kadang tidak kita perhatikan bisa dikumpulkan dan dimanfaat­kan bersama-sama untuk berbagi berkat dengan saudara-saudarai kita yang membutuhkan.

Konkretnya adalah dengan melakukan gerakan yang mudah dan sederhana yaitu mengumpulkan uang koin (uang receh). Kita yakin bahwa sesederhana apapun setiap tindakan yang kita lakukan atas dasar kasih dan dalam semangat kebersamaan pasti akan mendatangkan berkat.

Adapun gerakan pengumpulan koin adalah ajakan setiap keluarga agar mempunyai kepedulian dengan membuat celengan bambu, kaleng, kardus, dan sebagainya yang ditempatkan pada lokasi yang mudah dijangkau setiap saat. Setiap anggota keluarga menyisihkan, mengumpulkan uang koin yang sering berserakan, menambah beban, kembalian belanja/jajan dan lain-lain menjadi barang yang bermakna kalau dimasukkan ke dalam celengan

Hasil pengumpulan koin dalam celengan pada suatu saat dihimpun di paguyuban, kelompok, lingkungan, wilayah atau bahkan di paroki. Pemanfaatan pengumpulan koin digunakan untuk meringankan beban derita saudara kita yang miskin dan tersingkir yang tidak mampu mencukupi kebutuhan pokoknya. Sasaran penyaluran untuk saudara yang terkena musibah bencana alam, perbaikan rumah, biaya sekolah dan lain-lain. Mari kita ungkapkan rasa syukur kita dengan berbagi dan peduli.(dn)