Senam Lansia Paroki Sragen

seeeeeeParoki Sragen (LENTERA) – Salah satu Program Kerja Tim Kerja Adi Sepuh Dewan Paroki Sragen Bidang III adalah mengadakan kegiatan Senam bagi para Adi Sepuh (Lanjut Usia). Kegiatan ini diawali dengan mengadakan Pelatihan Senam Lansia atau TOT (Training Of Trainer), Minggu (30/5) bertempat di Aula SMP Saverius Sragen yang dihadiri sekitar 50 orang. Mereka yang datang merupakan utusan dari lingkungan-lingkungan yang ada di paroki Sragen dan juga para anggota Legio Maria.

Pelatihan senam rohani ini menghadir¬kan Bp. FX Edy dari Paroki Nandan, Yogyakarta yang merupakan pelatih senam lansia di Yogyakarta. Lewat Senam Lansia ini, para adi sepuh diajak mengolah senam menjadi doa dan meditasi. Adapun yang hadir pada pelatihan tersebut diharapkan dapat mengembangkan metode senam tersebut di lingkungannya masing-masing.

Dalam senam ada 7 macam gerakan yang disesuaikan dengan doa/kitab suci yakni dengan gerakan nafas. Tahap pertama: Kitab Suci didalami, dibaca bersama-sama, ayat mana yang menyentuh kemudian dibawa ke meditasi. Tahap kedua, melaksanakan pernafasan. Dan tahap ketiga, meditasi dengan membawa ayat yang dibaca pada tahap 1 dengan menghadirkan Allah agar bersatu dengan kita.

Kegiatan Senam Lansia ini bertujuan agar para adi sepuh memahami berbagai kendala yang mungkin timbul di usia lanjut. Menumbuhkan semangat pengharapan, menyehatkan Adi Sepuh di usia lanjut. Diantara mereka terlihat sehat dan produktif. Namun beberapa ada pula mengalami keluhan kesehatan, sulit tidur, takut mati, dsb. Tim Kerja Adi Sepuh Dewan Paroki Sragen mengajak mereka yang merindukan hidup sehat di usia lanjut menatap dan mensyukuri kehidupan yang telah diberikan Allah kepada dirinya lewat senam ini.

Pengurus Senam Adi Sepuh akan mengadakan latihan untuk mengajak beberapa orang kemudian rencana ke depan kegiatan senam lansia ini akan dilaksanakan setiap bulan Minggu pertama bersamaan dengan Posyandu Lansia yang diadakan di halaman Gua Maria Pasturan Sragen. (dn)