Terlibat Berbagi Berkat sebagai Wujud Syukur atas 70 tahun Keuskupan Agung Semarang

Cover JuliOleh: CT. Wahyono Djati Nugroho, Pr

Prolog
Tahun 2010 ditetapkan menjadi Tahun Syukur umat Allah di KAS, berkenaan dengan kebaikan dan karya Tuhan melalui ARDAS 2006 – 2010 dan ULTAH KAS yang ke 70 tahun serta berbagai alasan syukur.

Mengapa harus bersyukur

Seorang pemazmur mengatakan: “Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita”(Mzm 98). Ungkapan ini hendak mengajak kita untuk selalu bergembira dan memuliakan Allah yang telah mengalami kebaikan Allah yang berasal dari Allah. Bergembira dan memuliakan Allah sebagai wujud ungkapan syukur. Budaya syukur ini mestinya menajdi baguian dalam hidup kita, sehingga bisa menjadikan kita umat beriman semakin mampu untuk terlibat dalam berbagi berkat. Ada banyak alasan untuk bersyukur, berkaitan dengan ulang tahun ke 70 keuskupan kita, sebagaimana tertulis dalam doa syukur yang kita doakan setiap merayakan ekaristi:

Bersyukur kepada-Mu, atas bimbingan terhadap seluruh umat di Keuskupan Agung Semarang untuk bersahabat dengan-Mu, mengangkat martabat pribadi manusia dan melestarikan keutuhan ciptaan.

Bersyukur kepada-Mu, atas habitus baru dalam paguyuban-paguyuban di tengah umat-Mu, yang menumbuh kembangkkan semangat berbagi.

Bersyukur kepada-mu, atas keluarga-keluarga yang menjadi basis hidup beriman, atas anak-anak, remaja dan kaum muda yang semakin terlibat dalam pengembangan umat, dan segala upaya pemberdayaan saudara-saudari kami yang kecil, lemah, miskin dan tersingkir.

Dari Syukur menjadi terlibat berbagi berkat

Terinspirasi dari kata-kata Paulus kepada umat galatia, bahwa kita telah dipanggil untuk merdeka, dengan bebas menapatkan kegembiraan, kebahagiaan, bahkan kebanggaan dalam hidup. Dan hanya orang yang gembira, bahagia dan bangga itulah yang mampu untuk bersyukur. Orang yang mampu bersyukur itu biasanya yang mampu pula untuk peduli dan berbagi. Masih ingat slogan kita: “Gembira, Peduli adn berbagi.” Dan tentuntya hal ini bisa menjadi refren dalam hidup keseharian kita sebagai bagian dari umat di Keuskupan Agung Semarang ini.

Terlibat berbagi berkat sebagai wujud atas ulang tahun ke-70 KAS ini dapat dilakukan dengan berbagfai cara, salah satunya adalah Gerekan Pengumpulan Koin sebagai gerakan peduli pendidikan dan tanggap bencana.

Bagaimana kita wujud nyatakan gerakan-gerakan ucap syukur dalam kehidupan menggereja kita, hendaklah menajdi bentuk konkret perwujudan iman akan Tuhan Yesus yang mau peduli dan berbagi kepada murid-murid-Nya.

Semoga rahmat Tuhan senantiasa meneguhkan kita dan memampukan kita untuk semakiin terlibat dalam berbagai berkat.***