Misa Perdana Romo Bondhan di Paroki Sragen

bonParoki (LENTERA) – Para pembaca, masih ingatkah pada Frater yang pernah menjalani masa Orientasi Pastoral kurun waktu 2006–2007 di paroki Sragen? Tentunya umat  Sragen sudah tak asing dengan Frater Bondhan. Beberapa bulan lalu ada 9 imam baru yang ditahbiskan di Seminari Tinggi Kentungan, Yogyakarta dan salah satunya adalah Romo Vincentius Bondhan Prima Kumbara, Pr.

Minggu (15/8), Romo Bondhan secara khusus memimpin perayaan Misa Perdana di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen dan didampingi oleh Romo Paroki Sragen yakni Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr. Banyaknya umat yang hadir menambah kemeriahan misa tersebut. OMK Sragen pun juga ambil bagian dalam misa tersebut sebagai Tim Liturgi.

Peran Romo Bondhan sangat signifikan di Paroki Sragen. Romo yang akrab dipanggil kaum muda dengan panggilan Romo “Toempoek” ini, saat menjalani Frater TOPer satu tahun di Paroki Sragen telah memberikan warna tersendiri, khususnya para kaum muda Sragen. Salah satunya adalah Pementasan Teater Rakyat, bahkan prestasi yang pernah beliau torehkan adalah membawa FKPK Sragen menjadi Juara 1  sekaligus Juara Umum dalam Festival Teater Kristiani se-Keuskupan Agung Semarang pada tahun 2006.

Sebagai ungkapan terima kasih dan wujud kebanggaan kaum muda terhadap beliau, maka secara sederhana OMK Sragen mempersembahkan sebuah visualiasi di tengah-tengah perayaan Misa perdana tersebut yang dimainkan oleh Mas Leo, Bani, Siska, Cosmas serta diiringi Tim Musik Padepokan Seni Patimura 2.

Dalam visualisasi singkat tersebut, kaum muda mencoba menggambarkan kepribadian serta nilai-nilai yang dibawa oleh Romo Bondhan. Banyak hal baik yang dapat ditularkan Romo kepada umat mulai dari totalitas, intensitas cara menghargai proses, keunikan dan kesederhanaan. Romo Bondhan semasa bertugas dan sampai saat ini pun dekat dengan kaum muda di paroki Sragen. Bahkan dalam homili, beliau menyatakan bahwa pengalaman di Sragen adalah pengalaman jatuh cintanya pada panggilan.

Ramah Tamah

Setelah Misa selesai, dilanjutkan dengan acara ramah tamah Romo Bondhan dengan mengambil tema “Dua Jam Lebih Dekat Bersama Romo Bondhan”. Acara yang bertempat di Gua Maria Pasturan Sragen ini dimulai pukul 10.00 WIB dan diikuti oleh para Misdinar, REKAT, FKPK dan MUDIKA. Ada juga beberapa pengurus Dewan Paroki Sragen yang membantu berjalannya acara ini.

Acara diawali dengan ‘Breaking Ice’ untuk semakin mengakrabkan antar pengurus paguyuban kaum muda. Setelah itu doa pembuka oleh salah satu panitia dilanjutkan dengan sambutan Romo Issri selaku Romo Paroki. Masuk ke dalam acara inti, yakni sharing dari Romo Bondhan. Acara ini pun dimeriahkan dengan hiburan akustik dan banyolan segar yang membuat peserta benar-benar merasa dekat dan akrab dengan Romo Bondhan. Ada juga acara penyerahan kenang-kenangan dari Misdinar, REKAT, FKPK, OMK.

Sebelum acara ditutup, OMK memberikan kejutan hadiah ulang tahun untuk Romo Bondhan yang kebetulan sehari sebelumnya adalah Hari Ulang Tahun Romo Bondhan. Acara diakhiri dengan berkat bersama dan doa penutup. Mudah-mudahan acara dan ramah tamah ini dapat membuat OMK khususnya untuk semakin dekat dengan Romo Bondhan.(Cnc)