Bulan Kitab Suci Nasional 2010

Oleh : Sr. M. Birgitta SFS

pcu1672Gereja Katolik telah menetapkan, bulan September dijadikan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Tahun ini Keuskupan Agung Semarang mengambil tema: “Memperkenalkan Kitab Suci kepada Anak-Anak Sejak dini.” Tema yang diangkat ini memiliki makna yang begitu dalam melihat perkembangan dunia modern saat ini.

Anak-anak merupakan cikal bakal dan penerus gereja yang perlu mendapat tempat untuk memperdalam iman yang kuat. Keuskupan kita sangat peka akan hal ini, sehingga Bulan Kitab Suci menjadi sarana yang menghantar bagi perkembangan dan pertumbuhan iman anak.

Kita sebagai warga gereja memiliki kewajiban akan perkembangan dan pertumbuhan iman di dalam kehidupan kita masing-masing terutama bagi iman anak yang masih dapat dibentuk. Belajar Kitab Suci bukan hanya dari para katekis atau para pengajar di sekolah yang memberi ilmu tentang isi Kitab Suci tetapi bagaimana kebiasaan yang sehat diterapkan di dalam keluarga kita masing-masing dengan sarana Kitab Suci.

Dari Kitab Suci, kita dapat belajar dan menimba nilai-nilai keutamaan dari sahabat, gembala dan juru selamat kita Yesus Kristus. Dan sebagai buahnya berdampak di dalam kebersamaan baik di dalam keluarga, maupun di lingkungan kita berada. Yaitu adanya saling menghargai, menghormati, mengasihi, melayani, mengampuni dan menyelamatkan sehingga kedamaian dan kebahagiaan yang menjadi gambaran surga dapat kita peroleh di dunia ini.

Untuk itu marilah kita bersama ikut ambil bagian dalam Bulan Kitab Suci baik di dalam lingkungan kita maupun di dalam keluarga kita masing-masing. Selamat memasuki Bulan Kitab Suci. ***Berkah Dalem….