Rm. Maternus Minarto, Pr

Kula nuwun lan berkah Dalem,

rominBeberapa waktu lalu Romo Florentinus Hartasubono, Pr Rektor Seminari Tinggi Santo Paulus  Kentungan menyampaikan sharing pengalamannya ketika ber­kunjung ke Paroki Sragen. Ternyata Para Romo di Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen hampir setiap hari merayakan misa lebih dari dua kali. Suatu pelayanan yang luar biasa. Beliau menyatakan bahwa kalau mungkin setiap bulannya Seminari Tinggi akan mengutus salah satu Romo untuk asistensi di Sragen, namun ternyata Seminari Tinggi Kentungan pun terbatas orangnya.

Demikian juga Romo Pius Riana Prapdi, Pr, Administrator Diocesan Keuskupan Agung Semarang yang pernah juga menjadi Pastor di Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen. Beliau menyampaikan kepada saya bahwa ada begitu banyak lingkungan dan tempatnyapun cukup jauh satu sama lain serta membutuhkan pelayanan. Atas pertimbangan tersebut, beliau menawarkan kepada untuk assistensi tetap di Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen bergabung dengan Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr dan Romo Christophorus Tri Wahyono Djati Nugroho, Pr yang sudah lama berkarya di paroki ini.

Suatu kebahagiaan bagi saya bergabung dalam komunitas di Paroki ini. Tempat ini mengingatkan saya akan kenangan akan tugas saya dua belas tahun lalu, tepatnya tahun 1998 – 2000 ketika saya bertugas di Paroki Santa Maria Fatima Turiscai, Diocese Dili, Timor Timur/Timor Leste. Suasana ruang makan yang terbuka dengan kolam dan relief gua Maria lengkap dengan segala suasana yang membawa kenangan masa lalu. Saya terkenang akan suasana jajak pendapat yang membuat terpisahnya Timor Timur dari wilayah Indonesia menjadi negara Timor Leste. Saat itu sangat terasa bahwa kehadiran seorang imam di tengah umat menjadi sangat diperlukan untuk menemani mereka. Pilihan untuk tidak ikut mengungsi ternyata menjadi berkat banyak orang, meski bagi keluarga dan Keuskupan Agung Semarang saat itu cukup menakutkan karena kabarnya “Romo Minarto hilang”. Syukurlah bahwa masih ada rekan yang berpedoman: “Kalau tidak ada kabar buruk, kemungkinan “masih baik” itu lebih besar.” Bulan Mei tahun 2000 saya kembali ke Indonesia meski saya belum pernah pergi ke luar negeri.

Peristiwa yang hampir sama saya alami di Paroki Santo Yakobus Klodran Bantul di mana saya bertugas sejak tahun 2003-2010. Pengalaman gempa bumi tanggal 27 Mei 2006 menjadi moment di mana saya harus menemani umat dalam sistuasi tertentu, dengan cara tertentu juga. Saat itu gereja ditantang untuk menampakkan wajah sosialnya bagi masyarakat dengan secara total terlibat melayani para korban gempa.

Saat ini saya hadir di Paroki ini, bergabung dengan para Romo yang sudah lebih dulu tinggal di tempat ini tanpa suatu program tertentu. Keinginan saya satu-satunya adalah bersama Anda semua: Bapak-Ibu, kaum muda dan anak-anak baik yang mempunyai peran khusus maupun umat secara umum menghayati bahwa kita semua adalah murid-murid Kristus dan satu sama lain merupakan teman seperjalanan dalam pejiarahan menuju kepada Bapa. Semoga kita bisa saling membantu, meneguhkan dalam perjuangan kita dan menjadi saluran berkat Tuhan bagi sesama kita.***

PROFIL

Nama                      : Rm. Maternus Minarto, Pr

Tempat-tanggal lahir      : Kulon Progo, 25 September 1962

Anak ke                   :  tiga dari tiga bersaudara

Nama orang tua       : Yusup Ngadirun Redjasemita – Yosepha Srinem Redjasemita

Alamat orang tua     : Jetis, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta 55673

Ditahbiskan             : Kentungan, 14 Agustus 1991

Riwayat Karya :

Tahun 1991 -1993       Pastor Pembantu Paroki Santo Yusup Medari

Tahun 1993-1998        Vigario cooperdor Paroquial Paroquia Immaculada Conceicao de Ermera, Diocese Dili, Timor Timur

Tahun 1998-2000        Parroco de Paroquia Maria Fatima Turiscai, Diocese de Dili, Timor Timur/ Timor Leste (1999)

Tahun 2000 – 2001      Pastor pembantu Paroki  Santa Maria Regina Purbowardayan, Surakarta.

Tahun 2001-2003        Pastor Paroki Santa Maria Kartasura, Sukoharjo

Tahun 2003-2010        Pastor Paroki Santo Yakobus Klodran. Bantul, Yogyakarta

Juli s/d Sept 2010      Pastor Paroki Mater Dei Lampersari,  Semarang

Oktober 2010 s/d …    Assistensi  di Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen.