HPS Wilayah Tanon bersama Tokoh & Masyarakat

Tanon_099Gawan (LENTERA) – HPS untuk tahun 2010 di paroki Sragen dilaksanakan di tingkat wilayah. Wilayah Tanon mem­persiap­­kan peringatan HPS itu dengan sungguh-sungguh. Kebetulan juga bersamaan dengan Pesta pelindung Wilayah. Peringatan HPS di Wilayah Tanon dilaksanakan Minggu (17/10) di Gereja Wilayah Christophorus Gawan. Kegiatan ini didukung oleh pemerintah desa dan Muspika Tanon. Bp. Sutrisno, Kades Gawan menanggapi positif dan antusias. Bp. Sutrisno Kades desa Gawan bahkan mengajaknya anggota DPRD Sragen.

Untuk kegiatan HPS ini bagi Wilayah Lukas Tanon yang terdiri 3 lingkungan (Gading, Gawan, Tenggak) merupakan kegiatan yang betul-betul baru dan sangat unik. Bisa dikatakan semua umat terlibat. Sebelum misa dimulai, anak-anak PIA menari-nari diiringi lagu dolanan tani yaitu lesung jumengglung dan ayo praon. Misa HPS juga ada pemotongan tumpeng untuk pesta wilayah, pemberkatan alat-alat tani, ternak, benih, ikan.

Bp. Sutrisno, Kades setempat me­ngungkap­­kan bahwa kegiatan HPS yang dilaksanakan oleh umat Katolik, merupakan hal yang baru oleh pemerintah desa maupun masyarakat. Maknanya luar biasa, meskipun tampaknya sederhana namun mempunyai makna yaitu kerukunan, kebersamaan dan kekompakan. Pada kesempatan itu, baik umat menampilkan berbagai macam hasil bumi sebagai dekorasi maupun menu masakan organik. Sangat meriah dan menyenangkan.

Sedangkan Romo L. Issri dalam kesempatan tersebut mengajak  umat semakin mencintai hasil bumi, bukan produk-produk instan yang mengandung zat kimia. Bisa dimulai dengan membuat bekal sekolah anak-anak dengan buatan sendiri seperti ubi, ketela, jagung dsb.

Sebelum acara puncak yaitu pesta umat dengan menu masakan organik, ada bakti sosial untuk masyarakat umum dengan unduh-unduh hasil bumi umat se-Wilayah Tanon yang dilelang dengan harga murah di Balai Desa. Tidak salah kalau ketua panitia HPS Tanon, Ibu Rosalia mengatakan sangat bersyukur karena HPS Wilayah Tanon mendapat dukungan dari pemerintah desa dan yang hadir cukup banyak dan berjalan dengan lancar dan sukses. Tak lupa, ia menghaturkan terima kasih semua pihak yang turut terlibat menyukseskan kegiatan HPS di Wilayah Tanon.(RS)