Paroki Sragen Peduli Merapi

Merapi_17Paroki Sragen (LENTERA) –  Sabtu (27/10) sehari sesudah bencana alam meletusnya Gunung Merapi, Tim KARINA Sragen meluncur ke Jogja membawa bantuan selimut & kebutuhan logistik lainnya dan bergabung dengan KARINA KAS untuk menjadi relawan membantu kebutuhan darurat bagi para pengungsi Gunung Merapi di Sleman, Klaten dan sekitarnya yang terkena dampak meletusnya gunung berapi tersebut.

Disaat yang bersamaan Dewan Paroki Sragen langsung membentuk Tim Kemanusiaan peduli bencana alam dan membuka Posko Peduli Bencana alam dan memberi kesempatan kepada seluruh umat Sragen & sekitarnya untuk memberikan bantuan kepada pengungsi dan korban bencana alam Merapi, Mentawai & Wasior berupa dana, sembako, pakaian pantas, dan kebutuhan lainnya. Bantuan dikumpulkan di Posko Peduli Bencana Alam yang ada di Gereja Paroki Sragen, tepatnya di bangunan selatan Gereja Sragen.

Selain itu,  Dana Gerakan Koin Peduli Kasih yang digulirkan beberapa bulan lalu dan telah dikumpulkan oleh umat Katolik Sragen yang memang diperuntukkan untuk peduli bencana alam pun mulai dimanfaatkan untuk membantu korban bencana alam. Adapun dana dari Gerakan Koin Peduli Kasih yang telah digunakan sekitar Rp.10 Juta dan merupakan langkah awal bantuan, dana tersebut digunakan untuk membeli berbagai keperluan yg dibutuhkan mulai dari Sembako, selimut, dan aneka kebutuhan lainnya yang diperuntukkan para pengungsi.

Minggu (31/10) bantuan dari umat pun mulai mengalir masuk dan para relawan bersama KARINA Sragen pun sibuk dengan mempersiapkan dan mengemas aneka bahan bantuan mulai dari sembako, pakaian, selimut, obat-obatan, masker & bantuan lainnya  dalam paket-paket di Posko KARINA Sragen, kegiatan ini dikerjakan mulai pagi sampai malam dengan penuh semangat.

Senin pagi (4/11) Tim Kemanusiaan Paroki Sragen bersama relawan mengirim bantuan sembako & logistik tersebut di Posko Paroki Pakem (Sleman) & Posko Paroki Somohitan (Sleman). Hari Selasa (5/11) diadakan Rapat Koordinasi peduli merapi di ruang pertemuan pasturan dengan mengundang para aktivis dan paguyuban membicarakan bagaimana cara penggalangan dana dan distribusi bantuan.

Sabtu (6/11) pelaksanaan acara Wedangan Pattimura 2 edisi bulan Nopember di Aula SMP Saverius Sragen mengambil tema yang sesudai dengan peristiwa aktual yang terjadi yakni: Refleksi & Peduli Bencana Alam.” Dengan narasumber: Romo Maternus Minarta, Pr.  Selain diskusi dan sharing bersama tentang bencana alam di negeri ini, dalam acara ini ada kesempatan penggalangan bantuan solidaritas, peduli bagi para pengungsi Merapi.

Penggalangan dana pun juga dilakukan oleh Tim Kemanusiaan dengan ngamen memainkan musik dan bernyanyi di halaman gereja mengajak umat untuk menyisihkan dana sebagai wujud peduli sesama.

Senin (8/11) Rombongan paroki Sragen kembali mengirimkan bantuan kepada para pengungsi Merapi. Rombongan dibagi menjadi 3 kelompok karena bantuan dikirimkan di Posko tiga lokasi yakni : Paroki Boyolali; Paroki Kebon Arum (Klaten) dan Paroki Gondang Winangun (Klaten). Tiga rombongan tersebut berangkat bersama-sama dari halaman Gereja Katolik Sragen Senin pagi kemudian berangkat menuju lokasi tujuan masing-masing.

Adapun relawan yang terlibat dalam pendistribusian bantuan peduli Merapi ini selain dari Tim Kemanusiaan Paroki Sragen ada juga dari KARINA Sragen dan Padua Bikers. Selain menyerahkan bantuan, mereka juga membantu memasak menyiapkan makanan bagi para pengungsi di Posko-posko tersebut.

Paroki Sragen mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat dan donatur yang dengan dengan penuh keikhlasan memberikan bantuan baik berupa dana, pakaian, obat-obatan dan kebutuhan logistik lainnya untuk terlibat peduli berbagi saudara-saudara kita yg terkena musibah bencana Merapi. Juga kepada para relawan dari berbagai unsur Bapak-ibu, saudara-saudari, OMK, KARINA Sragen, Padua Bikers dan semua yang terlibat. Panitia Peduli Merapi masih membuka dan menerima sumbangan dari umat di Posko Gereja Paroki Sragen dan akan dilayani setiap hari. Mari bahu-membahu membantu saudara kita yang terkena bencana. Tuhan memberkati.(dn)