Peringatan Hari Pangan Sedunia 2010

HPS Paroki_011Paroki (LENTERA) – Peringatan HPS (Hari Pangan Sedunia) tahun ini berbeda ini dengan tahun lalu. Kali ini gema HPS dirasakan sampai ke daerah-daerah karena dilaksanakan di wilayah-wilayah Paroki Sragen. Secara berturut-turut peringatan dilaksanakan di Wilayah Masaran (03/10); Wilayah Tangen (9/10); Wilayah Jenawi (16/10); Wilayah Kota, Kedawung dan Tanon (10/10); Wilayah Sidoharjo (29/10) dan Wilayah Gondang (30 /10).

Dalam setiap misa HPS selalu ada kesempatan untuk pemberkatan hasil bumi, benih pertanian dan peralatan pertanian hingga hewan ternak. Dekorasi Misa HPS di masing-masing wilayah dihiasi dengan dekorasi rangkaian hasil bumi berupa aneka buah dan sayur mayur di setiap tiang yang ada di gereja/kapel. Romo yang memimpin misa dan petugas liturgi pun juga mengenakan pakaian khas petani, bahkan menggunakan caping.

Untuk pelaksanaan Misa HPS Wilayah kota dilaksanakan Minggu (17/10) di Gereja paroki Sragen. Misa dipimpin oleh Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr. Dalam misa ada juga ada pemberkatan hasil panen, benih. Pada hari itu juga memang diadakan menghias tiang-tiang gereja dengan aneka hasil bumi bernuansa petani yang diikuti lingkungan-lingkungan dalam kota. Memang luar biasa kreasi mereka memberikan inspirasi untuk semakin banyak umat yang terlibat. Usai misa dilanjutkan dengan pesta rakyat dengan berbagi bersama, ada juga hiburan tarian para punakawan yang diiringi musik bambu yang dimainkan oleh kelompok tani di depan gereja. Acara ditutup dengan lomba macapat di gereja.

Minggu sebelumnya (03/10) diadakan Lomba Makanan tradisional bagi para OMK. Lomba ini menggunakan bahan dasar makanan organik yakni ketela, pohon, singkong dan lainnya.harga bahan tidak lebih dari Rp. 25.000. Ternyata peserta lomba sangat kreatif dalam membuat kue dan makanan tradisional bahan organik yang ditentukan oleh panitia.

Anak-anak PIA Sragen pun tak ketinggalan ikut memeriahkan Peringatan HPS ini dengan kegiatan penanaman aneka bibit sayur dan buah di halaman gereja seusai misa Minggu (17/10). Pada hari yang sama juga dilaksanakan Seminar HPS dengan tema Global Warming dengan narasumber dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta bertempat di aula SMP Saverius Sragen yang diikuti umat dari berbagai lingkungan di paroki Sragen.

Untuk peringatan HPS Wilayah-wilayah luar kota dimulai tgl 3 oktober dan terakhir tgl 30 Oktober. Dari sekian tempat, perayaan juga ada yang melibatkan tokoh masyarakat, Muspika dan warga setempat . Tema HPS tahun 2010 adalah Membangun dan Memelihara Sumber Pangan dari tema tersebut memang antusias umat untuk menyapa para petani cukup kental dalam Semoga HPS untuk tahun depan lebih meriah dan selalu bermanfaat bagi umat.(srn)