Semarak HPS di Berbagai Wilayah

Masaran_13Masaran (LENTERA) – Pelaksanaan HPS Wilayah Masaran dilaksanakan Minggu (3/10) di rumah Bpk Petrus Wiranto, Dawungan. Ekaristi dipimpin oleh Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto Pr di awali dengan arak- arakan membawa hasil tani dan diiringi musik Kentongan. Sebelum homili ada fragmen yang menceritakan kehidupan petani di pagi hari berangkat ke sawah tanpa sarapan. Kehidupan di desa yang berbagi saling memberi, hasil panen yang diserang hama wereng di mana petani harus menghidupi keluarga. Untuk biaya menyekolahkan anak, ada  keinginan untuk menjual tanah, tetapi demi mempertahankan keutuhan pangan tidak ada rasa jera untuk menanam walau tidak panen. Petani mem­punyai kewajiban mem­pertahan­kan pangan diselingi dengan guyonan sehingga misa terlihat lain dari pada yang lain.

Dalam homilinya, Romo Issri mengatakan bahwa petani harus bersemangat dalam mengupayakan pangan karena masih banyak penduduk dunia yang kelaparan. Harga pangan akan semakin  mahal apabila barang itu langka. Misa dilanjutkan dengan pemberkatan alat pertanian dan bibit. Setelah misa diadakan pesta rakyat.

HPS Wilayah dilaksanakan di Kapel Tangen Sabtu, (9/10), Misa HPS dipimn oleh Romo Lambertus Issri Purnomo Murtynato, Pr; Usai Misa dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Muspika setempat dan juga syukuran bersama Tokoh dan masyarakat setempat.

Jenawi_44Untuk Peringatan HPS Wilayah Jenawi dilaksanakan Jumat (16/10) di gereja animasi Jenawi.Misa dipimpin oleh Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr. Umat merasa digugah atau disadarkan kembali untuk mencintai dan menghargai hasil bumi yang diolahnya dengan sistem pertanian organik. Semangat berbagi dengan yang lain serta terrlibat dalam mewujudkan sumber pangan dan berebut berkah. Kegiatan HPS di Jenawi juga ada pemberkatan hasil bumi, peralatan pertanian & tukang, pemberkatan air (sumber kehidupan dan kesuburan), pemberkatan kendaraan (sarana berkarya) dan ditutup dengan Pesta rakyat  dengan makanan tradisional lengkap.

HPS Wilayah Kedawung dilaksanakan (10/10) di Gereja Yohanes Rasul Kedawung. Misa dipimpin oleh Romo Christophorus Tri Wahyono Djati Nugroho, Pr. Usia Misa acara dilanjutkan dengan Seminar tentang makanan organik.

Untuk HPS Wilayah Sidoharjo dilaksanakan Jumat (29/10) bertempat di Gereja Antonius Padua Gayam, Misa dipimpin Romo Lambertus Issri Purnomo Murtyanto, Pr dan HPS Wilayah Gondang dilaksanakan Kapel Gondang (30/10) Misa dipimpin oleh Romo Christophorus Tri Wahyono Djati Nugroho, Pr. Usia. Setiap pelaksanaan misa nuansanya selalu sama yakni suasana petani dan dekorasi dengan aneka hasil bumi dan juga ada pemberkatan hasil bumi, bibit pertanian serta alat-alat pertanian. (PanHPS)