Reorganisasi OMK Sragen

DSC_0416Tawangmangu (LENTERA) РMengingat kondisi OMK Sragen yang akhir-akhir mulai tidak kelihatan dan butuh pehatian oleh semua pihak. OMK juga mempunyai tanggung jawab untuk segera melakukan reorganisasi. Selama 2 hari, tepatnya Jumat (12/11) s/d Sabtu (14/11) OMK Sragen mengadakan Reorganisasi bertempat di Gereja Santa Maria Tawangmangu. Reorganisasi OMK ini peserta dibatasi untuk Orang Muda yang setaraf  Mahasiswa/ ataupun sudah bekerja.

Sekitar 20 peserta yang ikut dalam kegiatan ini ke-20 peserta ini dilatih untuk lebih kritis, militan dan totalitas dalam menghadapi perkembangan jaman saat ini. Acara ini dipandu oleh 2 fasilitator yakni Sdr. Dodik dan Sdr. Leo.

Hari pertama kegiatan dilaksanakan di Gereja Santa Maria Tawangmangu. Semua peserta diajak untuk merefleksikan diri dan mencoba mengutip suatu ayat kitab suci untuk dijadikan motivasi dalam hidup menggereja maupun bermasyarakat. Para peserta disini diajak untuk tidak bosan untuk sering-sering membaca kitab suci serta mendalaminya. Akhir hari pertama diakhiri doa malam para peserta diajak untuk menulis doa yang didasari kutipan ayat kitab suci yang telah dijadikan motivasi diri masing-masing peserta tadi.

Hari kedua para peserta dibuat kaget karena hari tersebut, Gereja Santa Maria telah dipakai oleh paguyuban lain untuk acara. Akhirnya para peserta semua diajak untuk berkegiatan di luar, dengan perasaan bingung semua diajak jalan mengitari bukit dan akhirnya sampai di bumi perkemahan Sekipan. Ternyata kegiatan memang sengaja dipindah ke Bumi Perkemahan Sekipan. Sampai disana para peserta hanya dibekali bahan makanan dan kayu bakar untuk makan siang, mereka dilatih untuk memasak sendiri dengan mengandalkan alam sekitar. Walaupun kesusahan tetapi semua bisa merasa bangga bisa melawan semua rasa ketidakmampuan dalam diri. Malam hari semua peserta kembali lagi dalam dinamika kelompok hampir sama seperti kegiatan hari kemarin, untuk mengutip ayat kitab suci dan merefleksikan. Akhir acara hari kedua ditutup dengan meditasi, yang bertujuan agar peserta lebih kritis dengan perkembangan OMK saat ini. Setelah itu dilanjut dengan acara api unggun dan berkumpul bersama untuk ajang pengakraban.

Hari ketiga atau terakhir, para peserta mendapat pembekalan khusus dari Ketua Bidang IV Dewan Paroki Sragen: Bp. Alb. Hanung dan Sekretaris Dewan bidang IV Bp. S.Suharso. Peserta diajak untuk totalitas dalam mengembangkan gereja. Setelah itu diadakan pemilihan Formatur OMK dan yang terpilih adalah Sdr. Markus (Karang Tengah), Sdr. Cosmas (Sukomarto), Sdr. Bani (Plumbungan Indah), Sdr. Gogo (Mojo Kulon), Sdr.Yudi (Banyuning). Semua rangkaian acara di akhiri dengan ibadat yang dipimpin oleh Bp.Suharso

Semoga dengan pengalaman kegiatan OMK ini semangat kaum Muda gereja kembali hidup dan siap dengan segala kegiatan yang menanti. Diharap juga peran lingkungan dan gereja dalam perkembangan OMK. Berkah Dalem amin.(OMK)